CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Salahkah Jika Berjualan Di Siang Hari Pada Bulan Puasa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608bb6f496e2dd096b532f06/salahkah-jika-berjualan-di-siang-hari-pada-bulan-puasa

Salahkah Jika Berjualan Di Siang Hari Pada Bulan Puasa?

Salahkah Jika Berjualan Di Siang Hari Pada Bulan Puasa?
sumber

Hari ini, tepat delapan belas hari kita menjalani ibadah puasa, berbondong-bondong umat muslim baik yang belia, muda maupun tua mengerjakannya. Apalagi yang sudah berakal dan baligh, tentu kewajiban itu harus dipatuhi dan dipenuhi.

Namun, tidak jarang pula ada beberapa segelintir orang yang sudah berakal dan baligh tidak mengerjakan ibadah puasa. Siap yang salah? Tentu kita tahu siapanya. Namun, kembali lagi pada masing-masing diri.

Namun, di dalam thread kali ini, ane bukan hendak untuk membahas tentang kewajiban bagi umat muslim di bulan ramadhan, melainkan ada sedikit hal yang menjadi ganjalan buat ane pribadi.

Salahkah Jika Berjualan Di Siang Hari Pada Bulan Puasa?
sumber

Tadi pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, sekitar dua kompi pasukan POL PP menyeruduk dan hendak mengangkut semua dagangan serta gerobak kami, para pedagang yang biasa mangkal di depan Rs. Hermina.

Tetapi, setelah dilakukan mediasi, akhirnya kami diberikan kelonggaran dan gerobak beserta isinya tidak jadi diangkut dengan catatan harus berjualan diatas jam 12 siang.

Pertanyaannya, apakah ada UU yang melandasi para POL PP itu untuk menindak para pedagang yang berjualan di siang hari pada bulan ramadhan? Atau hanya sebuah Perda yang mengacu pada ketertiban kota?

Salahkah Jika Berjualan Di Siang Hari Pada Bulan Puasa?
sumber

Sementara yang ane ketahui dari beberapa artikel yang berkaitan dengan dilarangnya berjualan di bulan ramadhan pada siang hari ini hanya berlandaskan pada UUD 1945 yang dikaji serta dijabarkan dengan sedemikian lebar.

Sementara, KEMENDAG menilai bahwa larangan berjualan di siang hari adalah diskriminatif, karena kebijakan ini tidak sesuai dengan prinsip moderasi dalam mengamalkan ajaran agama yang adil dan seimbang, serta terlalu dilebih-lebihkan.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi ane selaku pedagang kaki lima, dan jika ditarik secara hukum, larangan berjualan di siang hari pada bulan ramadhan sudah melanggar hak asasi manusia yang tercantum pada UU Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.

Salahkah Jika Berjualan Di Siang Hari Pada Bulan Puasa?
sumber

Selain daripada itu semua, Indonesia sedang dalam keadaan yang sangat terhimpit, sama halnya dengan rakyatnya yang semakin terjepit keekonomiannya. Jika berjualan saja dilarang, lantas mau seperti apa kami ini yang mengandalkan hasil harian?

Lagi pula, urusan siapa yang tidak berpuasa dan yang berpuasa bukankah itu bukan ranahnya POL PP? Itu sebuah urusan pribadi masing-masing dengan Penciptanya.

Tidak seharusnya Perda melakukan hal demikian, melarang para pedagang, baik pedagang kaki lima, restoran, warteg atau yang lainnya. Jika pun ada peraturan yang seperti itu, janganlah melanggar hak asasi manusia, jangan sampai karena sebuah larangan, rakyat menjadi lebih sengsara lagi dan lagi.

Indonesia adalah negara yang damai, saling hormat menghormati adalah tradisi yang harus selalu kita jaga, soal siapa yang tidak puasa dan yang berpuasa, kita serahkan kepada pribadinya masing-masing.

Terimakasih kepada yang telah sudi membaca serta merespon thread ane ini, sampai jumpa lagi dilain waktu dan dilain kesempatan. Salam sejahtera bagi agan dan sista seranah kaskus raya.

