CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
'Biddeng Cao' Wedang Khas Pelosok Madura, Takjil Yang Bikin Tubuh Sehat!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6080a9f77afde4318446f7a4/biddeng-cao-wedang-khas-pelosok-madura-takjil-yang-bikin-tubuh-sehat

'Biddeng Cao' Wedang Khas Pelosok Madura, Takjil Yang Bikin Tubuh Sehat!



'Biddeng Cao' Wedang Khas Pelosok Madura, Takjil Yang Bikin Tubuh Sehat!
dok.pri: gambar biddeng Cao

Selamat pagi para kaskuser ….

Bagaimana puasanya, masih lancar kan? Semoga lancar sampai akhir nanti, ya.

Bulan Ramadhan tahun ini ternyata bertepatan dengan masa pancaroba. Kita pasti tahu jika pada masa itu biasanya banyak orang yang mudah terserang penyakit, seperti demam, batuk dan pilek. Yang banyak diserang biasanya anak-anak dan akan menular dalam satu keluarga.


Karena itulah, di bulan Ramadhan kali ini aku sengaja bikin minuman atau takjil yang hangat-hangat dan mengandung manfaat untuk kesehatan.


Oke, langsung saja ke pembahasan pokoknya.


Jadi, di thread ini aku akan mengenalkan sekaligus menulis resep tentang wedang hangat yang pernah menjadi favorit pada zaman dahulu di tempat yang aku tinggali sekarang, Madura.

Sebenarnya minuman ini dahulu sering dijumpai pada saat-saat lebaran dan menjadi wedang khas penyambut tamu kala lebaran. Namun, sekarang sudah sulit ditemukan karena sudah tergantikan dengan minuman yang lebih praktis.


'Biddeng Cao' Wedang Khas Pelosok Madura, Takjil Yang Bikin Tubuh Sehat!
dok.pri: gambar biddeng Cao

Semua pasti tahu dan pernah merasakan yang namanya wedang, kan? Nah, wedang yang akan aku perkenalkan di Madura dinamakan atau biasa disebut 'Biddeng Cao'.


Saat mendengar nama Cao pasti yang terbesit dipikiran gansis berhubungan dengan cincau, ya. Sebenarnya sama dengan pas awal aku mendengarnya, kupikir ini wedang dengan toping cincau, eh ternyata jauh banget dari kenyataannya.


Jadi, wedang ini terbuat dari campuran rebusan daun pandan dan batang sereh dan yang bikin unik itu topingnya yang memakai kacang bawang atau kacang tanah yang dikupas.


Okelah, biar tidak terkesan bertele-tele, kita langsung ke bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya.


Quote:



Rasa dan bau dari wedang ini sangat khas sereh, segar banget pokoknya. Selain dijadikan wedang, minuman ini juga bisa dijadikan minuman dingin dengan ditambah es batu dan itu tidak mengubah rasanya. Tetap segar dan khas di lidah.

Kalau pun tidak habis, sisa dari wedang ini bisa disimpan di kulkas dan bisa dinikmati keesokan harinya.

'Biddeng Cao' Wedang Khas Pelosok Madura, Takjil Yang Bikin Tubuh Sehat!

'Biddeng Cao' Wedang Khas Pelosok Madura, Takjil Yang Bikin Tubuh Sehat!

dok.pri: gambar sereh

Seperti yang kita tahu bahwa sereh menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Seperti, dapat mengatasi gangguan percernaan, meredakan flu dan memelihara daya tahan tubuh.

'Biddeng Cao' Wedang Khas Pelosok Madura, Takjil Yang Bikin Tubuh Sehat!
dok.pri: gambar daun pandan

Begitu juga dengan daun pandan yang juga memiliki khasiat untuk kesehatan, diantaranya, meredakan demam, menambah nafsu makan.

Jadi, menurutku, wedang Cao ini cocok banget dinikmati di masa pancaroba seperti sekarang ini.


Namun, dua bahan ini (sereh dan daun pandan) meski banyak memiliki khasiat untuk kesehatan, tapi tidak bisa dijadikan obat utama. Karena belum ada takaran-takaran resmi untuk mengonsumsinya.

Nah, kebetulan bahan utama dari wedang Cao (daun pandan dan sereh) ini tidak perlu aku beli karena bapak mertua menanamnya di sekitar rumah. Jadi, tinggal ambil saja.

Yang aku beli cuma gula, kacang, sama pewarna, sedangkan frambozen aku dikasih Mbak ipar karena aku belanjanya di toko Mbak iparku.

Quote:



Oke, itulah menu minuman manis dan sehat untuk menyambut buka puasa sebelum beralih ke menu yang berat (nasi dan lauk).


Semoga bermanfaat dan terima kasih.

@istijabah
Referensi: pengalaman pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
macaulay dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh istijabah
Halaman 1 dari 2
Bahannya gampang ditemukan dan nggak ribet buatnya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kirain sereh cuma buat bumbu bikin masakan, ternyata bisa buat bikin minuman juga ya emoticon-Ngakak keren nih infonya
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan istijabah memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Dibikin anget enak itu kyknya mbk pas lg hujan
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah nambah lagi referensi minuman anget-anget emoticon-Big Grin kapan2 coba bikin mumpung gampang bikinnya
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Josss,,,
Nyaman bre,,,
emoticon-2 Jempol
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Iya, biasanya diminum hangat-hangat emang, tapi bisa juga dikasih es

Quote:


Ini gampang banget bikinnya

Quote:



Hangat dan gurih-gurih kriuk ya
Wahh segerr juga nih sepertinya ya, minuman khas dari madura ini
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan istijabah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Enak dan berkhasiat. Sayangnya disini susah cari yang jual prambos
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan istijabah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Di tempat lain (di Madura juga) aku belum pernah nemu wedang ini, tapi kata Mbak ku itu wedang pas zaman dulu.

Quote:


Skip aja gak papa, ini aku gak pakai Prambos karena gak suka baunya
Waahh ini nih udah seger menyehatkan nih, thanks resepnya gan ane bakalan cobain haha
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wahh baru tau nih ada wedang cao...
dari tampilannya kek wedang uwuh dikasih kacang gitu
ee ternyata bahan utamanya serai sama pandan yak
penasaran rasanya kek gimana emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ini keknya seger dan anget banget kalo udah diminum yaaa
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Sama-sama
Bahannya mudah didapat kok, ya

Quote:


Wedang uwuh itu yang kek mana, ya gan?

Quote:



Betul segar+hangat dicampur gurih nya kacang emoticon-2 Jempol
Diubah oleh istijabah
Kok pake kacang segala ya, jadi penasarn rasanya gimana hehee
Pake kacang ya buat toppingnya.. Jadi keinget wedang ronde yg mirip mirip begitu.. Bedanya toppingnya lebih macem macem
sangat berguna, terimakasih infonya kak
lebih mirip wedang kacang ya gan, kalau di Solo Jogja ada ronde, asle dan kawan kawannya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru tau kalau ada minuman ini keliatannya sehat gitu bnyak jamu2an
kayaknya juga gampang dibuatnya gan, dan ga susah bahan2nya, pantas dicoba ini
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yups mudah dibuat dan kayaknya bagus buat tubuh minumannya, ada serainya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di