CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Corona Menggila, Orang India Kabur ke Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608188c1a2d5686a3c787ed3/corona-menggila-orang-india-kabur-ke-indonesia

Corona Menggila, Orang India Kabur ke Indonesia

Corona Menggila, Orang India Kabur ke Indonesia


Virus Corona (COVID-19) di India makin ganas. Situasi ini perlu disikapi dengan cepat juga oleh pemerintah Indonesia.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap ada WN India yang eksodus atau ramai-ramai masuk ke Indonesia. Mereka kabur ke Indonesia karena kasus Corona yang menggila di India.

"Pertama, terkait ada kedatangan WNI dan WNA, kemarin sudah banyak warga India masuk ke Indonesia, banyak sekali," kata Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes, dr Bengat, di Pekanbaru, Rabu (22/4/2021).

"Kami hari ini telah lakukan pemantauan perketat, karena informasi ada eksodus," tambahnya.

Hal itu disampaikannya dalam rapat yang dipimpin langsung Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Gubernur Riau Syamsuar di Balai Serindit.

WNA asal India datang ke Indonesia melalui jalur udara dengan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Saat ini mereka sedang dikarantina di satu hotel agar mudah diawasi.

Dia mengatakan WN India eksodus setelah negaranya dihantam pandemi COVID-19. Mereka kemudian ramai-ramai masuk ke Jakarta dan beberapa daerah lain.

"Sekarang India sedang tsunami COVID-19 dan mereka masuk ke Jakarta sekarang. Di Samarinda sudah ada yang positif, jadi kami tadi sudah bahas dengan pimpinan untuk diperketat, kita mau tahu apakah ada varian baru," katanya.

"Mereka banyak masuk mempunyai kitas (kartu izin tinggal terbatas) dan pakai visa. Ini mungkin yang menjadi tugas juga dari Imigrasi," kata Bengat.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo langsung merespons laporan tersebut. Ia meminta Ditjen Imigrasi dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bertindak cepat sebelum terjadi eksodus besar-besaran.

"Saya baru tahu nih ada WNA bisa masuk ke Indonesia. Ini informasi penting, tolong didalami, karena kita ini masih melakukan pelarangan WNA masuk, kecuali kalau dia punya kitas, di luar itu tidak boleh," tegas Doni.

"Dirjen Imigrasi dan Kemlu, tolong jangan sampai kita membiarkan kedatangan WNA. Satu sisi mudik tidak boleh, tapi ada WNA yang difasilitasi," kata Doni.

Situasi pandemi COVID-19 di India

Pemerintah India pada Kamis (22/4) ini melaporkan lebih dari 300.000 kasus infeksi virus Corona dalam 24 jam terakhir. Ini merupakan angka harian tertinggi di dunia, sedangkan kematian terkait COVID-19 juga melonjak mencapai rekor.

Menurut data Kementerian Kesehatan India, tercatat 314.835 kasus infeksi Corona dalam waktu 24 jam terakhir. Angka harian ini melampaui jumlah kasus harian tertinggi sebelumnya di dunia sebanyak 297.430 kasus, yang tercatat di Amerika Serikat pada Januari lalu.

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (22/4/2021), Kementerian Kesehatan India menyatakan total kasus infeksi Corona di India sekarang mencapai 15,93 juta kasus, sedangkan jumlah kematian bertambah 2.104 menjadi total 184.657 kematian.

Disebutkan bahwa 22 pasien COVID-19 di sebuah rumah sakit di India meninggal pada Rabu (21/4) ketika pasokan oksigen ke ventilator mereka terganggu karena kebocoran.

Tragedi itu terjadi di saat India berjuang melawan kekurangan pasokan medis yang parah selama gelombang kedua infeksi virus Corona yang ganas. Rumah sakit di ibu kota India, New Delhi, bahkan nyaris kehabisan pasokan oksigen karena infeksi terus meningkat di negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa itu.

Perdana Menteri Narendra Modi tak memungkiri gelombang kedua Corona yang melanda negara itu seperti badai.

"Situasi terkendali hingga beberapa minggu yang lalu, dan kemudian gelombang kedua (virus Corona) datang seperti badai," kata Modi.

Dalam beberapa minggu terakhir memang berlangsung kegiatan yang memunculkan kerumunan di India. Salah satu kegiatannya adalah festival keagamaan Kumbh Mela, yang dihadiri jutaan orang.

