CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608193be74a8e4669c221126/yuk-simak-5-tips-agar-tidak-mudah-lemas-saat-berpuasa

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa

Hai, GanSist emoticon-Big Kiss

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Setiap tahun, kita akan bertemu di satu bulan yang penuh berkah, yakni bulan ramadan. Sebagai umat islam, tentu kita diwajibkan menjalankan rukun islam ke empat, yaitu berpuasa selama sebulan penuh.

Selama berpuasa dengan durasi kurang lebih 12-13 jam, seringkali tubuh kita akan merasa lemas dan lesu. Hal itu disebabkan karena tubuh kita saat itu tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman seperti hari-hari di luar bulan ramadan. Sehingga beberapa orang memilih untuk mengurangi aktivitas fisik.

Lemas dan lesu yang kita rasakan ini tidak lain dan tidak bukan diakibatkan oleh menurunnya kadar gula dalam tubuh. Nah, ane punya tips nih buat Agan dan Sista supaya nggak mudah lemas saat berpuasa. Berikut tipsnya:


1. Sahur dengan makanan bergizi serta mengandung karbohidrat

Siapa yang waktu sahur porsi makan dibanyakin? Minum sengaja ditambah terus biar gak lemes dan haus pas siang? Wkwk kebanyakan pasti suka gini ya, GanSist. Padahal, biar gak mudah lemes itu caranya gak gitu, lho!

GanSist, saat berpuasa sebaiknya kita mengonsumi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Salah satu makanan dengan karbohidrat tinggi adalah nasi. Yups. Agan dan Sista bisa mengombinasikan nasi dengan makanan lain yang mengandung serat, seperti sayuran dan kacang-kacangan.

Makanan yang tinggi serat dipercaya bisa membuat kita kenyang lebih lama, lho. Selain itu, makanan berserat juga bisa menaikkan kadar glukosa secara perlahan.

Agan dan Sista juga sebaiknya membatasi makanan yang mengandung banyak garam. Makanan dengan kadar garam yang tinggi membuat kita lebih mudah lapar dan dehidrasi. Makan dan minum secukupnya aja ya, GanSist. Biar nggak berlebih-lebihan karena Allah nggak suka segala sesuatu yang berlebihan hehe.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Salah satu hal yang menyebabkan lemas adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Dan saat berpuasa, tentu kita tidak boleh minum dari setelah sahur, hingga waktu menjelang berbuka. Padahal, pada umumnya manusia dewasa harus minum sekitar 8-12 gelas air untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa?

Agan dan Sista bisa mengaturnya dengan cara minum air putih sekitar 2,5 liter dalam rentang waktu mulai berbuka, hingga waktu sahur. GanSist juga bisa mengonsumsi jus buah jika dirasa bosan dengan air putih hehe.

Tips dari ane nih, GanSist. Hindari minum teh manis saat sahur. Kenapa? Biasanya nih, kalau kita minum teh manis kan suka bolak-balik ke kamar mandi alias buang air kecil. Nah, semakin sering kita buang air kecil, maka semakin cepat pula cairan dalam tubuh kita berkurang. Jadinya bikin mudah lemes.

3. Tidur yang cukup dan hindari bergadang

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Untuk yang satu ini sering banget disepelekan. Apalagi yang masih muda, biasanya buat nunggu sahur suka dipakai buat main game, yakan? Hehehe

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kurang tidur bisa menyebabkan tubuh lemas. Ditambah lagi dengan kondisi kita yang sedang berpuasa. Bisa double-double nih, lemasnya. Tapi, tidur berlebihan juga nggak baik, ya. Lebih baik secukupnya saja.

Untuk itu, kita perlu banget mengatur waktu tidur. Sebaiknya, Agan dan Sista tidur setelah salat Tarawih dan tadarus supaya bisa bangun lebih cepat buat sahur. Kalau ada waktu buat tidur siang, manfaatkan dengan baik ya, GanSist. Lumayan kan kalau tidur 30 menit hehe.

4. Olahraga ringan

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Jika GanSist berpikir saat berpuasa artinya kita nggak boleh olahraga, maka ini salah, ya. Padahal, sebenarnya olahraga membuat tubuh kita menjadi bugar dan tidak lemas. Tidak hanya itu saja lho, GanSist. Olahraga juga bisa menjaga mood tetap stabil dan meningkatkan semangat, serta bahagia.

