CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI Minta Masjid Bangunkan Sahur Beberapa Kali Tanpa Teriak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6082d0452d4f656d333813e3/mui-minta-masjid-bangunkan-sahur-beberapa-kali-tanpa-teriak

MUI Minta Masjid Bangunkan Sahur Beberapa Kali Tanpa Teriak


MUI Minta Masjid Bangunkan Sahur Beberapa Kali Tanpa TeriakMUI meminta pengurus masjid untuk tidak berteriak menggunakan pengeras suara saat membangunkan warga di waktu sahur (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
MUI Minta Masjid Bangunkan Sahur Beberapa Kali Tanpa Teriak

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pengurus masjid untuk membangunkan sahur lewat pesan-pesan edukatif selama bulan Ramadan. Hal itu disampaikan merespons polemik cara membangunkan sahur menggunakan pengeras suara.
MUI Minta Masjid Bangunkan Sahur Beberapa Kali Tanpa Teriak
Wakil Sekretaris Jenderal MUI Muhammad Ziyad menyarankan ajakan sahur disampaikan dengan lemah lembut. Lalu, ajakan sahur tidak perlu dikumandangkan berlama-lama menggunakan pengeras suara.



"Beberapa kali saja disampaikan dan kata-katanya banyak mengandung nilai edukatif bagi masyarakat," kata Ziyad lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (23/4).

Ziyad setuju jika volume pengeras suara dikecilkan untuk membangunkan sahur. Menurutnya, bisa saja ada warga sekitar yang beragama lain atau sedang sakit.

Selain itu, Ziyad menyarankan pengurus masjid untuk berkomunikasi dengan warga terlebih dahulu. Dia meminta pengurus masjid menjelaskan bahwa akan ada ajakan sahur lewat pengeras suara setiap hari.


"Di tempat-tempat yang mungkin tingkat keragaman masyarakatnya itu plural, maka perlu diawali dengan komunikasi dengan silaturahmi sebelumnya supaya menghindari adanya protes," ucap Ziyad.

Sebelumnya, cara membangunkan sahur jadi polemik usai dibahas aktris Zaskia Adya Mecca. Zaskia mengunggah video tentang cara masjid di sekitar rumahnya membangunkan sahur.
Menurut Zaskia, cara membangunkan sahur di masjid dekat rumahnya tidak etis karena berteriak-teriak. Padahal, ada warga di sekitar yang tidak menjalankan ibadah puasa.


"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!" tulis Zaskia dalam akun Instagram @zaskiadyamecca.


https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210423194659-20-634100/mui-minta-masjid-bangunkan-sahur-beberapa-kali-tanpa-teriak

YANG NAMANYA TRADISI GA BISA DIRUBAH, DAN AKAN BERULANG2

MO TAU DONG YG NON MUSLIM, KIRA2 KEBERISIKAN ATAU UDAH BIASA?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Tumben waras...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan samsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tradisinya khas penduduk sorga. ingat, cuma warga +62 doang yg pegang konci sorga.

emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan samsol... memberi reputasi
klo bisa ditiadakan aja itu semua penggunaan toa di atas jam 8 malam misalnya, udah ga boleh lagi itu toa diaktifin kecuali buat urusan bencana macam kebakaran atau apa...., klo pas jam kerja dibatasin penggunaan toa itu buat pengumuman penting aja, itupun maksimal 2 kali pengucapan dan waktunya batasin berapa menit.....zaman udah makin maju ya si mesjid dan penggunanya maju juga dong jangan diem di tempat dan membusuk....emoticon-Thinking

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ev103 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane mah gak berani komplen
Selama bangunin sahurnya gak teriak "Bangun Bangun, Bunuh Kafir"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Aneh...emoticon-Leh Uga
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Jaman sudah ada alarm HP, jam beker juga ada.


MUI Minta Masjid Bangunkan Sahur Beberapa Kali Tanpa Teriak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
memang sudah semestinya ToA ini diatur agar warga sekitar tidak berisik dan terganggu

kalo saran ane pemakaian ToA ini:

. 5 menit menjelang sholat
. pas azan pas waktu sholat udah masuk
. pas iqomah:

setelah itu gak usah di pake lagi emoticon-Malu apalagi pas zikir selesai sholat, mending pake pengeras suara dalam saja!


menang masalah ToA ini harus dicampuri pemerintah dan kalo perlu aparat...

kalo wong sipil biasa siap2 kena label autokomunis, autoatheis, anti Islam, autokapir sama warga +62 yang sumbunya pendek emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh puma2000
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yang tadarus nggk kenal waktu mohon dihimbau.

Sekarang gw lagi "nikmati" emak2 tadarus ala konser. Tadi subuh tadarus mulai selesai subuh sampai jam 7 pagi.....gila nggk tuh, kayak hidup orang lain buat dengar dia ibadah aja
profile-picture
Somad.Monyong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
coba klubnya meliana yang ngomong, berapa vihara yang kudu dibakar lagi ? emoticon-Takut
Daripada dikampung bokap ane bray, bangunin sahur pake sirine serangan udara bray

emoticon-Ngakak
profile-picture
rinandya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di tempat-tempat yang mungkin tingkat keragaman masyarakatnya itu plural, maka perlu diawali dengan komunikasi dengan silaturahmi sebelumnya supaya menghindari adanya protes," ucap Ziyad.

Komunikasi dengan silaturahmi bre...ngarti kagak sdh mengunjungi dan bersilaturahmi, ngarti dong mesti kek gimana.....
Ini uclim sudah berbaek hati emoticon-Marah
Klean kudu sadar diri sebagai minoritas.
Ato nantik klean yg dibangunin paksa saur bwat puasa. Uclim yg sarapan 3x. Maw klean ?!
profile-picture
rinandya memberi reputasi
Coba tanya ama WNI yang pernah atau saat ini masih tinggal di Arab Saudi dan negara² lain di jazirah Arab, apakah pada pakai pelantang atau ngak saat bangunin sahur.
profile-picture
ksatriabajaputi memberi reputasi
Usul nih gw, bangunin pake cara ASMR
"Bangun abang oouuhhh gigit aku donk ouhhhh ,makan aku sepuas hatimu abanggg oouuuhhhhh"emoticon-Kiss
Polusi suara anjinkkk!!!
profile-picture
bajier memberi reputasi
+ KURRAANG AAJJJAARRR.. AYO BAKARRR..
- (huss.. yg ngomong bukan kapirrr)..
+ oh.. Gk jadi deh.. TUAK BIR
Nah, baru kemarin ane lethargic, ngantuk seharian kebangun jam 2:30.
Tapi mau gimana, kalau mau komplain dikit aja bakal bakar rumah. emoticon-Sorry
profile-picture
bajier memberi reputasi
jaman sekarang itu lebih banyak orang yang susah tidur daripada susah bangun, jadi sebelum anda teriak teriak ditengah malam anda berfikir dulu anda sedang membantu atau sedang menyusahkan orang
profile-picture
bajier memberi reputasi
mampus lu kafir, mamam tuh TOA
gak suka minggat dari indonesia
profile-picture
profile-picture
lupineprince dan bajier memberi reputasi
Ga teriak, tapi volumenya pol yah sama aja, sorenya dimaenin anak kecil dah, teriak2 juga
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di