CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
MANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGAN MENJADI SABUN RAMAH LINGKUNGAN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60815f2a33fadd4cfa7a02dc/manfaatkan-lidah-buaya-dipekarangan-menjadi-sabun-ramah-lingkungan

MANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGAN MENJADI SABUN RAMAH LINGKUNGAN

Punya tanaman lidah buaya yang melimpah dipekarangan? Yuk kita olah menjadi sabun yang ramah lingkungan

MANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGAN MENJADI SABUN RAMAH LINGKUNGAN

Sebenarnya kita bisa membuat sabun sendiri di rumah lo. Sabun kan hanya hasil reaksi antara air, minyak dan alkali. Reaksi ini disebut dengan reaksi saponifikasi.

Nah loh memang air dan minyak bisa bersatu?

BEGINILAH TUTORIAL UNTUK MEMANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGANMU MENJADI SABUN

Tahap Pertama
Jika kalian tidak memiliki lidah buaya kalian tetap bisa membuat sabun dari air, minyak dan alkali. Alkali yang biasa dipakai adalah Natrium Hidroksida atau soda api.

Berbahaya ngga nih?
Tidak asal takarannya tepat ya kalian bisa mendapatkan formula yang tepat dengan menggunakan lye calculator.

Pada tutorial ini kami akan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya yang fresh hilangkan dulu getahnya kemudian ambil dagingnya lalu blender. Hasil blenderan ini lah yang kita akan bekukan, kalian bisa gunakan cetakan apapun untuk membekukannya. Kalau kalian hanya pakai air, airnya dibekukan juga ya.

MANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGAN MENJADI SABUN RAMAH LINGKUNGAN

Tahap Kedua
Setelah larutan lidah buaya membeku, keluarkan dari cetakan dan kita siap mereaksikan dengan alkali atau disini kita menggunakan Natrium Hidroksida. Tujuan dari membekukan bahan yang akan direaksikan dengan Natrium Hidroksida adalah agar panas yang dihasilkan bisa ditekan dan tidak menimbulkan gas yang banyak. Jika tanpa dibekukan maka akan terjadi peningkatan suhu dan muncul gas yang relatif banyak akibat reaksi dengan Natrium Hidroksida.

Tambahkan NaOH secara bertahap sesuai dengan perhitungan hingga seluruh larutan lidah buaya mencair. Ketika menggunakan lidah buaya kalian akan menemukan sesuatu seperti gel setelah semuanya mencair, itu tidak masalah kalian bisa tetap gunakan atau tidak.

Tahap Ketiga
Mencampur larutan dengan minyak yang sudah dipersiapkan. Kalian bisa menggunakan minyak nabati apa saja sesuai dengan yang kalian punya seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kanola, minyak sawit, dan minyak nabati lainnya. Setiap minyak akan memberikan karakter yang berbeda pada sabun yang dihasilkan itulah sebabnya kalian bisa menyesuaikan sabun yang kalian ingin buat melalui minyak.

Jika kalian akan mengaduk secara manual menggunakan pengaduk kayu atau plastik akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan handmixer. Namun tidak membuat hasilnya berbeda. Ketika kalian menggunakan spatula hanya perlu mengaduk 1-2 menit kemudian mengistirahatkan 10 menit, lalu dilanjutkan kembali mengaduk 1-2 menit sampai tekstur campuran mengental dengan meninggalkan jejak. Apabila kalian menggunakan handmixer maka proses pencampuran hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja hingga diperoleh tekstur yang diinginkan. Kalian bisa menambahkan pewangi ataupun essential oil ya untuk memberikan aroma pada sabun kalian sesuai selera.

MANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGAN MENJADI SABUN RAMAH LINGKUNGAN

Tahap Keempat
Cetaklah sabun dengan cetakan yang kalian punya. Jika sabun hanya untuk penggunaan pribadi tidak ada aturan yang mengekang ya bahwa harus dicetak menggunakan cetakan silikon. Kalian bisa memanfaatkan media berbentuk dan memberi lapisan plastik lalu memasukkan sabun yang siap di cetak. Biarkan sabun ini selama semalam

Tahap Kelima
Setelah semalam maka sabun siap untuk dipotong sesuai selera kalian. Sabun ini belum bisa langsung dipakai karena butuh didiamkan selama kurang lebih 4-6 minggu untuk siap digunakan. Sabun seperti ini sudah setara sabun kastil atau sabun organik yang berbahan dasar minyak zaitun, air dan alkali. Namun tentu bukan untuk diperjualbelikan secara umum ya, ingat selalu setiap produk yg diperjualbelikan apalagi kosmetik harus ada ijin dari pihak yang memiliki hak untuk mengeluarkan ijinnya. Jadi sabun seperti ini untuk penggunaan pribadi dan terbatas ya mungkin untuk souvenir juga bisa.

MANFAATKAN LIDAH BUAYA DIPEKARANGAN MENJADI SABUN RAMAH LINGKUNGAN

Begitulah cara membuat sabun skala rumah tangga dengan memanfaatkan lidah buaya dipekarangan. Sabun ini alami dan ramah lingkungan. Semoga tutorial ini bermanfaat.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Pic : me
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Wah lumayan nih bisa bantu emak hemat sabun. Thankyou gan sangat bermanfaat
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan putunoviyanti memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap neh sist bisa buat sahun sendiri
profile-picture
putunoviyanti memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lidah buaya di pekarangan ane, sering dibiarin gitu aja sampe menguning, palingan kalo ga malas buat creambath rambut, bisa nih dicoba buat sabunnya .Thanks GanSis info threadhya.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
takaran soda apinya berapa ml
sabun organik homemade, bisa hemat kagak beli beli sabun hehehe
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waa menarik sekalii tipsnya. Baru tau ane kalo lidah buaya bisa dijadikan sabun.. nice threads.. yang ane tau dibuat minuman aja nih lidah buaya
lha gak ada gramasinya ... harusnya yg akurat ukurannya
profile-picture
cewieClown memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wih info baru, terimakasih ilmunyaa
kok lucu gini bisa dijadiin sabun? baru tauu ane kemana aha
Post ini telah dihapus oleh KS06
Wah makasih kak infonya. Next coba buat deh
pengen nyoba buat tapi takut fail wkwkwkwkw, tapi mayan banget bisa buat sabun sendiriii. ane punya tmn juga bisa buat sabun cem ginii
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Biasanya lidah buaya juga buat shampo rambut
wooooah, keren. mau coba deh nanti nanti, lumayan jadi ga butuh beli sabun lagi wkwk.
Wah bisa dibikin sabun juga yaa.. biasanya cuman buat rambut aja sih(*dan itu pun jarang karna mager :"")
Kalo agannya pake minyak apaa nih buat bikin sabunnya?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalo ane biasanya make lidah buaya buat ane jadiin hair mask hehe
bikin rambut jadi lembut ga kusut
profile-picture
putunoviyanti memberi reputasi
penasaran emoticon-Malu pengen coba ah
ad kasiatnya gk? ya berbusa gitu gan?
ahaha tapi ribet juga ga sih gan mengolahnya haha
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di