CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Hoaks Atau Fakta Banyak Kandungan Haram Pada Kosmetik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607eec20a116665e413778c1/hoaks-atau-fakta-banyak-kandungan-haram-pada-kosmetik

Hoaks Atau Fakta Banyak Kandungan Haram Pada Kosmetik?


Penggunaan kosmetik udah menjadi salah satu langkah wajib bagi sebagian perempuan. Emang sih ada beberapa yang menganggap pakai makeup ini gak penting-penting amat dan bisa selalu bareface. Gak dipungkiri juga ada kok kaum hawa yang suka banget sama makeup dan menganggap makeup ini keharusan atau sebuah hobi atau bahkan sebuah pekerjaan. Sekitar 5 tahun terakhir, emang banyak banget muncul beauty influencer ala Indonesia.



Hoaks Atau Fakta Banyak Kandungan Haram Pada Kosmetik?

Photo by cottonbroΒ  from Pexels



Bermula dari blog tentang kosmetik atau tutorial makeup, mereka mulai merambah ke youtube dan platform media sosial lainnya. Dengan adanya para influencer yang menguasai dunia kecantikan ini, maka produk kosmetik pun makin dikenal oleh berbagai kalangan. Mulai dari para pelajar, pekerja, ibu rumah tangga, dan masih banyak lagi lainnya. Meluasnya pengguna kosmetik, juga menjadi ajang para pebisnis nih sist buat bikin produk makeup baru atau sekedar mengimpor produk makeup luar ke Indonesia.



Akhirnya jenis-jenis kosmetik mulai bermunculan dari yang dulu mungkin skincare sehari-hari cuma pakai pelembab aja sekarang udah muncul serum, essence, toner, dsb. Atau yang dulu kalau makeup cuma 5 produk aja, sekarang udah bisa jadi 8. Tanpa disadarin trend ini berjalan terus dan makin berkembang tiap harinya. Siapa nih dari para Sista yang ngerasain banget perbedaannya?



Satu hal yang biasanya kurang diperhatiin sama para sista terutama yang beragama islam adalah kandungan yang ada dalam produk. Selain kecocokan zat yang ada pada produk skincare atau makeup, tetapi juga kehalalan yang ada. Banyak banget brand kosmetik yang mengklaim kalau mereka dapet sertifikasi halal, tapi sebenernya apa sih perbedaan dari brand yang udah punya sertifikasi halal dan belum?Β 



Perbedaannya ada di kandungan dari zat yang dipakai nih, sist. Mungkin untuk kulit gak terlalu ngaruh ya tapi sebenarnya ada beberapa zat yang ternyata gak halal. Setelah ane nyari tau ternyata ada beberapa zat yang marak ada di beberapa produk. Alkohol Lanolin menjadi salah satu zat yang kehalalannya masih dipertanyakan tapi penggunaannya masih banyak. Ternyata fakta yang beredar di masyarakat, bahwa tidak semua alkohol haram loh sist buat dipakai di kosmetik tapi kebalikannya juga kalau gak semuanya halal dipakai.



Beberapa jenis alkohol yang haram ini biasanya terdapat dari Khamar yaitu jenis yang memabukkan. Jika di kosmetik atau produk kulit kalian terdapat etanol dan metanol, gak diragukan lagi kalau itu haram. Haram sendiri bukan berarti berbahaya buat dipakai ya, lebih kepada prinsip masing-masing Sista tentang produk yang tidak dikonsumsi tapi digunakan tubuh. Apakah sista tetap mau pakai yang haram / nggak!



Hoaks Atau Fakta Banyak Kandungan Haram Pada Kosmetik?

Photo by Emma BausoΒ  from Pexels

Asam Oleat menjadi salah satu zat yang banyak dipakai dalam berbagai jenis produk kecantikan, mulai dari pasta gigi, krim wajah dan sabun. Zat ini termasuk haram karena biasanya mengandung lemak babi loh, sist. Jadi perlu diwaspadai nih. Selain Asam Oleat, Gelatin juga jadi salah satu jenis yang mengandung babi dikarenakan ini mengandung rebusan tulang belulang Babi dan pastinya haram.



Salah satu kandungan yang mayoritas ada di shampoo adalah Keratin. Zat keratin tidak semuanya haram melainkan terdapat yang halal jika dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Tetapi, terdapat pro dan kontra kalau Keratin yang dimaksud dibuat dari tubuh binatang. Kolagen bukan menjadi barang yang langka lagi dicari, bahkan banyak banget brand yang mengatakan dengan lantang kalau produk mereka mengandung kolagen untuk kulit. Biasanya kolagen ini berasal dari hewan, jika kita tidak diberi tau hewan apa dan bagaimana cara penyembelihan hewan tersebut, maka patut dipertanyakan.



