CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607fb12ce66f077e4a05995f/sadis-mana-junta-militer-myanmar-atau-orde-baru

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!



Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Myanmar berdarah ratusan orang terluka dan kehilangan nyawa, mereka menuntut keadilan. Namun semua itu sia-sia, suara di bungkam penembakan bagi pembangkang terus berjalan.

Ekonomi Myanmar pun seakan lumpuh, kedamaian jauh didepan mata junta militer terus mengasah senjata untuk melanggengkan kekuasaan di tanah yang mereka tempati.

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Jenderal Min yang mengkudeta pemimpin sipil Aung San Suu Kyi, tentu ada alasannya walau hanya klaim sepihak Jenderal Min Aung Hlaing memberikan alasan bahwa telah terjadi ketidak adilan dalam pemilu yang dimenangkan Aung San Suu Kyi yang kini menjadi tahanan politik.

Lantas apa selanjutnya langkah sang Jenderal? Akan memberikan pemilihan umum yang lebih jujur dan adil. Namun hal itu dianggap lucu oleh para pendemo yang merasa demokrasi sengaja di suntik mati, yang membedakan demo Myanmar dengan Indonesia adalah ketertiban tak ada yang menjarah toko-toko. Apalagi sentimen ras, hingga pembakaran terjadi semua itu tidak ada yang ada hanya berisik menyuarakan pendapat hingga harus berhadapan dengan polisi, bisa dibilang aksi ini murni politik.

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Hal ini pernah terjadi ketika masa orde baru, peralihan kekuasaan orde lama yang dikudeta merangkak oleh orde baru tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Walau terasa bukan kudeta, tapi akhirnya Sukarno seperti tahanan rumah hingga sakitnya menyerang.

Bahkan organisasi politik yang bernama PKI pun hangus tinggal nama, para simpatisannya ada yang bertemu dengan Tuhan ada juga yang terlunta-lunta di Penjara. Setelah orde baru lahir, siapa berani yang bersuara menentang kebijakan Suharto dijamin besok hilang tanpa jejak.

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Hingga tibalah keputusan di tahun 1998 yang membuat Indonesia terpuruk dari segi ekonomi, gelombang reformasi bukan tanpa tumbal beberapa mahasiswa pun rela meregang nyawa. Bahkan kerusuhan yang memilukan terjadi, suasana ibukota mencekam, suku, ras dan agama sangat meruncing dimasa itu.

Rakyat sipil ikut menjadi korban, pembakaran toko sengaja dilakukan agar ada korban yang sedang sibuk menjarah. Disinilah kita merasa bangsa ini tak lebih dari penjahat yang mengagungkan ramah tamah.

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Kudeta militer saat itu bisa saja terjadi, tapi sepertinya kekuasaan di tangan Habibie yang menggantikan Suharto dapat meredam hal itu semua.

Pengerahan pasukan kostrad di bawah kendali Prabowo membuat Habibie mencopot jabatan Letjen Prabowo Subianto sebagai Panglima Kostrad pada 23 Mei 1998, yang digantikan oleh Letjen Johny Lumintang.

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Debat antara Prabowo dan Habibie pun tak terelakkan, dan Prabowo ingin memegang pasukannya dalam beberapa hari saja namun ditolak. Ia juga menyanggah akan kudeta militer, karena saat itu pasukan kostrad mengepung kediaman Habibie untuk menjaga Presiden, walau Habibie membantah itu bukan tugas kostrad tapi paspampres. Setelah itu karir Prabowo pun menghilang hingga saat ini sukses menjabat sebagai Menteri.

Namun yang menarik, rintihan dan jerit sipil yang ditembaki, yang terbakar dalam kerusuhan yang "katanya" ada yang bermain bukan dari keinginan masyarakat sendiri. Ini menjadi tanda tanya apakah militer sebenarnya ada gerakan ingin inskonstitusi?

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Hingga saat ini cerita kelam itu masih abu-abu, namun buat ane ketika militer sudah mengambil alih tentu keduanya sama-sama sadis. Walau Indonesia tidak ada sejarahnya kudeta militer namun pemberontakan oleh bagian militer kerap terjadi.

Sebagai seorang prajurit akan tunduk pada pimpinan, bahkan pemberontakan di Indonesia hampir seluruhnya ada peran militer di dalamnya. Permesta, PKI, DI TII, Apra dan lainnya tak lepas dari militer yang tidak sejalan dengan kubu militer lainnya.

Untuk itu ketika saat ini demokrasi kita sudah kebablasan, hingga hate speech menjadi biasa apakah kita masih memerlukan pemimpin eks militer?

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

Sebenarnya yang di inginkan rakyat itu simple, cari makan mudah, ekonomi berjalan, damai dan aman, kerjaan gampang agar banyak uang, beribadah tak dipersulit, tak ada sentimen ras. Maka siapapun pemimpinnya mereka akan tutup mata!!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 56 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 5
Ya jelas orba
Lah wong blm pernah ngerasain warga burma
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan 10 lainnya memberi reputasi
Jangan Pernah Lupakan Sejarah emoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pengennya sih kayak disini, cuma Junta terlalu mencolok.. kalo orba walaupun korbannya para jendral dan berdarah-darah namanya tetep cakep.

