CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6081a19874d37502d22ab0d2/es-puma-takjil-yang-mampu-menyentil-dahaga-amp-lapar-terlebih-saat-pandemi

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Mendekati waktu berbuka adalah salah satu hal yang paling dinanti oleh tiap insan yang berpuasa. Tidak terkecuali kaskuser disini yang menjalankannya. Ada amunisi yang biasa disiapkan untuk menyambut bunyi bedug penanda lapar dan dahaga akan pergi dan berharap semoga puasa kita hari ini akan diterima oleh sang pencipta. Aamiin.

Takjil, sebuah kata yang merujuk pada akar kata Bahasa Arab yaitu berarti mempercepat, yang dalam konteks puasa bisa diartikan mempercepat berbuka puasa dan kita biasa gunakan untuk menggambarkan makanan atau minuman manis nan lezat. Hidangan tersebut bisa kita dapatkan dengan beberapa cara. Cara termudah tentunya dengan keluar dari rumah lalu menemukan para penjaja takjil yang mudah kita temui di pinggir jalan dengan menu dan harga yang beragam.

Spoiler for Titi Kamal Berburu Takjil Di Rawamangun 2018:

Sumber Gambar


Namun sayangnya hal tersebut sulit di lakukan di masa pandemi seperti ini. Kenapa?

1.Lapak Mereka Digusur / Dibatasi

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Foto diatas ane ambil sendiri di sekitar tempat tinggal ane. Akibat peraturan diatas, pedagang takjil yang biasanya ramai kini sepi dan para pemburu takjil harus mencari jajanan takjil di tempat lain.

2. Pedagang Takjil Banyak Yang Curi Start Mudik

Akibat adanya larangan mudik yang tanggalnya masih di godok dan terus direvisi membuat pedagang2 takjil takut jika nanti tidak bisa mudik. Belum lagi ketakutan mereka jika mereka memaksakan diri berdagang dan dagangannya sepi tapi kebutuhan2 yang harus dipenuhi di kota tempat mereka merantau. Oleh sebab itu banyak diantara mereka yang lebih memilih untuk mudik lebih awal karena merasa lebih aman jika menghabiskan waktu mereka di kampung halaman ketimbang di "kota orang" .

3. Daya Beli Masyarakat Meroket Turun

Kita sama2 tahu betul bahwa dampak ekonomi adalah yang paling terasa akibat pandemi ini. Mulai dari banyak yang kehilangan pekerjaan, pendapatan dan penghasilan akibat serentetan kebijakan. Bukan hanya ane, sebagian dari gansis pun juga terdampak ekonominya secara signifikan. Membeli makanan untuk berbuka mungkin saja mudah saat kita masih memiliki pekerjaan atau penghasilan yang mapan tapi setelah pandemi, semua harus dipikirkan matang demi menekan pengeluaran.

Biasanya kalo di hari-hari awal Ramadhan menu buka puasanya meliputi berbagai jenis makanan dan minuman, tapi pas udah di hari-hari akhir Ramadhan menu buka puasanya cenderung mengusung tema minimalis. Karena kebanyakan udah bingung mau bikin apa lagi, masa kolak lagi? Tahu goreng lagi? Atau es buah lagi?
Naaaahhh... indahnya berbagi apalagi di bulan Ramadhan ini, ane mau berbagi resep takjil buat ide menu buka puasa gansis biar anti minimalis club dan gak bosen sama takjil itu-itu aja.

Ini adalah minuman yang gak pernah absen di keluarga ane kalau bulan Ramadhan, namanya Es PuMa alias Es rumPUt laut dan MArkisa. Rada maksa tapi gapapa yaaaa, hehehe, es yang sungguh amat sangat simple cocok untuk gansis dan bunda2 di rumah yang anti ribet club πŸ˜‚. Selain itu juga ramah di kantong karena semua bahan bisa ditemukan di pasar tradisional dan supermarket terdekat. Ini dia nih bahan-bahannya :

⁃ Rumput Laut

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Rumput laut bisa didapatkan dengan mudah dan murah di pasar atau swalayan terdekat gansis sekalian. Itu contoh rumput laut yang ane beli harganya cuma goceng alias Rp 5.000 saja dan bisa jadi 8-10 gelas Es Puma nan lezat

⁃ Sirup Markisa

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Harga 1 botol sirup markisa bervariasi tergantung merk dagang & toko tempat gansis berbelanja. Harganya berkisar antara 15-25 ribu rupiah. Silakan disesuaikan dengan kantong gansis ya.

⁃ Buah Markisa

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Harga 1 kg Buah Markisa sekitar 30 ribu rupiah. 1 Kg buah markisa = 10-12 buah markisa ukuran kecil-sedang. Biasanya ane menghabiskan 1 buah untuk tiap gelasnya tapi kembali lagi semua diserahkan ke selera masing2 emoticon-Malu (S)

⁃ Gula Pasir

Awas jangan sampai salah beli. Garam dan gula memiliki bentuk mirip tapi tak sama. Gula mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari warung rokok pinggir jalan, toko kelontong sampai swalayan kesayangan agan.

