- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!


TS
ulungrinjani
Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa kendaraan komersil tak menggunakan penggerak roda depan atau yang biasa disebut "FWD".

Mungkin, Gansis terheran-heran. Ketika melihat sebuah microbus, misalnya Toyota Hiace Premio, Gansis akan menemukan bahwa Hiace Premio menggunakan penggerak roda belakang. Sangat berbeda dikomparasikan dengan LCGC misalnya Toyota Calya yang menggunakan penggerak roda depan.
Lantas, timbul rasa penasaran. "Mengapa kendaraan komersil, seperti truk, pikap, bus, microbus, dan lain sebagainya tak menggunakan penggerak roda depan?"Oleh karena ingin menjawab rasa penasaran Agan dan Sista, ane akan menjawabnya di thread ini.

Yang namanya kendaraan komersil, pasti akan dipakai untuk membawa beban yang jauh lebih berat dibandingkan mobil. Tentunya, kendaraan komersil perlu daya tanjak yang tinggi. Inilah faktor utama kenapa kendaraan komersil menggunakan penggerak roda belakang.
Pada saat melewati tanjakan, beban truk akan terfokus ke roda belakang saja. Roda depan akan kehilangan traksi, oleh karena itu akan terjadi spin pada roda depan yang sangat menyulitkan untuk menaiki tanjakan.

Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih mudah naik ke atas tanjakan karena traksi di ban bagian belakang truk meningkat. Konsumsi ban depan di tanjakan pun akan jauh lebih irit karena tak perlu lagi bergesekan dengan jalanan aspal.

Ketika melewati jalanan berlumpur dan jalanan ekstrim, kendaraan berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh dibanding kendaraan berpenggerak roda depan Gansis.
Sebab, jika dilihat, di lapangan mobil-mobil berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh, terlebih kendaraan komersil beratnya terfokus di roda belakang saja. Semakin berat beban suatu axle, maka semakin baik traksi di jalanan berlumpur.

Nah, oleh sebab itu, kendaraan komersil dominan menggunakan penggerak roda belakang Gansis. Entah 6x2, 6x4, 4x2, 8x2, atau 8x4. Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih tangguh.
Ternyata, itulah alasannya. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By: @ulungrinjani




Mungkin, Gansis terheran-heran. Ketika melihat sebuah microbus, misalnya Toyota Hiace Premio, Gansis akan menemukan bahwa Hiace Premio menggunakan penggerak roda belakang. Sangat berbeda dikomparasikan dengan LCGC misalnya Toyota Calya yang menggunakan penggerak roda depan.
Lantas, timbul rasa penasaran. "Mengapa kendaraan komersil, seperti truk, pikap, bus, microbus, dan lain sebagainya tak menggunakan penggerak roda depan?"Oleh karena ingin menjawab rasa penasaran Agan dan Sista, ane akan menjawabnya di thread ini.
1. Faktor Daya Tanjak

Yang namanya kendaraan komersil, pasti akan dipakai untuk membawa beban yang jauh lebih berat dibandingkan mobil. Tentunya, kendaraan komersil perlu daya tanjak yang tinggi. Inilah faktor utama kenapa kendaraan komersil menggunakan penggerak roda belakang.
Pada saat melewati tanjakan, beban truk akan terfokus ke roda belakang saja. Roda depan akan kehilangan traksi, oleh karena itu akan terjadi spin pada roda depan yang sangat menyulitkan untuk menaiki tanjakan.

Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih mudah naik ke atas tanjakan karena traksi di ban bagian belakang truk meningkat. Konsumsi ban depan di tanjakan pun akan jauh lebih irit karena tak perlu lagi bergesekan dengan jalanan aspal.
2. Faktor Ketangguhan

Ketika melewati jalanan berlumpur dan jalanan ekstrim, kendaraan berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh dibanding kendaraan berpenggerak roda depan Gansis.
Sebab, jika dilihat, di lapangan mobil-mobil berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh, terlebih kendaraan komersil beratnya terfokus di roda belakang saja. Semakin berat beban suatu axle, maka semakin baik traksi di jalanan berlumpur.

Nah, oleh sebab itu, kendaraan komersil dominan menggunakan penggerak roda belakang Gansis. Entah 6x2, 6x4, 4x2, 8x2, atau 8x4. Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih tangguh.
Ternyata, itulah alasannya. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By: @ulungrinjani



Diubah oleh ulungrinjani 28-04-2021 03:20






pulaukapok dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.9K
40


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan