CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
7 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, Agar Belajarmu menjadi Menyenangkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607f478f8c801d112f6a2add/7-cara-meningkatkan-motivasi-belajar-agar-belajarmu-menjadi-menyenangkan

7 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, Agar Belajarmu menjadi Menyenangkan

7 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, Agar Belajarmu menjadi Menyenangkan

WMCofficial menyajikan hiburan bagi agan dan sista yang haus akan edukasi dan pengetahuan. Seluruh konten thread yang dibuat sebelumnya dipelajari terlebih dahulu sebelum di publish sebagai thread, jadi bukan asal-asalan membuat argumen. Seluruh kritik dan saran diterima dengan senang hati.

7 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, Agar Belajarmu menjadi Menyenangkan


7 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, Agar Belajarmu menjadi Menyenangkan


Kita semua sadar bahwa belajar adalah galat satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Tetapi masalahnya, terkadang kita malas buat melakukannya, merasa lelah terhadap hasil yang kita capai sekarang ataupun kita melakukannya dengan cara yg kurang tepat.
Orang yang rajin belajar berarti serius dan mempunyai komitmen dalam belajarnya, namun mereka pula memahami bagaimana caranya bersenang-senang. Semua itu dilakukan agar proses belajar menjadi menyenangkan dan perlahan-lahan kita bisa menyukainya.


Nah, berikut adalah langkah-langkah cara meningkatkan motivasi belajar kamu. Mari mengosongkan gelas dan siapkan catatanmu!

1. Buatlah Agenda Belajar

Hal pertama jika kamu ingin menaikkan motivasi belajar adalah dengan menciptakan perencanaan yang jelas. Jika kamu belajar tanpa tahu apa yang wajib  dilakukan selanjutnya, maka engkau  akan menghabiskan saat untuk hal-hal yg kurang penting, fokusmu sebagai teralihkan dan engkau  mampu kewalahan.

Cara membuat agenda belajar :

1. Buatlah daftar item apa saja yang hendak kamu pelajari.
2. Batasilah setiap item dengan jumlah waktu tertentu.
3. Buatlah agenda harian, mingguan dan bulanan.

Dengan membuat agenda belajar, kamu menjadi fokus dan tahu mana yang harus dijadikan prioritas. Sehingga membuat waktu dan cara meningkatkan motivasi belajar kamu menjadi produktif dan efisien.

2. Pahamilah Bagaimana Gaya Belajar Kamu


Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Dan setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa tip untuk gaya belajar:

Visual

Pelajar visual dapat belajar paling baik dengan menggunakan foto, gambar dan pemahaman tentang tata ruang. Jika Anda adalah tipe visual, maka bagan dan grafik mungkin berguna. Gunakan warna berbeda untuk menandai setiap topik.

Saat memperhatikan, Anda juga dapat menggunakan diagram alur untuk memahami konsep tertentu dengan jelas.


Auditori

Pelajar auditori dapat belajar paling baik melalui suara. Gunakan kaset pembelajaran untuk bermain, berbicara dengan seorang ahli atau berdiskusi dengan kelompok. Saat belajar, Anda juga akan mendengarkan musik dengan lebih nyaman.

Kinestetik

Pembelajar kinestetik akan belajar dengan baik melaui penggunaan badan, lengan dan keterampilan. Kamu dapat melatih diri dengan mencari kata-kata untuk memperkuat pembelajaran, menggunakan komputer untuk mengetes kemampuan dan mengingat suatu hal ketika sedang berjalan.

Untuk kamu yang belum mengetahui tentang gaya belajar yang baik, kamu bisa mencoba semuanya. Gunakanlah gaya belajar yang menurutmu paling nyaman, agar cara meningkatkan motivasi belajar kita semakin menyenangkan.

3. Istirahatlah

Istirahat juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Tidak ada yang bisa terus belajar di komputer, meja atau buku teks. Dengan istirahat yang cukup, Anda bisa mendapatkan energi untuk belajar kembali.

Pastikan untuk beristirahat selama 10 hingga 20 menit selama setiap waktu belajar. Anda bisa mencoba cara bermeditasi yang benar, menggerakkan tubuh atau makan camilan saat istirahat.


4. Hindari Gangguan Selama Belajar


Untuk menciptakan suasana belajar yang baik, sebisa mungkin hindari gangguan. Ditetapkan untuk tidak memutar produk elektronik, menyalakan media sosial dan menonton TV selama masa studi. Jangan duduk di samping orang yang berisik atau orang yang mencoba mengobrol dengan Anda.
Lihatlah ke sekeliling dan pastikan tidak ada yang dapat mengganggu Anda selama studi Anda.


5. Belajarlah dalam Suasana yang Baik

Faktanya, tidak ada suasana terbaik, hanya Anda yang memutuskan. Beberapa orang memilih belajar dalam suasana kedai kopi yang santai, beberapa memilih suasana yang benar-benar sepi (seperti kamar tidur), dan beberapa memilih untuk belajar dengan nyaman di taman atau suasana luar ruangan, atau mungkin lebih mudah membaca di perpustakaan .

Jadi, mulai sekarang cobalah cari suasana yang menurut Anda paling baik. Dengan cara ini, pembelajaran Anda lambat tetapi pasti akan meningkatkan motivasi Anda.
 



6. Gunakanlah Fasilitas Pendukung

Memberdayakan fasilitas atau sumber daya juga merupakan faktor penting. Kamu bisa berkonsultasi kepada guru, teman untuk meminta pendapat. Gunakanlah perpustakaan atau membaca sumber daring yang direkomendasikan.

Semakin banyak referensi yang kamu dapatkan, semakin besar peluang untuk meningkatkan motivasi belajar kamu.

7. Tetaplah Termotivasi

Setelah memahami berbagai tahapan pembelajaran, langkah selanjutnya adalah menjaga tingkat motivasi agar proses pembelajaran Anda dapat lebih maksimal. Ini adalah barang langka:

Buatlah Peningkatan yang Bertahap

Jaga semangat Anda tetap termotivasi dan jangan merasa kalah jika hasil yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda harus bangga dengan nilai Anda saat ini dan secara bertahap meningkatkan proses belajar Anda saat Anda belajar.

Pantau berbagai kemajuan yang telah Anda buat. Ketika Anda melihat kemajuan yang telah Anda buat sejak Anda mulai belajar dengan giat, Anda akan bangga pada diri sendiri.


Senangilah Apa yang Kamu Pelajari

Terkadang apa yang kita tidak menyukai apa yang telah kita pelajari sekarang. Ubah sudut pandang kamu, dan kemudian lihat sisi lain dari apa yang telah kamu pelajari, dan mungkin itu akan berguna di masa depan.

Dengan memahami manfaat dan keadaan kita saat ini, kita akan merasa termotivasi dan apa yang kita lakukan tidak sia-sia


Bentuklah Kelompok Belajar

Meskipun tidak semua orang tidak memilih bekerja atau belajar dengan Kara berkelompok, Namon Kamu perlu untuk mencobanya. Kamu dapat belajar banyak hal dari kelompok danmereka dapat membantu kamu untuk tetap berada di jalur yang tepat.

Master Kamu Mungkin lebih nyaman belajar dengan teman daripada langsung dengan. Dengan belajar kelompok kamu bisa memantabkan pemahamanmu dengan mengajarkannya kepada orang lain.


Olahraga yang Cukup

Banyak manfaat yang diambil dari olahraga. Selain untuk kesehatan jasmani, olahraga juga berpengaruh dalam keseimbangan spiritual customs. Meningkatkan konsentrasi dan menjaga mood agar tetap dalam kondisi yang baik adalah salah satu manfaatnya.

Kamu dapat mencoba olahraga dengan cara jogs yang benar setiap pagi, bermain bola, badminton, renang atau olahraga lainnya yang kamu sukai.


