CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608219584f012e79d823acf1/kampung-naga-tasikmalaya-perkampungan-unik-tanpa-listrik-pelestari-adat-dan-budaya

Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!

Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!
Pernah berkunjung ke kampung tanpa listrik?
Kampung Naga, desa tanpa listrik yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya leluhur!


Kampung tanpa listrik, mungkin Agan dan Sista akan sulit untuk menemukan perkampungan yang seperti ini di era modern seperti sekarang. Hampir dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia saat ini listrik telah disalurkan dengan baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat untuk membantu masyarakat dalam hal penerangan, aktivitas rumah tangga, transportasi dan lain sebagainya.

Listrik memang menjadi salah satu tanda dan bukti modernisasi GanSis, karena tanpa listrik banyak aktivitas terhambat dan banyak alat-alat elektronik yang menggunakan listrik sebagai penggerak pun juga tidak memiliki fungsi, sejak modernisasi masuk dan diterapkan di Indonesia memang mau tidak mau kita harus menerima perubahan itu sebagai kemajuan teknologi.

Maju dan modernnya suatu daerah entah dalam hal tekhnologi atau apapun itu, pastinya ada dampak positif dan negatif yang dapat kita rasakan ya GanSis.
Alih-alih menjadi masyarakat yang modern rasa simpati, empati, dan sosialisasi antar masyarakat pun juga akhir-akhir ini perlahan berkurang. Bahkan adat dan budaya leluhur yang seharusnya dijaga dan dipelihara pun juga mulai tergerus dan digantikan dengan budaya baru yang sebenarnya kurang cocok untuk diterapkan di negara kita tercinta ini!


Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!


Membahas tentang menjaga adat budaya warisan leluhur dari kemodernan atau modernisasi yang sedikit banyak memiliki dampak negatif terhadap kebiasaan hidup masyarakat, Kampung Naga Tasikmalaya dapat dijadikan contoh sebagai perkampungan yang masyarakatnya masih tetap melestarikan tradisi adat dan kebudayaan yang diwariskan oleh leluhur meskipun mereka sendiri kehilangan sejarah akan asal usul kampungnya atau lebih dikenal dengan sebutan "Pareum obor" atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki makna matinya penerangan.

Selain matinya penerangan menurut istilah karena hilangnya sejarah asal usul berdirinya kampung tersebut, masyarakat Kampung Naga juga menolak hadirnya listrik di kampung mereka. Meskipun menurut mereka listrik bukan hal yang tabu untuk digunakan, namun mereka tidak mau dengan masuknya listrik di kampung Naga dapat merusak warisan leluhur dari adat dan kebudayaan yang selama ini telah dilestarikan. Masyarakat Kampung Naga lebih merasa nyaman dengan kondisi mereka dimana hidup tetap dengan kesederhanaan dengan menjunjung nilai-nilai luhur dalam hidup bermasyarakat yang rukun dan damai!


Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!


Sebenarnya Kampung Naga ini tidak dapat dikatakan tanpa sejarah ya GanSis, sebab di masyarakat sekitar juga ada cerita yang menjelaskan bahwa kampung tersebut didirikan oleh Singaparna abdi dari Sunan Gunung Jatinyang mendapatkan tugas untuk menyebarkan agama Islam di daerah Neglasari, yang saat ini menjadi desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Namun untuk bukti sejarah autentiknya terbakar bersamaan pada terbakarnya Kampung Naga pada tahun 1956 oleh Organisasi DI/TII Kartosoewiryo.

Letak dari Kampung Naga sendiri tidak jauh dari jalan Raya yang menghubungkan Tasikmalaya dengan Garut GanSis. Jarak dari Garut ke Kampung Naga hanya 26kilometer sedangkan dari Tasikmalaya kurang lebih 30 kilometer saja.
Untuk dapat ke Kampung Naga pengunjung harus menuruni 439 anak tangga dengan kemiringan 45 derajat dan kemudian menyusuri jalan di sekitar sungai Ciwulan sampai ke Kampung Naga.


Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!


