CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6088c1b63cfc9832a362ad52/mengapa-iiii-bukannya-iv-digunakan-sebagai-simbol-angka-4-pada-jam

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?

Anda tentu mengetahui atau mungkin pernah mengunjungi Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Apabila Anda memperhatikan dengan saksama, angka 4 dalam lingkaran jam ditunjukkan sebagai "IIII". Lazimnya, angka Romawi untuk 4 adalah "IV". Mengapa demikian?

Klik gambar untuk menuju sumber gambar

Bicara soal "IIII", ternyata, bukan hanya jam ikonik Provinsi Sumatera Barat buatan tahun 1926 ini yang memiliki keunikan tersebut. Banyak jam menara di dunia yang menampilkan 4 dengan "IIII". Di antara lain...
Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Jam di Museum Orsay, Prancis
Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Jam di Grand Central Station, New York City, Amerika Serikat
Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Jam Menara di Sapporo, Jepang

Bahkan, jam tangan pun juga menunjukkan hal yang serupa.
Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?

Ada beberapa teori mengapa "IIII" digunakan ketimbang "IV" untuk menuliskan angka 4.

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Teori pertama, penulisan 4 sebagai "IIII" ditujukan untuk memudahkan orang-orang Eropa pada Abad Pertengahan dalam membaca penunjuk waktu. Mulai abad ke-14, jam mekanis besar kebanyakan dipasang di gereja dan menjadi rujukan waktu bagi penduduk sekitar. Karena angka Romawi masih digunakan luas di Eropa kala itu (angka Arab baru menggantikan angka Romawi pada abad ke-14), angka Romawi pun digunakan dalam jam. Karena tingkat pendidikan masyarakat belum setinggi sekarang, jam ini harus dapat dengan mudah dibaca. Karena "IV" membuat orang berpikir terlebih dahulu (sebab menggunakan prinsip 1 dikurangi dari 5), maka digunakanlah "IIII" (yang merupakan 4 huruf "I" berjejer) yang lebih sederhana.

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Teori kedua, karena "IV" merupakan bagian dari nama Dewa Jupiter (IVPPITER dalam bahasa Latin) yang disembah orang Romawi, maka dianggap kurang pantas apabila unsur namanya dimasukkan dalam sesuatu yang remeh seperti jam matahari. Untuk itulah, "IV" diganti dengan "IIII". Hal serupa juga diduga dilakukan berkenaan dengan nama Raja Louis XIV dari Prancis.

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Teori ketiga, memberikan pandangan simetris dalam membaca lingkaran jam. Maksudnya, dengan mencetak 4 sebagai "IIII", akan ada 3 kelomlok angka yang memiliki 1 huruf yang sama.

I - I, II, III, IIII
V - V, VI, VII, VIII
X - IX, X, XI, XII

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Teori keempat, mengikuti sistem angka Romawi awal yang menuliskan 4 sebagai "IIII" dan 9 sebagai "VIIII". Alasan mereka kemudian diganti masing-masing dengan "IV" dan "IX" adalah karena angka di atas dapat salah dibaca sebagai "III" (3) dan "VIII" (8).

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Teori kelima, menggunakan "IIII" (dan juga "VIII") akan memudahkan dalam proses pemasangan balok angka jam.

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Teori keenam, pada akhir abad ke-14, Raja Charles V dari Prancis (1338-1380) memerintahkan pembuat jam untuk mengganti "IV" menjadi "IIII". Ia menganggap penggunaan "IV" akan berdampak buruk karena mengurangi "I" dari "V" (Perhatikan Raja Charles keberapakah sosok ini)

Namun, terdapat pula jam yang tetap menggunakan "IV" sebagai 4, antara lain Big Ben London.
Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Demikian thread dari saya kali ini. Bagaimana kesan dan pendapat Anda? Sampaikan di kolom komentar.

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?

Mengapa IIII, Bukannya IV, Digunakan Sebagai Simbol Angka 4 pada Jam?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 64 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gilbertagung
Halaman 1 dari 5
oh kirain karena jaman perang kelihatan terbalik dari spion pesawat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wow Kirain buat gaya-gayaan doang ngaB emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
Ternyata ada sejarahnya juga yah gan 😁, emang angka Romawi 4 ama 6 kadang bikin bingung kalo nga cermat nonton nya gan 😂
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Biar ngga kepanjangan juga sih kalo IIII nanti jadinya berlanjut terus ngga ada abisnya wkwk
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lah jujur gue baru sadar dong mengenai penomeran romawi di jam wkwkwwkwkk nice thread!
jd ada teorinya y ngab
Baru sadar, ternyata beneran iiii

Tapi ane sekarang liat jam ga liat angka sih. Cuma liat letak jarumnya aja jadi tanpa angka juga terbilang masih bisa bacanya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anak sekarang mana tau angka di jam..
Biasa liat jam di HP, jam digital atau smart watch..
Udah jarang remaja yg nikmatin nge-winding jam tangan emoticon-Big Grin
profile-picture
bdgkotakembang memberi reputasi
iyasih dulu pas lagi belajar angka romawi juga mikir dlu kalo liat IV, kadang suka ketuker angka IV dan VI
Ternyata sejarahnya ngga sesimpel itu ya, ada artinya juga IV tuh hahaha
selama ini ane taunya teori pake iiii bukan iv karena takut salah baca hehehe emoticon-Bingung
Lengkap banget nih infonya, ane mau cari ahh jam tangan yg romawi 4 nya kaya gitu
profile-picture
antonov07 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hal seperti ini ada juga teorinya, menarik sekali bisa menambah wawasan untuk hal yang sepertinya tidak kita pikirkan sebelumnya.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kirain takut kebalik sama angka VI gan hihi nice info
Ane pakenya jam digitalemoticon-Leh Uga
Malah baru ngeh kalo ada IIII
Ane juga mikir dulu sih kadang2.. IV ini 4 atau berapa wkwk V-I ya
Hmm...... Trnyata ada bnyk teori nya jg rupanya... Mmbingungkan bg ane jg, gan.... Krn blum tau aslinya krn apa itu pngubahan simbol nya.....
Diubah oleh yoseful
Klo llll trllu makan tempat... Wkwkw
Selama ane pakai jam tangan, ane selalu angka atau digital, ane blm pernah punya jam tangan angka Romawi, ada agan agan yang mau ngasih? Ane tampung. Heheheh
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di