Untuk sementara waktu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 13 lainnya memberi reputasi
"...cari makan mudah, ekonomi berjalan, damai dan aman, kerjaan gampang agar banyak uang. "

Sadis Mana? Junta Militer Myanmar Atau Orde Baru!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kena.semprot
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Sama saja deh "kayaknya"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Kekejaman bukan untuk dikompetisikan sekecil apapun...sebesar apapun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
reformasi 98 bisa sukses karena militer sendiri ga searah sekata.
mereka sudah beda suara saat kekuasaan harto mulai melemah.
clik benni gerak di belakang layar ngompori reformasi dari tahun 1980 an akhir. byk kepentingan di 98, keliatan bgt militer kubu tertentu ada dibaliknya..hampir tiap daerah punya masalah sendiri.
jogja pembakaran mall2, jakarta rusuh, jawa timur pembunuhan ulama dan dukun santet, poso ahsudahlah, kalimantan sampit...rame sekali waktu itu.
anehnya panglima abri malah bawa pati2 nya ke malang...ya rusuh, ga ada komando.

klo junta myanmar ini lak militernya patuh semua ama jendral besarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pgcililitan dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 33 balasan
Ane jelas belain orba dibanding junta militer Myanmar,
diluar politik dan korupsi bla bla ...
Yg ane rasain kerja cari duit dan keamanan semua stabil.
Indonesia disegani banget sama tetangga-tetangga.

Kalo bicara rakyat dimanja dibuai dengan subsidi dan utang luar negri menumpuk, sampai suatu hari (mungkin) akan negara kolaps. Bicara sesuatu yg belum terjadi ya suka-suka pengamat, sampai sekarangpun bpk Jokowi juga sama kan udah berusaha bangun Indonesia tapi tetap banyak yg cibir tentang utang luar negri.

Mengenai kerusuhan yg berujung turunnya pak Harto menurut saya gak murni rakyat tapi ada yg nunggangin. Lihat aja sesudahnya kan tokoh-tokoh yg muncul saat itu berebut kekuasaan semua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaskus_ranger dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indrastrid
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
ts ngawur gak baca berita, ya sadis junta myanmarlah, kerusuhan malah nembakin granat high explosive ke demonstran sipil, ratusan yang modar cuma pakai 1 pelontar granat, dimari anggota tni gak ada yang nembak pakai peluncur granat sampai ratusan yg mati waktu kerusuhan mei 98, paling banter pakai peluru tajam yg mati bisa dihitung jari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jerrystreamer1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sama aja, orde baru itu juga junta militer.
Junta militer Myanmar itu juga terinspirasi oleh orde baru.
Tapi gw pengen lihat itu orang2 di sini yg suka demo lihat di Myanmar sana, baru demo aksi protes aja di bredel tembakan, itu senjata asli, bukan peluru karet bukan gas air mata.
Di sini tukang demo baru dedengkotnya diamankan aja udah bilang zolam zalim.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yuwen dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
orba jelas....muke gile, kenapa ga bandingin aja sekalian nazinya jerman klo niat...emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 4 lainnya memberi reputasi
Nah bener,
Pas awal awal konflik ane sempet kepikiran,rusuhnya kayak di indo ga ya ..yg bakal melebar kemana mana,toko orang dijarah,rasis,dll .

Ternyata nyatanya ngga!
Ane kira ras asia tenggara emang semua warganya bodoh dan bar bar,ternyata engga,emang orang indonesia aja yg bodoh dan dungu.

Segitu myanmar negara yg lebih kecil dari kita,ane udh muak tinggal disini.lama lama bisa disusul myanmar juga kita πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Singapur,thailand,malaysia,vietnam udh lebih maju,gila aja jaman ane sd cuma singapur doang yg dianggep negara yg lebih diatas indo,skrg udh malaysia,dan vietnam.

Lama lama laos dan myanmar deh!

Negara ini udh ga bisa diselamatin πŸ™
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lightbeings dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kejam ya kejam, gk ada istilah lebih kejam mana dan gk bisa di compare

Kekuasaan absolut rentang pelanggaran
Menurut ane tapi ya
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Orba masih lebih sadis
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan c4punk1950... memberi reputasi
Sama sama represifnya sih gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 2 lainnya memberi reputasi

harusnya politik gk melibatkan masyarakat

tapi gk tau juga, mungkin itu memang yg terbaik buat mereka,
katanya dulu sebelum masuk ke Indonesia Jepang perang sama Inggris di Myanmar (?)
emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh xelouw
Mereka mayoritas Budhist..percaya karma..ajaran Budha itu filosofi hidup dalam kebaikan. Baca buku Budha walaupun beda agama..pasti adem... nah itu beda sama.di mari
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan c4punk1950... memberi reputasi
Quote:


Keseimbangan material dan spiritual itu adalah kunci masyarakat mau maju, jadi ga melulu dicekokin materi dan perilaku konsumtif duniawi.

Menutup mata itu memang hanya buat yang benar-benar buta akal dan nurani saja, a good civil society pasti akan selalu menilik reputasi, jejak sejarah dan apa yang sudah diperbuat oleh pemimpin. Ya memang pilihan : apakah kita mau tetap menganggap bodoh masyarakat? Masa bodoh? atau justru klta empower masyarakat untuk lebih bisa mengerti sejarah dan geopolitik yang ada?

Itulah tugas rekan-rekan sebagai pemimpin dimasa yang akan datang.

Untuk pertanyaan sadis mana? Namanya kudeta itu adalah inkonstitusional apapun ceritanya dan alasannya.

Jadi dua-duanya sami mawon, tapi orba sedikit lebih unggul dalam jumlah membantai manusia warganya sendiri. Itu saja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakpenakut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gembok,,,
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di