CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Tahu Aci Plus Jeniper Selasih, Takjil Andalan Ane Saat Ramadhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608031319276f641bd238845/tahu-aci-plus-jeniper-selasih-takjil-andalan-ane-saat-ramadhan

Tahu Aci Plus Jeniper Selasih, Takjil Andalan Ane Saat Ramadhan

Tahu Aci Plus Jeniper Selasih, Takjil Andalan Ane Saat Ramadhan
Hai hai Agan dan Sista, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankanemoticon-terimakasih

Bulan puasa tak lengkap rasanya jika tak ada takjil sebagai teman berbuka puasa. Untuk tahun-tahun sebelum corona melanda bumi pertiwi, ane biasanya ngukur jalan tiap sore mencari takjil yang berbeda setiap harinya. Semua terlihat menggiurkan, tapi ane dan anak-anak lebih suka makanan gurih dibandingkan makanan manis untuk makanan berbuka sebelum menyantap makanan berat.

Untuk tahun ini dan tahun sebelumnya setelah pandemi, ane lebih memilih membuat sendiri makanan dan minuman untuk pendamping makanan berat kala suara sirine mengaung menandakan waktu Magrib aka waktu berbuka telah tiba. Cemilan favorite ane dan anak-anak adalah tahu aci plus jeniper selasih, pasangan yang klop!

Untuk bahan-bahan yang diperlukan nggak banyak, GanSist, bahan tersebut juga selalu tersedia di penjual sayur langganan ane. Deket rumah, nggak perlu jauh-jauh pergi ke pasar. Harganya pun terjangkau.
Quote:

Quote:

Bahan Tahu Aci

*Tahu satu bungkus : Rp. 3000
*Tepung kanji atau tapioka : Rp. 3000
*Daun bawang : Rp. 1000
*Penyedap rasa dan Garam

Pertama-tama, letakkan tepung kanji aka tapioka ke dalam wadah. Iris daun bawang atau bisa diganti daun kucai, lalu campur ke dalam wadah tepung yang telah disediakan. Beri penyedap rasa dan garam, aduk rata, sisihkan. Panaskan air hingga mendidih, setelah mendidih segera tuang ke dalam campuran tepung tapioka dan bahan lainnya, aduk rata hingga tepung menggumpal. Jangan terlalu banyak menuang air ya, GanSist, dikira-kira saja. Terlalu banyak mengaduk juga akan membuat adonan keras, jadi usahakan jangan terlalu lama mengaduk. Sisihkan.
Quote:

Belah serong tahu menjadi dua bagian, lalu isi dengan bahan aci yang telah diolah tadi. Sebelum mengisi dengan adonan aci, celupkan terlebih dahulu bagian tahu yang akan ditempel bahan aci dengan tepung tapioka kering. Tujuannya agar adonan aci menempel sempurna saat melalui proses penggorengan kelak. Lakukan hal yang sama untuk semua tahu, hingga tahu habis. Jika ada sisa adonan aci, GanSist bisa menggorengnya langsung menjadi cireng.

Untuk bumbu pendamping tahu aci, cukup ulek beberapa cabe rawit dan cabe merah dengan sedikit garam. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan selera masing-masing. Setelah halus, masukkan satu ketul gula merah atau gula aren, ulek hingga halus. Larutkan asam jawa dengan air matang, ngga perlu pake air hangat apalagi panas, ya, GanSist. Saring, kemudian campurkan ke dalam ulekan cabe dan gula merah, aduk rata. Sambal ala rujak siap menemani tahu aciemoticon-Wow

Untuk minumannya ane pilih jeniper aka jeruk nipis peras. Rasanya yang asem, manis, segar amat cocok dinikmati bersama gorengan tahu aci. Bahan-bahannya terbilang mudah dan murah meriah. Bermodalkan jeruk nipis seperempat kilo seharga Rp. 2500, GanSist bisa bolak balik membuat jeniper untuk teman berbukaemoticon-2 Jempol

Cukup peras satu buah jeruk nipis, kemudian masukkan beberapa sendok gula pasir. Tingkat kemanisan bisa diatur sesuai selera Agan dan Sista. Beri air, aduk rata hingga gula larut. Untuk penyajiannya, ane tambahkan sedikit selasih yang sebelumnya telah ane rendam air panas. Untuk menambah kesegaran biar lebih haqiqi, tambahkan juga es batu ke dalam jeniper selasih buatan GanSist, dijamiiiiinnn suuegerrrrremoticon-Matabelo
Quote:

Resep yang simple untuk rasa yang maknyuzz, bener-bener andalan ane di saat bulan puasa, GanSist. Silakan mencoba di rumahemoticon-welcome

Sumber gambar : dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 6 lainnya memberi reputasi
Semoga bisa memberi ide di saat para emak bingung mau bikin apaemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seger ngalahin sprait
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wih mantap seger kiye mamakee suhu enyoong.

Kapan2 resep tahu acine tek jajal.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jeniper mantabs
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jeniper itu jeruk nipis peras ya emoticon-Wakaka
ane baru tauuu, nice thread!
wah ketemu lagi ama jeniper emoticon-Ngakak itu bikin tahu aci takeran tepung ama aernya berapa ya.. ane gak pinter ngira2 emoticon-Frown
Seger bener ya...
Hmmm enak banget. Dapet lagi nih resep buat bukaaan
Baru tau es jeruk selasih di sebut juga jeniper


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di