Agan dan Sista tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat. Pilih olahraga yang menurut GanSist mudah dan ringan, seperti jalan santai, yoga dan joging. Lakukan semua sesuai kemampuan diri kita, ya. Jangan sampai kita joging berkilo-kilo meter, terus merasa haus, akhirnya melipir beli minum wkwk. Jangan!

5. Pilih menu berbuka yang manis

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Saat bulan puasa, suara azan Magrib lebih ditunggu daripada balasan pesan dari doi wkwk. Yups. Berbuka adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi yang berpuasa. Berbagai hidangan mulai dari makanan ringan sampai yang berat akan menghiasi meja makan.

Seharian berpuasa membuat kadar gula dalam tubuh kita menurun. Salah satu cara untuk meningkatkan kembali kadar gula adalah berbuka dengan yang manis-manis. Bisa dengan minuman hangat atau beberapa buah kurma sebagai pembuka.

Jangan langsung makan makanan berat seperti nasi dan sejenisnya ya, GanSist. Biar lambungnya nggak kaget karena seharian nggak dikasih makan, tiba-tiba disuruh bekerja keras karena kita langsung makan berat. Kasian. GanSist bisa memberi jeda sekitar 15 menit setelah makan makanan ringan.

Kenapa harus diberi jeda? Supaya kadar gula dalam tubuh kita nggak terlau cepat naik, sehingga membuat pankreas kita menjadi kaget.

Kurangi makan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak ya, GanSist.

Itulah sedikit tips agar tidak mudah lemas saat berpuasa dari ane. Kalau GanSist punya tambahan tips lain, silakan coret-coret di kolom komentar, ya.

Sekian thread dari ane. Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa di thread selanjutnya emoticon-Big Kiss

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, GanSist emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh firdainayah
Halaman 1 dari 3
Pejwan
Semangat puasanya, GanSist
Minum sih kunci bgtttt apalagi buat ane yg minumnya susah
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kurangi aktifitas dan perbanyak tidur.. Dijamin kaga lemes seharian wkwk
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantul tips-nya sist, ane catet dah
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Kurma itu harus da di meja pokoknya
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Tips diatas berlaku untuk kebanyakan orang.
Kalau saya agak beda dan berlawanan dgn tip di atas.
- sahur lebih sering nggak makan, cuma minum air yg banyak. Kalau makan paling cuma kurma 2-3 butir saja.
- Pas buka kadang menunya termasuk berat2, porsi gede dan berminyak(pake mentega/minyak kelapa). Kalau stok makanan lagi habis kadang cuma makan kurma saja.
- Hasilnya ukuran perut mengecil dan BB turun hampir 3kg dan ngirit duit makan emoticon-Big Grin
- Kalau rasa lapar disertai badan lemas kayaknya sudah setahun lebih nggak ngerasaain semenjak hampir tiap hari rutin puasa.



profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Bangunnya pas menjelang azan Magrib ya gan? Wkwk


Quote:


Oke, Om. Semoga bermanfaat emoticon-Cendol Gan
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
Quote:


Wajib ya mbak emoticon-Ngakak
Selain kurma, apa lagi yang harus ada di meja?

Quote:


Nice info, gan.
Mungkin setiap orang beda-beda ya gan. Ane kalo buka langsung makan yang berat-berat biasanya perut kerasa nggak enak emoticon-Big Grin
Udah gitu aja? emoticon-Smilie
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
mantab kali tips nya. aye catet yah min
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
gw kalo sahur justru banyakin lauk, nasi dikurangi...

kalo biasanya tempe goreng 2 potong, kalo sahur bisa 3-4 potong..emoticon-Big Grin
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
protein juga penting gan untuk tenaga, dan protein itu kenyangnya lama karena diproses oleh lambungnya juga lama, imho.
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Quote:


Hehe iya, gan. Tambahin biar tambah banyak emoticon-Big Grin

Quote:


Oke, semoga bermanfaat emoticon-Smilie
Quote:


Wkwk ane kalo sahur dibanyakin malah mual gan. Malah jadi mudah laper emoticon-Big Grin

Quote:


Betul gan. Makasih udah nambahin gan emoticon-Smilie
Nice trit
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Puasa ini gatau kenapa malah lebih susah tidur awal emoticon-Frown
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
berbuka yang manis asal jangan kelewatan manis aja sih. ntar diabetes
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lemas
Gak tau mau ngapain
Gak ada acara diluar
Gak kumpul sama teman-teman cosplay
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di