Adapun keistimewaan dari Kampung Naga sendiri selain masyarakatnya yang masih menjaga adat dan kebudayaan dengan sangat baik, segala aktivitas masyarakat juga diatur dalam norma-norma dan juga peraturan adat yang berlaku di sini.
Rumah-rumah diatur sedemikian rupa, menghadap ke arah selatan dan utara, membujur ke arah timur dan barat. Terbuat dari bambu dan kayu dengan atap jerami dan ijuk!

Di atas tanah seluas 1,5 hektar ini terdapat kurang lebih 106 bangunan dengan tiga bangunan umum di antaranya ada mushola, tempat menumbuk padi dan balai kampung.

Masyarakat bersosialisasi dengan baik dengan penuh rasa persaudaraan!


Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!


Bagaimana GanSis, sangat menarik sekali ya keberadaan Kampung Naga ini!
Meskipun masa semakin modern namun masyarakat kampung Naga masih melestarikan adat kebudayaan warisan leluhur dan mereka bangga dengan kekayaannya.

Kampung Naga ini boleh dikunjungi oleh wisatawan lokal dan Mancanegara loh GanSis, tapi pastinya dengan harus tetap memperhatikan dan mematuhi peraturan yang ada di Kampung Naga!

Oke, mudah-mudahan thread kali ini bermanfaat. Terima kasih telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain!


Kampung Naga Tasikmalaya, Perkampungan Unik Tanpa Listrik Pelestari Adat dan Budaya!

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar: 1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Matabelo keren ya tempatnya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan blezzernet memberi reputasi
emoticon-2 Jempol harus selalu dilestarikan nih
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan blezzernet memberi reputasi
Ngirit pengeluaran biaya rumah tangga nihemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
blezzernet dan masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Matabelo
asri banget
profile-picture
profile-picture
blezzernet dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tempat yang masih mengandal kan rasi bintang dan kompas untuk tau suatu arah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
GG WP gak ada kabel melintang sama sekali.... emoticon-Angkat Beer
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Listrik kek udah jadi kebutuhan pkok sekarang, keren bisa hidup tanpa listrikemoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Wow Orang Baduy juga gak pakek listrik khan ? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irpanram dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cocok buat bioskop ini
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Hanya sekali kesini, itupun 28 tahun yang lalu.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Unik dan menarik sih untuk dikunjungi, tapi pagi-siang hari ya, kalau malam pasti cuma mengandalkan lilin dan cahaya bulan aja, dan pasti ga ada HP disana ya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakaknlah malah buat bioskop

Quote:

emoticon-Matabelo wah gimana ceritanya itu gan?
Coba ceritain dikit gimana keadaan disana

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan
Tapi buat yang mencari ketenangan disana cocok malam hari gan
ada sinyal tapi ?
bocilnya main layangan apa mobile legend bray
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh panadolxtra
kirain yang hidup kayak gini daerah pulau jawa hanya orang baduy dalam ternyata tasikmalaya juga punya ya kampung yang hidup tanpa listrik pun bisa.
profile-picture
profile-picture
knoopy dan masnukho memberi reputasi
Wah ternyata masih ada ya daerah yang belum ada listriknya, ga kebayang kalo tiba-tiba disuruh KKN di sana, auto pusing tuh sebulan ngga ada listrik hahaha
profile-picture
masnukho memberi reputasi
keren emoticon-2 Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Pengen hidup di tempat model gini tapi kayaknya ga bakal sanggup, otak udah keracunan teknologi
profile-picture
profile-picture
knoopy dan masnukho memberi reputasi
jadi kangen kampung....emoticon-No Hope
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Adem banget dilihatnya. Tanpa listrik bukan berarti tertingga tapi karena memang menjaga adat istiadat dan kebiasaan yang ada disuatu daerah akan lebih mudah kalau informasi dibatasi
profile-picture
profile-picture
knoopy dan masnukho memberi reputasi
Semoga Pemerintah setempat ikut andil melestarikan tempat ini, bukan sebaliknya emoticon-Belo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di