Bahkan, tidak hanya kegiatan keagamaan yang digelar. Kampanye politik, pernikahan mewah, dan pertandingan kriket juga digelar, yang kemudian memunculkan kerumunan orang.


Sumber





Warga tidak boleh mudik, tapi pintu kagak ditutup buat orang India yang mau kabur ke Indonesia

emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 56 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Santai aja bray .... paling parah dari corona kan cuma mati doang

emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikkaan dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
covid sudah setahun birokrasi masih aja lelet macam siput
jepang aja sigap langsung lock semua pendatang walaupun punya resident permit
dah ga ada alasan lagi untuk tidka sigap lah
ganti aja menterinya tuh
asem menteri dari partai mikir partainya terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 35 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
Lah, gimana bisa kecolongan? Gebleg banget dah, imigrasi ga pake saringan? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
hari gini masih nerima warga asing, apalagi dari negara yg parah??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Goblok, imigrasi emang dari dulu tempat sogok menyogok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Corona Menggila, Orang India Kabur ke Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vnicce dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Terulang lg kayak tahun lalu .. masi nerima wisman dr china ... emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 3 lainnya memberi reputasi
tolong di ban saja itu visitor dari prindapan emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Bob and vegana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 4 lainnya memberi reputasi
apa gara2 ada mutasi ganda disana? makin ngeri jadinya..
jgn2 pandemi ini bakalan berlangsung selamanya... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terus mereka bebas masuk gitu? Lewat karantina dlu ga? Ah ngeue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ini masalah koordinasi dari tahun kemarin sampai sekarang ga beres beres.
Gobl*k semua.
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 9 lainnya memberi reputasi
guoblokkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
"Saya baru tahu nih ada WNA bisa masuk ke Indonesia. Ini informasi penting, tolong didalami, karena kita ini masih melakukan pelarangan WNA masuk, kecuali kalau dia punya kitas, di luar itu tidak boleh," tegas Doni.


Lho pie tho kie.... anjay, kagak ada pengawasan atau gimana?.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 9 lainnya memberi reputasi
corona di indonesia yang 'cuma' 4000-6000an belakangan ini sebenernya juga angka 'ilusi'...

karena indonesia sama india, harusnya sebelas dua belas dalam segi jumlah penduduk yang banyak, gila agama, banyak yang misqueen, dan tentu saja ga mau diatur...


welcome warga negara india di indonesia, the land of freedom w/ money...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Butuh ketegasan dari pimpinan/presiden.

Selama ini presidennya juga terkesan autopilot, gak jelas nyuruh anak buah / menteri harus gimana. Kalau presiden tegas, mau utamakan kesehatan dan korbankan ekonomi sementara, dia akan perintahkan Menkumham, Menlu larang WNA masuk (termasuk pemegang KITAP - KITAS) dan WNI dari luar negeri juga dijatah kuota utk kembali ke Indonesia. Buat prosedur tetap dari koordinasi Menlu dan Menkes dll, indikator kalau satu negara sudah pantas di-banned (misalnya lonjakan kasus harian udah berapa % dst). Kayaknya sampai sekarang belum ada prosedur kayak gini.

Nyatanya selama ini gamang bertindak, dari awal gak mau korbankan ekonomik. Sudah jelas, penanganan wabah 1/2 hati gak berhasil dan malah memperpanjang pandemi dan kesusahan ekonomi.

Kebingungannya doni monardo juga jelas disebabkan wewenang satgas covid terbatas. Mau nyuruh imigrasi stop terbitkan visa 211, mau nyuruh kemhub stop penerbangan, gak bisa karena ngelangkahin menteri.

Seharusnya saat ada wabah penanganan terpusat ada di (ke)menkes, bukan sekedar gugus tugas ad hoc yang wewenangnya serba terbatas. Presiden juga harusnya lebih aktif, kalau enggak anak buah kebingungan karena big boss gak jelas nyuruh apa.

Ada yg lebih parah, saat genting kayak gini, malah ngoceh soal pindah ibukotak emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wiry
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Meneketehe.....
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan samsol... memberi reputasi
Tadi ada beritanya ya disana sehari 300 ribu penularanya. Ya uda diterima, dikarantina, yg sakit diisolasi.
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan samsol... memberi reputasi
problem akut bangsa ini yg susah hilang ...
- Ego sektoral + Miskoordinasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di