Jangan Lupa Bersenang-senang

Mungkin Anda mengira bahwa orang yang rajin belajar tidak akan pernah bisa bersenang-senang. Ini tidak sepenuhnya benar. Jika Anda hanya fokus belajar, Anda akan merasa sangat lelah dan tertekan untuk melanjutkan.
Lebih baik lagi, luangkan waktu bersama teman-teman untuk hang out, bermain musik, melakukan hobi, menonton film di bioskop, jalan-jalan atau hal-hal lain, biarkan diri Anda rileks dan hargai diri sendiri.
Dengan fokus ini, Anda akan menjaga suasana hati yang baik dan antusiasme Anda untuk belajar.
 


Berpikir Luas

Ini merupakan tahap terakhir bagaimana meningkatkan motivasi belajar. Dengan pemahaman penuh, Anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan. Mengapa saya harus belajar? Apa tujuan belajar saya?
Dengan memahami jawaban tersebut, Anda akan menyadari bahwa belajar sangat penting untuk menunjang kesuksesan di masa depan.
Anda juga harus ingat bahwa dalam jangka panjang, semua ini adalah janji. Jika Anda melihat bahwa belajar itu seperti lari maraton, maka Anda tidak akan terlalu tertekan, selama motivasi Anda sedikit meningkat, Anda bisa tetap terjaga.



Itulah beberapa langkah-langkah sederhana mengenai cara meningkatkan motivasi belajar yang bisa kamu aplikasikan.

Semoga Bermanfaat!!




Narasi Pribadi.
Sumber foto : google gambar
No Copyright Writing | Listicle WMCofficial | Kaskus Kreator.




7 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, Agar Belajarmu menjadi Menyenangkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wmcofficial
Halaman 1 dari 2
Ane gaya belajarnya visual, jadi lebih terbantu pakai diagram alur atau hafal warna / posisinya emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
No 4 sih paling susah sih gangguan belajar selalu aja ada, apalagi sekarang hp juga ganggu banget sih. Oiya gan sama kasur wkwk, keknya tiap belajar selalu ngantuk tp giliran maen hp smpe begadang2
senangilah apa yg kamu pelajari itu bener banget banget banget. kalau kita udah musuhin pelajarannya duluan, bakal susah buat masuk ke otak. 💔
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sedia minuman dan camilan kalau ame biar konsentrasi dan gak laper laper
Belajar bareng pacar sih kalo ane, entah kenapa memotivasi banget. Apalagi kalo pacar kita bisa jadi mentor wah luar biasaa emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Intinya adalah semuanya kebanyak dari faktor internal, jadi dari diri sendiri udah harus semangat dulu gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nah itu dia.. belajar yg kita senangi/hobi. pasti lebih semangat
Nice thread 👍 belajar yang lama memang belum tentu efektif dan menyenangkan.. Perlu diselingi sebentar.. Entah nyemil dulu atau jalan bentar.. Jadi belajar ga spaneng.. Bisa masuk semua tu ilmu
Waa tengkyuu tipsnya. Membantu sekali untuk mengatur jadwal belajarnya niih maupun kerja...
harus penasaran dulu sih sama yang dipelajarin yaa kalo ane
profile-picture
anns123 memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
dikamar+sendiri+posisi yang nyaman+setel lagu instrumental+rokok(tergantung kondisi) kaya gini kalo ane gan wkwkwkkw
jangan lupa nihh gann, motivation need action. jadii yaa mulai lah duluu baru motivasi itu akan terwujud dgn sendirinyaa
setuju
bikin suasana belajar yang nyaman yang "kamu" banget pokoknya
nemuin gaya belajar sih yang susah ane sampe sekarang gatau yg mana tipe ane.
profile-picture
anns123 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Disamping itu semua,, harus ada niat yg kuat💪
profile-picture
neey123 memberi reputasi
Mantap sekali tips yang dibagikan, sangat penting memang untuk mengatur itu semua, terutama menyingkirkan gangguan yang bisa mendistraksi konsentrasi belajar kita.
Thanks infonya gan
Setelah baca info ini Ane jadi termotivasi nih buat belajar untuk ujian kuliah ane Makasih Gan hehe
Bakal ane terapin deh tips dan triknya dan juga bakalan isi aku juga ke keluarga dan teman-teman supaya rajin juga belajar
Waahh manteb ini gan harus di contoh, nice thread gan ane bakalan mulai dari buat agenda belajar nih gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di