CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Perhatikan Ini, Penyebab Rem Mobil Blong
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6080f9356084b502dd0c615f/perhatikan-ini-penyebab-rem-mobil-blong

Perhatikan Ini, Penyebab Rem Mobil Blong

Perhatikan Ini, Penyebab Rem Mobil Blong

KabarOto.com - Saat kita melakukan perjalanan jauh, melewati tanjakan dan turunan, tentu pernah merasakan rem yang tidak berfungsi dengan baik. Hal itu ternyata disebabkan rem overheating.

Penyebabnya penggunaan kampas rem yang terlalu berat (sering digunakan) sehingga koefisien geseknya menurun drastis. Hal ini juga akibat kebiasaan pengendara menekan pedal rem saat di turunan panjang, tidak memanfaatkan gigi rendah sebagai fungsi engine brake.

Hal tersebut di atas, membuat kampas menjadi panas berlebih tidak bisa menahan putaran cakram atau tromol rem. Kampas rem overheating merupakan salah satu penyebab utama rem mobil blong, laju mobil tidak bisa dikurangi dan mengakibatkan kecelakaan.

Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 mejelaskan beberapa penyebab rem overheating. Rem blong menurut dia, bisa kejadian tiba-tiba. hal ini disebabkan pengemudi yang cuma mengandalkan rem utama untuk mengatur kecepatan mobil di jalan menurun.

"Padahal, bisa memanfaatkan efek engine brake dengan cara menurunkan rasio gigi transmisi,” ujar Nur Imansyah Tara.

Rem mengalami panas berlebih bisa disebabkan juga karena ada udara di sirkulasi minyak rem. Sehingga terjadi oksidasi dan menghasilkan uap air yang akan menguap saat panas dan membuat tekanan minyak rem menurun sehingga rem gagal bekerja.

Sebab lainnya adalah kualitas cairan rem yang mulai memburuk karena terpengaruh pergantian suhu atau kedaluwarsa, adanya endapan lumpur di dalam sistem rem, karat di perangkat rem berbahan besi sehingga merusak senyawa kimia cairan rem. Serta slang dari bahan karet yang getas sudah tidak fleksibel atau pecah saat menerima tekanan berat.


Sumber: Link
Harus sering2 cek kendaraan kita masing2 gan sebelum dipakai
berapa lama gan harus dilakukan pengecekan rem biar tidak terjadi masalah ini?


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di