CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bubur Sum-Sum, Takjil Nikmat Cocok Untuk Para Lansia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607f2b423d2d79176d71c651/bubur-sum-sum-takjil-nikmat-cocok-untuk-para-lansia

Bubur Sum-Sum, Takjil Nikmat Cocok Untuk Para Lansia

Bubur Sum-Sum, Takjil Nikmat Cocok Untuk Para Lansia

Assalamualaikum GanSist

Kali ini TS hadir dengan senyuman yang manis, semanis takjil yang akan TS tulis hari ini.

Saat berpuasa memang kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, mengapa? Karena, agar energi yang terkuras selama seharian berpuasa bisa kembali terisi kedalam tubuh kita yang telah berpuasa. Nah, energi itu sendiri akan didapatkan dari makanan atau takjil yang manis bisa berupa kolak, es buah, atau apa saja yang manis-manis.

Untuk kita para kawula muda, mencari makanan manis untuk mengembalikan energi kita sangatlah mudah namun bagi beberapa orangtua kita salah satunya ayah TS sangat sulit untuk menyantap takjil apa saja dikarenakan alat untuk menguyah atau gigi ayah TS sudah tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu, kami diharuskan untuk membuatkan takjil yang bisa dikonsumsi oleh beliau. Dan akhirnya kami berinisiatif untuk membuatkan bubur sumsum. Takjil yang manis, namun mudah untuk dikunyah oleh beliau.

Eits, bubur sumsum disini bukan dalam artian sebenarnya yah. Melainkan bubur yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bubur ini sangatlah muda untuk didapat, bisa di pasar atau toko kelontong pun kalian bisa menemukan tepung beras atau jika tidak gansist bisa menggunakan beras yang sudah direndam semalaman lalu dihaluskan. Namun ini prosesnya akan sangat lama jadi ada baiknya untuk menggunakan tepung beras kemasan yang sudah dijual dimana-mana.

Spoiler for spoiler:


Selain tepung beras, bahan penting lainnya adalah gula merah yang sudah dicairkan, santan (bisa menggunakan santan kelapa kemasan atau dari parutan kelapa), dan terakhir adalah air, lalu sedikit garam agar rasanya lebih gurih. Sangat mudah menemukan bahannya, kan gansist?

Nah, setelah semua bahan siap, gansist bisa langsung masuk ke proses pemasakannya. Caranya ambil sedikit tepung beras kurang lebih 200gr, masukkan ke dalam panci yang berukuran sedang, lalu tambahkan air 750ml kemudian bisa langsung dimasak. Selama proses memasak jangan lupa untuk terus diaduk agar tepungnya tidak cepat hangus. Dalam proses memasak ini terkadang kita butuh tambahan air agar buburnya tidak terlalu keras.

Setelah matang, gansist bisa langsung menghidangkannya dengan cara ambil mangkuk--sesuai keinginan aja yah gansist--lalu sendok buburnya sesuai selera (takaran dan kemampuan konsumsi kita) ke dalam mangkuk yang telah disiapkan.

Nah setelah itu, tuangkan secukupnya santan dan juga gula merah yang sudah dicairkan terlebih dahulu. Kemudian aduk merata hingga semuanya tercampur, jika kurang manis gansist bisa menambahkan gula merahnya lagi. Dan ... bubur sumsum siap dinikmati.

Spoiler for gambar proses pembuatan bubur sumsum hingga siap dihidangkan:


Gimana gansist? Mudahkan? Jadi kalian yang memiliki masalah yang sama dengan yang TS miliki, kalian bisa menghidangkan takjil ini untuk orang tersayang kalian. Takjil ini juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan semua kalangan. Bubur sumsum takjil nikmat, dapet manisnya, juga menambah energi karena bahan dasarnya dari tepung beras. Selamt mencoba di rumah yah.

Sampai disini dulu thread TS kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak: coment, cendol, rate5, dan share. See you next thread.



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lurika
Halaman 1 dari 2
Amankan pertamax
Keduax juga
Nambah pengamanan
Cukup empat aja
Salah satu makan favorit ane nih.
profile-picture
lurika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
salah satu makanan favorit ane sejak bocil, cuman ane ga suka candilnya emoticon-Ngakak
profile-picture
lurika memberi reputasi
kesukaan saya sejak kecil ini.
profile-picture
lurika memberi reputasi
Bubur Sumsum sama Bubur Lemu sama aja kan..??emoticon-Bingung (S)

sama² pake tepung beras, cuma kalo bubur Lemu biasanya warna ijo...
profile-picture
lurika memberi reputasi
jangankan lansia, ane aja suka gan. waktu ane tinggal di jogja biasanya ane sarapan itu soalnya sebelah rumah jualan berbagai macam bubur itu
profile-picture
lurika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Sama gan. Selain enak makannya gampang 😅 tinggal ditelen aja 😂

Quote:


Wah ane kagak tahu kalo ada candilnya. Biasanya ibu ane bikinnya cuma kek gitu 😊

Quote:


Saat gede udah pernah buat lagi ngga nih gan?

Quote:


Dari artikel yang aku baca sih sama aja. Cuma yah emang biasanya ada yang diwarnain itu juga mungkin karena rasa pandannya

Quote:


Heheheh* makanan sejuta kaum yah gan

profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Siap makan, lansia nya kena diabetes san kolestrol
profile-picture
lurika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cocok emang ini gan gausa sulit2 ngunyah soalnya haha
profile-picture
lurika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ga cuman lansia, ane yang masih muda aja suka
profile-picture
lurika memberi reputasi
Quote:


Wah kalo masalahny itu sepertinya tidak bisa menikmati bubur sumsum dong gan 😟😟😟

Quote:


Hahahah* iya tinggal "hap" dan telen aja 😀

Quote:


kita samaa gan 😎😎😎
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jadi inget dulu ayah ane sakit di rumah sakit makannya bubur sum sum mulu emoticon-Mewek
profile-picture
lurika memberi reputasi
Enak nih. Dari ane masih kecil sampe sekarang suka banget sama bubur sumsum
profile-picture
lurika memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Cup cup cup. Jangan nangis gan😊. Skrg bapaknya pasti dah sehat 😉.

Quote:


Hehee*. Iya nih gan. Enak banget makanan kaporit kita semua ini 😍😍😍
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Daripada variaj bubur lain, ini favorit ane selain jenang mutiara. Eh beda apa sama sih bubur sama jenang
profile-picture
lurika memberi reputasi
Diubah oleh kaitokid94
Kok para lansia? emoticon-sad

Anak remaja suka ini, enak dingin2 wktu cuaca panas
profile-picture
lurika memberi reputasi
Quote:


Eh? Jenang mutiara? Ane malah baru denger gan 😦. Itu bubur yang pake biji mutiara gitu yah?

Quote:


Hehehh*. Para lansia mungkin lebih membutuhkan gan. Kalo anak remaja mah jadi favoritnya dan bisa makan apa aja kalo remaja mah 😊...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di