Jika hewannya halal seperti sapi atau kambing tetapi cara penyembelihannya salah, berarti termasuk haram. Dan jika hewannya memang sudah masuk ke golongan hewan haram maka akan tetap haram. Di antara para sista siapa yang punya kulit kering dan pakai produk untuk melembabkan? Untuk melembabkan, biasanya memerlukan penggunaan lemak. Karena kita gak dikasih tau lemak apa yang digunain jadi harus hati-hati nih, sist.



Dari beberapa informasi yang ane dapetin di atas, emang ternyata gak semua zat atau kandungan yang ada di produk kosmetik itu halal bagi yang beragama islam. Untuk para wanita muslim yang memperhatikan banget tentang halal dan haram, mungkin bisa dinotes beberapa jenis zat yang tadi ane sebutin ya. Siapa tau ada zat lain yang sista tau dan haram, boleh langsung dibagiin sama temen-temen Sista lainnya nih! Biar makin pasti. Terima kasih!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 5 lainnya memberi reputasi
Tidak perlu cantik agar menarik,, cukuplah perbaiki akhlak mu
profile-picture
profile-picture
larvacyber dan andi_mastrak memberi reputasi
Ga pake hand sanitizer sama sekali dong
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kemasan kosmetik hampir semua terbuat dari plastik. Plastik2 tsb ada yg terbuat dari minyak bumi, halal ga?
Sepengetahuan ane definisi halal dan haram itu hanya utk semua barang2 yg dpt di konsumsi manusia, kalau cuma dioles2 aja dikulit apakah bs juga?
profile-picture
aygilagility memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halal dan haram kan dah ada kadiahnya emoticon-Bingung (S)
Kalo dijalan ngehirup partikel macam emoticon-Tai kuda pun ada hal khusus begimana pun . Kosmetik kan dioles bukan di jilat dicelupin emoticon-Ngakak (S) .
Yah kalo pakeemoticon-babi . Dah pasti emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh r1fluxhigh
Terus gimana caranya tau kalo kosmetik yg kita pakai mengandung bahan yg haram? Kalo gak tau apakah tetep dosa?
Wardah.. halalemoticon-Ngacir
Oh My God...
Ada macam begituu yaaa gansiss..
Ane kagak ngehh hehehe...
Soalnyaa ane juga kagak menggunakan kosmetik secara addict jugaa nih gansiss.. Jadi yaa aman yaa.. Ane kagak perlu ngecek ini ono... Hehehe.. Karena ane masih berjerawat.. Jadi kagaj make up make up. Tp kl make up in org yaa ayok aja.. Hehehe
Kalai ragu ragu, sekarang banyak produk kosmetik yang halal dan ramah bagi muslim kok
haduh ane malah baru tahu gan ada yang kaya ginian
Hmmm ane mau komen yang asam oleat. TS bilang kalau asam oleat ini banyak ada di produk pasta gigi, krim, sabun, dkk dan biasanya mengandung lemak babi.

Nah setau ane ya, yang pernah belajar teknik kimia. Kebanyakan produsen consumer goods (ex: Unilever) makai asam oleat sumbernya dari minyak sawit. Dari minyak sawit itu bisa diturunkan jadi berbagai macam produk asam lemak termasuk contohnya si asam oleat tadi sebagai bahan baku kosmetik & makanan. Jadi ya halal-halal aja. Jangan bikin pernyataan yang kontroversial sis πŸ™„

Itu juga kenapa kalau kita mau lepas dari minyak sawit susah, karena produk consumer goods (sabun, margarin, parfum, pembersih, dkk) emang bahan bakunya dari turunan minyak sawit dan minyak sawit di antara jenis minyak nabati lainnya (sunflower dkk) adalah yang paling murah & efisien produksinya
skrg juga udh adaaa label halalnya lebih mudah sii buat tau kandungannyaa tp kl suka belanja2 skinker korea dan temen2 skinker underrated blm ada sertifikasi halal si kudu bet riset2 dluuuu
Ane cuma pake bedak mars... sama lip tint wardah emoticon-Kaskus Banget
hehe selama ini ane mah kalo pake kosmetik asal cocok di kulit ane dan harganya bersahabat sama kantong ane hehe
Fakta sih kalo di luar negeri, makanya better beli yg ada tulisan halalnya si ya


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di