CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608193be74a8e4669c221126/yuk-simak-5-tips-agar-tidak-mudah-lemas-saat-berpuasa

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa

Hai, GanSist emoticon-Big Kiss

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Setiap tahun, kita akan bertemu di satu bulan yang penuh berkah, yakni bulan ramadan. Sebagai umat islam, tentu kita diwajibkan menjalankan rukun islam ke empat, yaitu berpuasa selama sebulan penuh.

Selama berpuasa dengan durasi kurang lebih 12-13 jam, seringkali tubuh kita akan merasa lemas dan lesu. Hal itu disebabkan karena tubuh kita saat itu tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman seperti hari-hari di luar bulan ramadan. Sehingga beberapa orang memilih untuk mengurangi aktivitas fisik.

Lemas dan lesu yang kita rasakan ini tidak lain dan tidak bukan diakibatkan oleh menurunnya kadar gula dalam tubuh. Nah, ane punya tips nih buat Agan dan Sista supaya nggak mudah lemas saat berpuasa. Berikut tipsnya:


1. Sahur dengan makanan bergizi serta mengandung karbohidrat

Siapa yang waktu sahur porsi makan dibanyakin? Minum sengaja ditambah terus biar gak lemes dan haus pas siang? Wkwk kebanyakan pasti suka gini ya, GanSist. Padahal, biar gak mudah lemes itu caranya gak gitu, lho!

GanSist, saat berpuasa sebaiknya kita mengonsumi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Salah satu makanan dengan karbohidrat tinggi adalah nasi. Yups. Agan dan Sista bisa mengombinasikan nasi dengan makanan lain yang mengandung serat, seperti sayuran dan kacang-kacangan.

Makanan yang tinggi serat dipercaya bisa membuat kita kenyang lebih lama, lho. Selain itu, makanan berserat juga bisa menaikkan kadar glukosa secara perlahan.

Agan dan Sista juga sebaiknya membatasi makanan yang mengandung banyak garam. Makanan dengan kadar garam yang tinggi membuat kita lebih mudah lapar dan dehidrasi. Makan dan minum secukupnya aja ya, GanSist. Biar nggak berlebih-lebihan karena Allah nggak suka segala sesuatu yang berlebihan hehe.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Salah satu hal yang menyebabkan lemas adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Dan saat berpuasa, tentu kita tidak boleh minum dari setelah sahur, hingga waktu menjelang berbuka. Padahal, pada umumnya manusia dewasa harus minum sekitar 8-12 gelas air untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa?

Agan dan Sista bisa mengaturnya dengan cara minum air putih sekitar 2,5 liter dalam rentang waktu mulai berbuka, hingga waktu sahur. GanSist juga bisa mengonsumsi jus buah jika dirasa bosan dengan air putih hehe.

Tips dari ane nih, GanSist. Hindari minum teh manis saat sahur. Kenapa? Biasanya nih, kalau kita minum teh manis kan suka bolak-balik ke kamar mandi alias buang air kecil. Nah, semakin sering kita buang air kecil, maka semakin cepat pula cairan dalam tubuh kita berkurang. Jadinya bikin mudah lemes.

3. Tidur yang cukup dan hindari bergadang

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Untuk yang satu ini sering banget disepelekan. Apalagi yang masih muda, biasanya buat nunggu sahur suka dipakai buat main game, yakan? Hehehe

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kurang tidur bisa menyebabkan tubuh lemas. Ditambah lagi dengan kondisi kita yang sedang berpuasa. Bisa double-double nih, lemasnya. Tapi, tidur berlebihan juga nggak baik, ya. Lebih baik secukupnya saja.

Untuk itu, kita perlu banget mengatur waktu tidur. Sebaiknya, Agan dan Sista tidur setelah salat Tarawih dan tadarus supaya bisa bangun lebih cepat buat sahur. Kalau ada waktu buat tidur siang, manfaatkan dengan baik ya, GanSist. Lumayan kan kalau tidur 30 menit hehe.

4. Olahraga ringan

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Jika GanSist berpikir saat berpuasa artinya kita nggak boleh olahraga, maka ini salah, ya. Padahal, sebenarnya olahraga membuat tubuh kita menjadi bugar dan tidak lemas. Tidak hanya itu saja lho, GanSist. Olahraga juga bisa menjaga mood tetap stabil dan meningkatkan semangat, serta bahagia.

Agan dan Sista tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat. Pilih olahraga yang menurut GanSist mudah dan ringan, seperti jalan santai, yoga dan joging. Lakukan semua sesuai kemampuan diri kita, ya. Jangan sampai kita joging berkilo-kilo meter, terus merasa haus, akhirnya melipir beli minum wkwk. Jangan!