⁃ Air Mineral atau Air Bening

Tadinya mau nulis air putih. Tapi kan air itu ga putih ya. Ya agan tau lah maksudnya air apa emoticon-Hammer

⁃ Es Batu

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Es batu bisa dibuat dengan mudah di rumah gansis jika gansis memiliki kulkas dengan freezer dan cetakannya. Es batu biasanya dijual di warung dengan harga 500-1000 rupiah per 1 plastik besar.

Cara membuatnya :

1. Cuci rumput laut kemudian gunting mereka, jangan lupa gunakan gunting yang sesuai ya, jangan pakai gunting rumput apalagi gunting kabel emoticon-Ngakak (S) lalu letakkan di dalam wadah, ane pake tupperw*re ( ati-ati ilang tutupnya entar nyokap gansis marah emoticon-army ), tambahkan sedikit air bening sampai agak tenggelam dan tambahkan gula pasir sesuai selera aja dan sesuaikan dengan jumlah rumput lautnya, lalu aduk-aduk biar rata gula dan rumput lautnya. Kemudian tutup wadahnya simpan dalam kulkas kurang lebih 6-8 jam. Kalo ane ditinggalin semaleman, biasanya ane simpan sore untuk menu buka besok harinya. Ini bertujuan supaya rumput lautnya ada rasa manisnya sedikit gansis, kalo gansis gak suka manis bisa diskip yaa. Ada juga beberapa tempat yang menjual rumput lautnya dalam keadaan sudah manis / sudah dikasih gula, tapi ane kurang suka karena gak terlalu fresh rumput lautnya. Namun kalo gansis mau pake yang manis yaa monggo jadi step ini bisa diskip ya emoticon-Ngacir

2. Campurkan sirup markisa dengan air, letakkan pada wadah. Kalau mau makin dingin sirupnya pakai air es ya gansis, tapi kalo air biasa juga gak apa-apa karena nanti juga ditambahin es.

3. Siapkan Gelas, masukkan 1 buah markisa ke dalam gelas.

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Kemudian masukkan 1-2 sendok (sesuaikan dengan ukuran gelas) rumput laut ke dalam gelas tadi, ditumpuk aja di atas markisanya ya gansis emoticon-Malu (S) .

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

4. Masukkan es batu ke dalam gelas. Setelah semua masuk baru kita campur sama sirup markisa yang udah kita larutkan tadi. Selesai deh gansis, Es PuMa bisa dinikmati.

Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi

Anti ribet no debat no kecot kan gansis, sederhana dan mudah sekali bikinnya. Minuman ini cocok banget buat buka puasa. Selain itu juga banyak banget manfaatnya. Rumput laut bisa menjadi pengganti serat buat gansis yang jadi jarang makan sayur dan buah pas bulan Ramadhan ini. Bikin adem perut dan melancarkan pencernaan. Ketimbang menghajar perut gansis dengan gorengan yang tinggi kolesterol lalu pencernaan agan terganggu, konsumsi rumput laut dipercaya lebih menyehatkan pencernaan agan yang sudah belasan jam beristirahat.Selain rumput lain ternyata buah markisa-nya juga bermanfaat karena kaya dengan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh kita. Ditengah pandemi dimana yang keluar dari dompet dan yang masuk ke dalam perut harus sama2 memiliki manfaat dan menghindari mudharat maka es puma dapat menjadi pilihan yang cocok untuk gansis sekalian. Tidak hanya manis, takjil yang kita konsumsipun harus kaya akan manfaat. Selamat mencoba yaa gansis, semoga menu ane nan sederhana ini bisa jadi ide buat menu buka puasa gansis. Biar gak bosen minuman yang itu-itu aja.

Spoiler for Jangan BUKA nanti ADIKSI :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GigiTato. dan 15 lainnya memberi reputasi
Es Puma. Takjil Yang Mampu Menyentil Dahaga & Lapar, Terlebih Saat Pandemi
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan luqman miracle memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kirain es dari sepatu emoticon-Ngakak
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane suka banget passion fruit. Apalagi yang ditambahin soda. emoticon-Big Grin
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ditempat ane susah nyari markisa.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wahh markisa ya, skrg kek jdi buah langka gitu. Dlu suka ambilin d belakang rmh temen. Di pasar tradisional jrg ad yg jual. Markisa pelan2 jdi buah high profile
emoticon-Betty
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Lihat buah markisa yang dibelah sampai liur ane keluar gan.hahaha.. kebayang kecutnya tapi enaak... sayang di sini kayanya nggak ada yang jual buah markisa jadi misal bikin esnya tanpa buah markisa deh..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
duh kres kres itu rumput lautt... enaaaak bisa jadi ide nih buat buka puasa..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aduh salah banget ane buka tritnya jam2 segini emoticon-Matabelo
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sepertinya enakkkk... Coba ah nanti buka emoticon-Matabelo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Awwwww mataku.... Ngeliatin makanan/minuman pas puasa itu makruh gan emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
BM banget dah ente bikin namanya emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waahh markisah ternyata mahal☹️
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
es markisa emang seger emoticon-Matabelo dulu punya tanemannya sekarang dah gak ada emoticon-Frown
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
ane demen nih yang beginian, bagi bagi resep buat takjil, lanjutkeeeennn gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Es nya segerr gitu sepertinya, asem asem dikit kali ya cocok sih buat buka puasa
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
duh ane makan markisanya doang juga doyan banget gan
profile-picture
GigiTato. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di