CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Zaskia Adya Mecca Pertanyakan Etik Membangunkan Sahur Lewat Toa Masjid
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60824052f2e48a5e5b17f0fe/zaskia-adya-mecca-pertanyakan-etik-membangunkan-sahur-lewat-toa-masjid

Zaskia Adya Mecca Pertanyakan Etik Membangunkan Sahur Lewat Toa Masjid

TEMPO.COJakarta - Zaskia Adya Mecca menyampaikan keheranannya dengan cara membangunkan sahur lewat toa masjid. Merasa terganggu, istri Hanung Bramantyo ini mempertanyakan etika saat membangunkan sahur yang menurut sebagian orang sedang tren saat ini.

"Cuma mau nanya ini, bangunin model gini lagi hits katanya?! Terus etis enggak pake toa masjid bangunin model gini? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang tidak menjalankan sahur!" tulis Zaskia di Instagram pada Kamis, 22 April 2021.

Dalam rekaman yang dibagikan di Instagramnya, terdengar suara laki-laki berteriak menggunakan toa masjid, membangunkan penduduk setempat untuk sahur. Dari rumah Zaskia, terdengar sangat jelas suara teriakan tersebut dan cukup mengganggu apalagi bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa.

"Bapak-bapak, ibu-ibu, adek-adek warga RT 04 RW 09 dan sekitarnya, yang menjalankan ibadah puasa, waktunya sahuuuuurrrr, sahuuuuurrrr, sahuuuuurrrr, sahuuuuurrrr, sahuuuuurrrr, banguuuunn, banguuuunnn. Yang belum masak silakan masak, yang malas masak GoFood ada, banguuuunn, banguuuunn, banguuuunn, sahuuuuurrrr, sahuuuuurrrr, sahuuuuurrrr, sahuuuuurrrr. Ya terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," demikian suara yang terdengar dari rekaman yang diunggah Zaskia.

Dia terkejut saat penduduk sekitar mengatakan gaya membangunkan sahur lewat toa masjid dengan cara berteriak dan menggangu itu tengah menjadi tren saat ini. "Beneran bingung ini masjid deket rumah. Pas aku agak kaget-kaget denger di hari pertama, lingkungan pada bilang 'lagi hits bangunin model gitu'," tulisnya.
Zaskia menanyakan keheranannya ini kepada pengikutnya di Instagram. Menurut dia, cara seperti itu sangatlah tidak pantas karena dapat mengganggu orang lain. "Aku yang asing, atau situasi yang semakin asing yaa... buat aku, kok enggak lucu, enggak etis, enggak menghargai orang lain. Buat kamu gimana?! Apa aku yang terlalu serius?" tulisnya.
Kakak Zaskia, Tasya Nur Medina ikut memberi pandangannya setelah mendengar langsung video yang dibagikan Zaskia. Tasya setuju dengan Zaskia Adya Mecca kalau cara seperti itu sangat mengganggu. "Ini namanya ganggu lebih tepatnya, karena enggak semua orang puasa dan enggak ada toleransinya ini," tulis Tasya di kolom komentar.


https://seleb.tempo.co/read/1455162/zaskia-adya-mecca-pertanyakan-etik-membangunkan-sahur-lewat-toa-masjid/full&view=ok

apa? toa menganggu? toa berisik? emoticon-Marah
penistaan ini

bakar tempat ibadahnya !!!

emoticon-Matabelo 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Padahal sesama kaumnya....

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Satu lagi trit unfaedah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
padahal abad ke-7 fadang fasir itu nggak ada toa.
terus nih kaum meneladani siapa donk sebenarnya?emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tidak menghormati umat uclim emoticon-Marah
Gak taw org lagih ibadah emoticon-Ngamuk klo telat sahur hasil nya batal puasak
Mana toleransi klean untuk membantu menunaiken ibadah.
emoticon-Mewek krang ajar klean, awas...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
padahal aturan soal TOA udah dari 1978, gak pernah ditegakkan. si Caplin yang ketua Dewan Masjid Indonesia juga pernah bersuara soal TOA ini, gak ngepek. yang ada dia kena hujat. mendingan si Zascia beli penyumbat kuping aja di tokped banyak, dan matiin sosmednya dulu selama lebaran ini.
Quote:


namanya juga klon ketiak si moderator

mau sara menghina islam gpp yg penting jangan menghina kristen nanti di banned emoticon-Leh Uga

makanya sekarang mending beralih menghina islam soalnya bebas bann emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Untung yg nanya dari uclimwati sendiri... Coba yg komeng non-uclim, siap2 sosmednay di bombardir, dicari lokasinya, dipersekusi, sukur2 cuma perlu kuar biaya materai ga ada biaya perawatan RS.
profile-picture
Sadhunter memberi reputasi
ya toleransilah toh cuma bulan puasa
profile-picture
reep1000 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
siap2 aja diteriakin geng singa putih yang udah bubar emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Sadhunter memberi reputasi
Setuju sih dengan komplain Zaskia, mestinya penggunaan TOA Masjid harus diatur, Karena kadang DKMnya udh mah gak perduli kualitas soundnya yg penting asal kenceng, plus konten yg boleh pakai TOA jg gak dikontrol....
profile-picture
profile-picture
felia17 dan Sadhunter memberi reputasi
Zaskia Adya Mecca Pertanyakan Etik Membangunkan Sahur Lewat Toa Masjid

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 9 lainnya memberi reputasi
Pertanyaannya, apakah memang semua muslim orang yang gampang ketiduran malas bangun lagi? Maksud gua adakah banyak orang yang memang memerlukan suara teriakan TOA untuk membangunkannya?

Di jaman modern seperti ini sudah ada HP alarm, Nest Google, sampe jam weker jadul, apakah masih perlu suara TOA masjid?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kamar tidur gue udah ada peredamnya jadi ga terganggu
Oh ini toh alasannya kadrun twitter kelojotan emoticon-Wakaka
Zaskia Adya Mecca Pertanyakan Etik Membangunkan Sahur Lewat Toa Masjid
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan m0de83g0 memberi reputasi
Diubah oleh m00nk3y
Untung yg ngomong sesama.
Jadi aman persekusi.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
zaskia bisa dpt vocer hotel 1,5 thn kayak meliana gak nih ?
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan Sadhunter memberi reputasi
Quote:


antum klonengan @yeytothesouz @jasjus.melon666

Quote:


Zaskia Adya Mecca Pertanyakan Etik Membangunkan Sahur Lewat Toa Masjid

profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
share pengalaman:
komplek gw ada mesjid yang direnovasi menaranya.
untuk penggalangan dana memakai cara tradisional, pasang jaring di pinggir jalan sambil pakai toa.
saat gw lewat, terdengar dari toa: "sumbangannya om"
pertama gw gak ngeh, lantas setelah celingak celinguk, baru sadar itu ditujuan ke gw emoticon-Stick Out Tongue
ya udah jadi setiap kali lewat, gw menyisihkan sedikit untuk itu.

setelah kurang lebih 12 bulan renovasi (membangun menara baru) selesai.
ternyata toanya tambah keras, apalagi malam pertama setelah selesai, gw sampai bangun saat subuh ( belum pernah sebelumnya).

emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
m0de83g0 memberi reputasi
Diubah oleh beli.apa.aja
Parahan mana sama bangunin sahur gombrang gombreng bawa tambur, pasang speaker gede2, gedor2 pintu rumah

Cm lewat toa mah gak seberapa
profile-picture
m0de83g0 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di