5. Pilih menu berbuka yang manis

Yuk, Simak 5 Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa


Saat bulan puasa, suara azan Magrib lebih ditunggu daripada balasan pesan dari doi wkwk. Yups. Berbuka adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi yang berpuasa. Berbagai hidangan mulai dari makanan ringan sampai yang berat akan menghiasi meja makan.

Seharian berpuasa membuat kadar gula dalam tubuh kita menurun. Salah satu cara untuk meningkatkan kembali kadar gula adalah berbuka dengan yang manis-manis. Bisa dengan minuman hangat atau beberapa buah kurma sebagai pembuka.

Jangan langsung makan makanan berat seperti nasi dan sejenisnya ya, GanSist. Biar lambungnya nggak kaget karena seharian nggak dikasih makan, tiba-tiba disuruh bekerja keras karena kita langsung makan berat. Kasian. GanSist bisa memberi jeda sekitar 15 menit setelah makan makanan ringan.

Kenapa harus diberi jeda? Supaya kadar gula dalam tubuh kita nggak terlau cepat naik, sehingga membuat pankreas kita menjadi kaget.

Kurangi makan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak ya, GanSist.

Itulah sedikit tips agar tidak mudah lemas saat berpuasa dari ane. Kalau GanSist punya tambahan tips lain, silakan coret-coret di kolom komentar, ya.

Sekian thread dari ane. Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa di thread selanjutnya emoticon-Big Kiss

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, GanSist emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh firdainayah
Halaman 1 dari 3
Minum air yang cukup penting sih biar ga dehidrasi
Sama ini sih, habis sahur jgn tidur. Ini bkim badan seger dan pencernaan bagus
Waahh begadangnya yang susah ilang nih gan wkwk
Wah bener-bener bagus banget nih tips dan triknya bakalan coba ini selama puasa hari-hari ini Makasih Gan
Semangat semuanya, saya sudah melakukan sebagian besar tips di atas dan memang ampuh serta berpengaruh terhadap puasa kita.
semua bisa dilakuin gan, kecuali begadang, susah bgt ngilanginnya, btw nice inpoh yaa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Quote:


Makanya jangan banyak-banyak minumnya gan emoticon-Big Grin
Quote:


Betul gan hehe

Quote:


Iya gan. Tapi jangan terlalu memforsir juga, takutnya lemes di tengah jalan emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Banyakin makan sayur sama minum air putih, Sist. Lemes juga emang udah hawanya dan bawaan bulan puasa hehe

Quote:


Bener. Biasanya kalo kurang gula sama air putih emang bikin lemes. Ane pernah gemeter gegara kurang minum air putih emoticon-Big Grin
Quote:


Iya, susah. Saran dari ane, matiin data seluler gan. Biar gak gatel pengen pegang hp terus hehe

Quote:


Bener gan. Makin banyak tidur, makin nggak enak di badan
Quote:


Minum teh manis malah bikin haus setelah subuh kalo ane gan wkwk
Lebih enak air putih.

Quote:


Bener gan wkwk tapi pasti ada yang bangunin lah ya. Kalo nggak toa masjid ya emak yang bangunin emoticon-Big Grin
Quote:


Benerrr. Tapi jangan kebanyakan juga gan. Ntar diabetes hehe

Quote:


Benerrr. Gak enak di tenggorokan sih. Jam 7 udah haus lagi, soalnya pipis mulu abis minum teh emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Sama-sama. Semoga bermanfaat emoticon-Smilie

Quote:


Semangat juga, GanSist emoticon-thumbsup
Wkwk banyak makanan ya kalo buka emoticon-Big Grin

Quote:


Makan sayur pas sahur, GanSist. Terus jangan minum terlalu banyak pas sahur, apalagi minum teh emoticon-Big Grin
Quote:


Puasa tahun ini hampir sama kayak tahun kemarin. Kegiatan di luar masih sangat dibatasi, GanSist

Quote:


Jangan banyak-banyak, GanSist. Secukupnya aja. Malah kalo bolak-balik pipis tuh bisa bikin cairan dalam tubuh kita berkurang lebih cepat hehe
Quote:


Makasih udah mampir emoticon-Smilie

Quote:


Jangan terlalu stres, GanSist hehe. Stres bisa bikin kita susah tidur

Quote:


Kalo kelewatan, puter balik aja, GanSist emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalo pas sahur minum banyak.. subuh subuh sering dah tuh buat kencing, makin siang makin jarang wkwk
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Semoga yang berpuasa diberi kesehatan sampai lebaran nanti ya. Semangat!!!

Oh, jangan lupa mampir yuk ke thread saya.

Hipertensi Paru Pada Anak
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
olahraga ringan sih bener banget, karena bikin badan tetep fit
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Setiapp harii agarr tidak budahh lemass gannnn
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
kadang kurang gula atau mungkin kurang air, biasanyadua itu sih yang utama
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di