zatilmutie
TS
zatilmutie
Es Cao Gang Lombok: Kuliner Segar Legendaris Semarang Yang Tak Pernah Sepi Pengunjung





Assalamualaikum sahabat Kaskus ....

Masih mantengin regional semarang yang informatif kan? Ok, lanjut kita kupas usaha kecil mikro dan menengah di kota penuh pesona ini.


Kali ini kita bergeser ke daerah gang Lombok yang dikenal sebagai surganya kuliner. Tepatnya di Gang Lombok, No. 9, Kauman, Purwodinatan, Semarang Tengah. Dengan jam operasional dari jam 7.00 - 17.00.

Di sini yang menjadi primadona kuliner khasnya adalah es cao khas Semarang.


Es cao dan campur gang Lombok ini berbeda dengan yang lain. Ada manisan mangganya. Rasa kecut segernya itu yang membuat esnya tambah enak.



Salah satu penjual Es Cao tertua di Semarang. Es Cao adalah minuman Es Serut yang isinya berupa Cincau Hitam, Kolang kaling dan kelapa muda dan disiram sirop merah atau frambozen. Selain Es Cao mereka juga menjual Es Buah atau Es Mangga juga es sirup.

Tempatnya berupa warung sederhana persis di sebelah penjual Lumpia Gang Lombok yang legendaris itu, di pintu masuk Kelenteng Gang Lombok di Pecinan Semarang. Di belakang klenteng gang Lombok. Salah satu kuliner favorit di Semarang yang dikenal dengan Chinatown.

Selain es cao penjual juga menyediakan menu unggulan lain yaitu lumpia, es campur, manisan mangga, kolang-kaling, es kelapa muda, es kopyor, es jeruk dan kacang presto.



sirup yang legend itu konon hanya diketahui satu orang saja dan tidak punya penerus. Ada kekhawatiran, kalau si koki berpulang maka Es Cao Gang Semarang hanya akan tinggal kenangan. Tapi itu baru gossip loh, gansis😁.


Es cao ini adalah es campur unik karena banyak buah-buahannya dan yang dipakai buah segar! Kecuali mangga, yang sudah buat jadi manisan dulu.



Nah bicara soal mangga, ini pula yang bikin enak dan khas. Mangganya sudah jadi manisan, diiris, dicampurkan ke Es Campur. Kriuknya mantul. Siapapun doyan banget!



Banyak pembeli yang memesan manisan Mangga dan es Sirup, juga kolang kaling yang tersedia melimpah ruah. Untuk harga memang lumayan yakni untuk es cao seharga 26k, paling mahal es kopyor 40k. Tapi jangan khawatir, harga sesuai dengan cita rasa yang disuguhkan tentunya.

Walaupun tempatnya terbilang sederhana, namun rasanya yang juara membuat pembeli tak henti memadatinya. Pokoknya bagi gansis yang berkunjung ke Semarang wajib banget mampir di gang Lombok.

Semoga bermanfaat. Tetap cintai kuliner tradisional dan jadilah orang yang melestarikannya ❤️.


Opini pribadi
Gambar: dokumentasi FB Nayantaka
sobat lapar
klik
Dokumentasi foto Es Cao Gang Lombok




miniadilatrifatoyahabahaquarius
abahaquarius dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
7
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan