CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608c179bef3ce6194d0dfa13/inilah-2-alasan-mengapa-truk-dan-bus-ban-belakangnya-double-tak-seperti-mobil-biasa

Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas alasan mengapa truk dan bus ban belakangnya double, tak seperti mobil biasa.

Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!



Jika melihat secara teliti sebuah truk atau bus, pasti Gansis akan menemukan bahwa truk dan bus dominan memiliki ban belakang double. Tak seperti mobil biasa yang semahal apapun tetap single.

Mungkin, hal tersebut menimbulkan rasa penasaran yang besar. Oleh karena ingin menjawab rasa penasaran Agan dan Sista tentang fakta tersebut, ane akan menjawabnya di thread ini.

1. Daya Angkut

Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!



Kalau ditanya faktor utama, pasti ane akan menjawab daya angkutnya. Sebab, daya angkut dari ban double pasti dua kali lipat lebih besar atau bahkan lebih dari dua kali lipat lebih besar ketimbang ban yang hanya single saja.

Alasannya tentu karena ban memiliki daya angkutnya masing-masing. Jika truk dengan ban single dipaksakan, mungkin dalam muatan kosong its okay lah. tapi kalo dalam muatan penuh bahkan overload, ban sangat berpotensi meledak oleh sebab muatan yang terlalu berat, dan itu sangat berbahaya serta sangat mengerikan apabila terjadi.

Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!



Tak hanya itu saja. Coba bandingkan dengan menusukkan ujung tusuk sate dengan ujung sendok yang tumpul di sebuah ayam. Tentunya, lebih gampang menusukkan tusuk sate kan? Nah, ibarat truk, jika hanya memiliki 4 roda dengan ukuran sama, dengan G.V.W yang mencapai 15 ton, tentu jalanan akan sangat berpotensi rusak berat karena titik kontak ke aspal sempit, ibarat menusukkan tusuk sate seperti contoh diatas. Dengan menggunakan ban belakang double, resiko jalanan rusak akan bisa diminimalisir dan pihak negara akan mengirit trilyunan tiap tahunnyaemoticon-Big Grin.

2. Safety & Durability



Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!



Gansis pernah melihat ban mobil yang pecah saat berjalan? Sudah hampir dipastikan mobil tersebut akan oleng. Apalagi, bila berjalan dengan kecepatan tinggi, ban pecah tersebut akan sangat berbahaya.

Dengan ban double, resiko oleng dan kecelakaan akan bisa diminimalisir. Terlebih, apabila membawa muatan berat. Tentu, ketika ban pecah, masih ada ban tambahan yang menopang.

Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!



Ban double juga memiliki durabilitas yang lebih tinggi. Sebab, ketika ban bocor, masih ada ban yang bisa menopang jadi masih mudah untuk pergi ke bengkel. Di jalanan rusak juga ban double lebih durable dan tangguh dibanding ban single, karena lebih lebar (CMIIW).

Itu dia nih alasan mengapa ban truk dan bus memakai ban double, tak sembarangan ya Gansis, dan tentu sangat berbeda dibanding ban mobil biasa. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 12
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Karena ketika kendaraan bergerak maju, maka tumpuan berat lebih banyak di belakang

Quote:


lah kalo ban depan yg pecah emang ga bakal oleng gitu? emoticon-Stick Out Tongue
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!
profile-picture
profile-picture
darklight89 dan jiresh memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
wah saya baru tau alasannya seperti ini ya
buat nahan berat dan kalo 4x2 buat cadangan ban bocor pas jalan ya gan. Kalo tronton ban bocor tinggal diangkat aja bannya kalo males ganti ban (khusus yang bau-bau eropa)emoticon-Leh Uga
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Diubah oleh alketam
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Ini sih dilogika juga bisa kok.. Kalo waktu sekolah pernah belajar fisika, pasti bisa tau alesannya tanpa dikasih tau..
Hmm, pembagian beban ban belakang secara lbh merata ya, gan.... Nice info.....
Terjawab jg pertanyaan selama ini
profile-picture
koffie_ memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perlu dijadikan hot thread dulu nih, biar semakin banyak yang tahu tentang alasan kenapa ban belakang bus dan truk ada dua di tiap sisinya. Inilah 2 Alasan Mengapa Truk Dan Bus Ban Belakangnya Double, Tak Seperti Mobil Biasa!
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sudah semakin canggih, sekarang ada tekonlogi yang bernama Tandem Axle Lift
Jadi kalau ga diperlukan tinggal di angkat, macem kalau kita lewat genangan air terus sarung diangkat wkwk emoticon-Big Grin
Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Karena mengangkut beban berat, seperti beban hidup setelah pernikahan...
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Buat kendaraan besar gitu kalau bannya single emang berisiko ya. Nice info emoticon-Toast
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mengapa truk dan bus ban belakangnya double, tak seperti mobil biasa.

Krn truk harganya mahal. Kalo Avanza wajar dikasih roda cuma 4 krn harga cm 220 jt.
Harga truk Hino bisa lebih 80 jtan, nah itu harga ban tambahannya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan djoeragancendol memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ban tu ada kapasitas maksimal beban, makin banyak ban berarti beban yg dipikul makin banyak.

Sama kayak mobil sehari2 ban eco dengan ban buat SUV pasti beda penggunaan.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ternyata seperti itu
itu kalo mompa ban bagian dalem, musti copot ban luar dulu kah?
emoticon-Bingung
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ban Jonson(Tank)
emoticon-Big Grin
iya sih gan, daya angkutnya biasanya mungkin buat beban yang lebih berat..
oh begitu emoticon-Smilie mantap infonya baru kepikiran stelah baca thread ini
Ada yg single tapi gede gitu ban nya, pernah lihat di yutup, lupa namanya
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di