Thanks For Visiting
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih
Ditulis Oleh:
Salahkah Jika Berjualan Di Siang Hari Pada Bulan Puasa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan 66 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 12
Reserved
Menurut ane, seharusnya toleransi itu datangnya dari hati masing-masing individu, bukan dari paksaan.

Dari sudut pandang orang yang juga berpuasa, ane sama sekali gak terganggu sedikitpun dengan adanya orang makan atau minum di depan muka ane.

Malah itu mungkin kabar baik tipis-tipis, semakin ane kuat menahan godaan, semakin besar pahala puasa ane. Setidaknnya itu yang ane percaya.

Kalo boleh jujur, ane malah malu ama orang yang seagama ama ane, tapi SANGAT menuntut minta di toleransi.

Emang ngapa sih? Situ ngences kalo orang makan depan situ? Yaudah sih, minggir gak usah dilihat. Sesimpel itu. Jangan bkin seolah kita ini kaum yang norak, please!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pathur dan 79 lainnya memberi reputasi
Lihat 89 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 89 balasan
Fuck Bulan puasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantu.gagal dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Satpol pp udah hampir gk ada bedanya ama ormas yg suka sweeping pas bulan puasa ya wkwk..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pathur dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
tidak salah berjualan makanan siang hari waktu buka puasa
entah beberapa tahun lalu masih banyak yang berjualan di siang hari dan entah sejak kapan pula mulai dilarang....
puasa tujuannya kan menahan godaan harusnya semakin bayak yg jualan makin semangat dong puasanya emoticon-Big Grin itu klo niat puasa tapi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pathur dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
ngak ada yang salah, mereka jualan juga buat nyari pemasukan. toh dia cuma jualan, ngak maksa orang buat makan disana juga. kalo ada orang muslim yang siang-siang makan disitu ya bukan salah yang punya warung, tapi salah individunya. kalo mereka ngak ada pemasukan, emang pemerintah setempat mau bantuin mereka?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pathur dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Namanya jg tradisi.. bukan dari hati.. bentar lagi jg punah tradisi2 kuno spt ini..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crank Master dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kata orang gila
"Salah!! Kan gw puasa kalau loe jualan gw kelaparan donk!!!" emoticon-Marah

Begitulah perkataan orang gila emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Puasa gk puasa kn urusan masing2..jgn kenceng2 lah..

Edit: bata ane yak 😅
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelangga dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trusono
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
No issue lah menurut ane jualan siang hari.
Emangnya semua penduduk kita muslim apa ya? Kan gak jg.
Emang semua yg muslim pun, bakalan puasa? Kan gak jg..
Catatannya kan "hanya utk orang2 yg beriman".
Yg islam ktp doank, & jg ada dispensasi utk orang2 tertentu kan ga dianjurkan puasa jg...

& Tentu aja emangnya tu org sebegitu mudahnya tergoda ya ama begituan. Astaga dragooooooonnn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yeez dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh uki49
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
padahal waktu solat jumat jelas2 ada perintah utk meninggalkan jual beli, sementara ga ada larangan jual beli makanan di siang hari bulan puasa.

tapi kenapa yg jualan pas solat jumat ga pernah di sweeping?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Boleh lah klo cuma jualan doang mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
Nggk salah... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 5 lainnya memberi reputasi
Last car !!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ngapain salah gan kan kita hidup di Indonesia beragam agama juga 😁 jadi nga semua orang berpuasa juga kan 🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crank Master dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalau menurut ane sih silakan sah-sah aja dan ga ada masalah mau jualan disiang hari. Kalau niatnya emang puasa pasti ga akan mudah tergoda sih, yang penting saling menghargai aja. Kalau mau jualan mungkin tempatnya agak ditutup supaya tercipta saling menghargai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bisa kena grebek laskar rice cooker emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 6 lainnya memberi reputasi
Ya salah emoticon-Malu (S).




Kan menggoda namanya jualan siang siang emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
autistic.dog dan 3 lainnya memberi reputasi
Enggak salah, orang mencari nafkah untuk keluarga, istri dan anak juga.
Yang salah kalau ente gak menafkahi mereka, yang kena karma siapa? Ya orang yang menghalangi ente cari nafkah buat keluarga emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakpenakut dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di