CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Kisah 3 Srikandi, Tiga Putri Bangsa Peraih Medali Olimpiade Pertama Untuk Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607fafc86678275b023b9aa4/kisah-3-srikandi-tiga-putri-bangsa-peraih-medali-olimpiade-pertama-untuk-indonesia

Kisah 3 Srikandi, Tiga Putri Bangsa Peraih Medali Olimpiade Pertama Untuk Indonesia

Kisah 3 Srikandi, Tiga Putri Bangsa Peraih Medali Olimpiade Pertama Untuk Indonesia
(Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani/Teresia May ANTARA)

Agan dan Sista, kenal nggak sama wajah-wajah cantik di atas? Mereka adalah Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani, atau trio srikandi panahan Indonesia yang berhasil meraih medali Olimpiade pertama untuk Indonesia.

Momen tersebut terjadi pada Olimpiade Seoul 1988, dimana Timnas Panahan Putri Indonesia sukses mendapatkan medali perak cabang olahraga (cabor) panahan nomor beregu putri.

Kisah 3 Srikandi, Tiga Putri Bangsa Peraih Medali Olimpiade Pertama Untuk Indonesia
(Donald Djatunas Pandiangan dan 3 Srikandi/movieexplorers.com)

Sejarah besar yang baru bisa terlaksana setelah 36 tahun berpartisipasi di Olimpiade tersebut terjadi di Lapangan Panahan Hwarang, Kompleks Militer Seoul, Korea Selatan.

Apakah hasil ini sudah ditargetkan sebelumnya? Tidak sama sekali, sebelumnya trio srikandi ini gagal di nomor perorangan putri. Nurfitriyana Saiman terhenti di babak semifinal, sedangkan Kusuma Wardhani dan Lilies Handayani langkahnya hanya sampai ke perempat final.

Jauh sebelum itu, perjuangan mereka untuk menjadi wakil Indonesia luar biasa. Di bawah asuhan tim Robin Hood Indonesia alias Donald Djatunas Pandiangan, tiga srikandi ini sempat sangat menderita: Diisolasi jauh dari Ibu kota, asrama pelatihan yang angker dan bapuk, menu latihan pertama bukanlah tentang panah melainkan mencabuti ilalang tinggi di depan asrama, tidak ada waktu rehat; bahkan sekadar ingin menyegarkan diri untuk menonton "Catatan Si Boy" di bioskop saja mereka harus mengendap-endap dan memanjat pagar asrama yang tinggi, itupun kena marah pula!

"Terus terang kami sempat marah dan kesal pada Bang Donald, karena kami merasa mendapat perlakuan tidak manusiawi," tutur Kusuma Wardhani dalam wawancaranya bersama Juara.net.


Penderitaan tidak berhenti sampai disana, olahraga panahan yang kala itu masih belum familiar di mata masyarakat Indonesia pun mendapat perlakuan yang berbeda. Trio srikandi mengungkapkan cabor mereka seperti disepelekan.

Hal tersebut terlihat ketika Presiden Indonesia kala itu, Soeharto dalam acara penjamuan atlet-atlet yang akan berangkat ke Seoul tidak menyebut cabor panahan dalam pidatonya, melainkan hanya olahraga-olahraga yang populer seperti atletik, tinju, dll. Alih-alih sedih dan patah arang, semangat Trio Srikandi dan Donald pun semakin terbakar. Bagi mereka, perlakuan itu salah satu cambuk yang membuat mereka berhasil mendapatkan pencapaian besar tersebut.

Kisah inspiratif mereka ini akhirnya diangkat menjadi sebuah film bertajuk 3 Srikandi (2016) yang diperankan oleh Reza Rahadian, Tara Basro, Chelsea Islan, dan Bunga Citra Lestari.

Kisah 3 Srikandi, Tiga Putri Bangsa Peraih Medali Olimpiade Pertama Untuk Indonesia

Dalam film tersebut, dikisahkan ketiga srikandi masing-masing mempunyai masalah yang berat sebelum akhirnya terpilih sebagai wakil Indonesia di Olimpiade. Nurfitriyana Saiman sempat terhalang restu sang bapak yang lebih memprioritaskan kuliah dibandingkan panahan, lalu Kusuma Wardhani yang dihadapkan dengan ekonomi keluarga yang morat-marit dan pilihan antara menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menjamin kesejahteraan hidup keluarganya atau panahan yang belum jelas nasibnya, dan Lilies Handayani yang harus memilih antara cinta, Ibu, atau impian.

Duh Gan Sis, waktu nonton filmnya air mata tuh ngucur blasss... filmnya bagus banget!

Jadi begitulah kisah perjuangan hebat perempuan Indonesia di dunia olahraga. Tanpa mereka, belum tentu dunia olahraga Indonesia bisa seberjaya ini di mata dunia. Terima kasih Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani! Namamu harum abadi layaknya Ibu Kartini.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anyahebat
Selamat Hari Kartiniemoticon-terimakasih
keren sih mereka bertiga, walaupun sinarnya agak tertutup di Olimpiade ama prestasi Susy Susanti yang dapet emas 4 tahun setelahnya emoticon-Shakehand2
Ini sempat difilmkan kan yak. Selamat buat kartini kartini modern yang membawa harus nama bangsa
Kereeeennnn. Ternyata yg di film itu beneran ada yaaa
Udah nonton,bagus filmnya,inpiratif
salut! para kartini Indonesia. selamat hari kartini untuk para perempuan Indonesia.
Wah mereka menginspirasi sekali, pahlawan di bidang olahraga. Yuk yang muda muda bisa dijadikan motivasi untuk berprestasi
keren banget, dan jangan lupa juga nonton filmnya juga keren banget gan!
Seru nih gan kalo film di angkat dari kisah nyata kek begini 😁
liat yg meranin filmnye kenape bagus2 amattt ada chelsea islan sm tara segalaa dan ceritanya seinspiratif itu cuyyy
kereeen
semangat juangnyaa menginspirasi banget
udah nonton filmnya dan bagussss sangat inspiratif, apalagi diperanin sama bunga, chelsea, dan tara basro
Semoga film ini memberikan inspirasi untuk generasi mendatang gan. Terutama untuk wanita-wanita nya. Ane udah nonton gan, berjuang menjadi wanita kuat memang butuh banyak pengorbanan. emoticon-Big Kiss


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di