CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6080268b48a1532eb7115af5/menu-takjil-sederhana-es-cincau-hijau-pilihannya

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya

Assalamu'alaikum Gansis

Selamat malam Gansis. Semangat ya walaupun tetap berpuasa di bulan Ramadhan bagi yang menjalankan.

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya
Marhaban ya Ramadhan. Tak terasa sudah delapan hari kita memasuki bulan puasa. Sekarang aktivitas memasak yang dilakukan ibu-ibu khususnya dilakukan pada sore hari. Biasanya sebelum Ashar ataupun sesudah Ashar baru mereka berkecimpung di dapur untuk menyiapkan makanan maupun takjil untuk berbuka puasa sekeluarga. Momen ini biasanya sangat ditunggu-tunggu karena puasa selama 12 jam menahan lapar dan haus.

Penjual makanan dan berbagai minuman untuk takjil sangat banyak di pinggir jalan. Sebanyak apapun penjual di sana dan syukurlah selalu banyak pembeli. Jadi dagangan mereka hampir tidak pernah terbuang.

Nah, mencari takjil itu sudah biasa kan. Bagaimana kalau membuat takjil sendiri di rumah dengan biaya sedikit. Kali ini aku akan membuat minuman yang segar, menyehatkan dan menjadi pelepas dahaga setelah berbuka puasa yaitu es cincau hijau.

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya
Bahan yang digunakan pun dapat ditemukan di toko-toko terdekat. Selain bahannya mudah didapat dan biayanya pun tidak menguras dompet. Apalagi sekarang sudah masuk tanggal tua, para ibu-ibu kadang mengirit uang belanja untuk sehari-hari.

Jika tidak punya tanaman cincau hijaunya, kalian bisa membelinya di pasar terdekat. Sekarang banyak kan yang jualan berbagai bahan untuk takjil.
emoticon-Blue Guy Cendol (S)


Tak menunggu lama, yuk lihat dan praktekkan cara membuat es cincau hijau :

Bahan :

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya
- 60 lembar daun cincau hijau
- 300 ml air matang
- 100 gr gula pasir
- 1/4 gr gula aren
- 1/8 kelapa sedikit tua
- 2 lembar daun pandan
- Es batu secukupnya
- Garam secukupnyaMenu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya

Cara membuat :

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya
- Cuci daun cincau hijau dengan air mengalir lalu masukkan ke dalam blender beserta air matang. Blender sampai benar-benar halus, lalu saring di wadah yang sudah disediakan. Tunggu beberapa menit nanti juga akan mengental seperti agar-agar.

- Parut atau blender kelapa lalu peras dan saring. Setelah itu, masukkan ke panci dan rebus. Masukkan daun pandan dan garam secukupnya.

- Di tempat terpisah, ambil air secukupnya lalu masukkan gula aren, gula pasir dan rebus sampai mencair. Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya


Saatnya penyajian:

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya
- Ambil cincau hijau yang sudah padat beberapa sendok dan masukkan ke dalam gelas yang sudah disediakan.

- Masukkan santan yang sudah direbus tadi dan gula aren secukupnyanya.

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya
- Terakhir, masukkan es batu secukupnya. Siap disajikan untuk menu takjil berbuka puasa.

Menu Takjil Sederhana, Es Cincau Hijau Pilihannya

Sangat mudah bukan cara membuat es cincau hijaunya. Biasanya membuat cincau hijau diremas-remas dengan air hangat. Namun, aku memilih cara yang lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Dikarenakan, saat puasa di sore hari adalah waktu untuk memasak, jadi lebih simple.

Kenapa harus menghitung daunnya? Karena jika kurang maka yang dihasilkan cincaunya tetap cair atau tidak bisa padat. Jika daunnya kebanyakan, nanti malah ampasnya yang terlalu banyak dan sari cincau yang dihasilkan lebih sedikit. Jadi, harus benar-benar memilih daunnya yang tua.

Cara membuat cincau hijau ini harus tepat memilih daunnya agar cepat padat. Yang dipilih adalah daunnya yang kaku atau tua. Harus dihitung berapa lembar yang akan digunakan karena jumlah tersebut akan menentukan keberhasilan saat membuatnya. Apalagi, air matang yang digunakan takarannya harus pas agar nanti cincaunya tidak gampang menyusut atau gagal padat. Selain itu, penggunaan dengan air matang lebih efisien karena nanti tidak perlu direbus lagi. Cukup diblender, saring dan tunggu cincaunya padat.

{thread_title}


Quote:


Nah, itulah cara membuat takjil es cincau hijaunya yang membuat kalian akan ketagihan saat meminumnya. Selamat menunaikan ibadah puasa Gansis.








Gresik, 21 April 2021
Sumber narasi : oppri
Sumber pict : dokpri dan disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muyasy
Halaman 1 dari 2
Segerr
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cocok banget nih puasa puasa bikin es cincau, bisa mencegah panas dalam.

Eh, tapi ane masih belum paham, itu daunnya harus dihitung biar apa ya?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Biar takarannya pas Om. Kalo kurang daunnya ntr encer dan kalo kebanyakn mlh ampasnya yg kebanyakn, sarinya dpt dikit.

Untung Om bilang td. Udah kuedit. Makasih sebelumnya
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan indrag057 memberi reputasi
Diubah oleh muyasy
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Gak punya daun cincau😭
profile-picture
profile-picture
muyasy dan indrag057 memberi reputasi
Quote:


Sini tak kasih bibitnya. Bakal gk bosen buatnya🤭
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Otw rumahnya embak, minta es cincaunya wkwk
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Mau dong pohon cincau hijau nya
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Ngabuburit ke sini y

Quote:


Kalo deket aku kasih Om. Nih tanemannya merambat
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
di kota susah nyari daunnya..
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Ane pernah bikin kok bau daun ya?
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Yg kutau jenisnya da 2 Gan. Pohon dan merambat. Punyaku yg merambat. Itupun jg dikasih temen dr Bali

Quote:


Biasa ja sih Gan kyk bau daun gitu.
Aku jg nanam pohon cincau hijau, besok bikin ah!
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Yuk, gasken Om!
Widihh.. pagi2 udh kena yg seger2emoticon-Ngakak
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Wkwk ... liatnya msh pagi pulaemoticon-Ngakak
Seger banget... Trit nya bagus... Semoga berkesempatan menang😍
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Aamiin ya rabbal alamiin. Makasih doanya y. emoticon-Blue Guy Smile (S)
Seger banget dah ini kayaknya 🤤
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Seger banget lah Bang. Liatnya pas siang giniemoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
segerrr banget, beli daun cincau dimane ye ane cari dlu. nice thread !
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di