CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
UMKM Lemang Ibu Hendriyani, Mantap Nian
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608bcdfefd70fc2d991bcc02/umkm-lemang-ibu-hendriyani-mantap-nian

UMKM Lemang Ibu Hendriyani, Mantap Nian

UMKM Lemang Ibu Hendriyani, Mantap Nian

Saat jalan-jalan di Kota Bengkulu jangan lupa ke arah Jalan Sungai Rupat, tepatnya dekat SDN 79 depan Roopat Regency.
 
Dialamat diatas merupakan tempat UMKM yang sedang menjajakan usaha dagang Lemang yang merupakan  merupakan makanan tradisional yang dibuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu dengan dibungkus oleh daun pisang yang dicampur dengan air santan, garam secukupnya, kemiri secukupnya, dan kemudian dibakar selama 2 jam lebih.
UMKM Lemang Ibu Hendriyani, Mantap Nian


Selain itu, lemang juga cocok dimakan bersamaan dengan tape, sehingga menambah citra rasa lemang yang sangat lezat. biasanya banyak membelinya ketika momen hari raya Idul Fitri, acara nikahan, acara syukuran, apa lagi bagi masyarakat yang asli orang Bengkulu pasti selalu menyajikan makanan lemang ini.
[video]undefined[/video]
UMKM Lemang Ibu Hendriyani, Mantap Nian

Hendriyani sudah berjualan lemang selama 10 tahun, dan ia berjualan sejak pagi sekitar jam 08.00 WIB sampai 18.00 WIB. Harga lemang yang dijual nya Rp. 5 ribu satu ruas bambu. Selain itu, ia juga menjual air tape dengan harga Rp. 15 ribu satu botol mineral ukuran sedang, dan Rp 5 ribu ukuran gelas. 

Cara memasak lemang ini masih sederhana atau bisa dibilang masih sangat tradisional, karena lemang dimasak dengan menggunakan seruas bambu. Sebelumnya beras ketan dicuci terlebih dahulu lalu ditiriskan, setelah buatlah perasan santan kelapa yang dicampur dengan garam dan kemiri secukupnya, baru masukkan beras ketan tersebut kedalam seruas bambu yang sudah disediakan dan ditambah dengan air santan kelapa secukupnya, kemudian dibakar sekitar 2 jam setelah itu lemang diangkat dan siap disajikan.

Jangan lupa saat menyantap lemang, ada tape yang menemani untuk membuat citarasa menjadi mantap.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di