CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Kesetaraan Gender Sering Diperbincangkan, Gimana Kondisi Sebenarnya Di Indonesia Ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607ee8b9f0c1f16fa97b8f20/kesetaraan-gender-sering-diperbincangkan-gimana-kondisi-sebenarnya-di-indonesia-ya

Kesetaraan Gender Sering Diperbincangkan, Gimana Kondisi Sebenarnya Di Indonesia Ya?

Kesetaraan Gender Sering Diperbincangkan, Gimana Kondisi Sebenarnya Di Indonesia Ya?

Sista pasti udah sering banget kan mendengarkan pembahasan dengan topik kesetaraan gender?
Kalau menurut Sista sendiri, kesetaraan gender itu apa sih?

Kalau menurut KEMENPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi perempuan dan laki-laki untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.

Pada dasarnya, kesetaraan gender itu penting banget loh Sis. Pasalnya, kita sebagai perempuan juga memiliki hak yang sama, kita bukan makhluk lemah yang ga bisa apa-apa karena kita juga bisa kok melakukan banyak hal.

Saking pentingnya, isu kesetaraan gender ini sampai menjadi salah satu poin di SDGs (Sustainable Development Goals) loh. SDGs sendiri merupakan rencana aksi global yang sudah disepakati oleh para pemimpin di dunia, termasuk Indonesia. Dalam SDGs tersebut ada 17 poin serta 169 target yang diharapkan bisa tercapai di tahun 2030 nanti. Salah satu isu penting yang menjadi perhatian dari 17 poin yang ada adalah poin nomor 5 mengenai Kesetaraan Gender.

Quote:


Sudah terbukti kan, bagaimana pentingnya isu tentang kesetaraan gender ini?
Bahkan sampai menjadi isu dunia loh.

Yap! Kesetaraan gender memang sangat penting, bahkan di Indonesia sendiri sejak jaman dulu, R.A. Kartini telah memperjuangkan hak-hak para perempuan yang kita kenal juga dengan emansipasi wanita. Berkat perjuangannya lah, saat ini kita sebagai perempuan bisa menjadi orang yang maju.

Tapi kalau kalian perhatikan, kondisi kesetaraan gender yang terjadi di indonesia itu seperti apa sih?
Apakah sudah bisa dikatakan bahwa perempuan indonesia cukup maju?

Untuk mengetahui kondisi kesetaraan gender di Indonesia, Sista bisa melihatnya melalui indikator Indeks Pembangunan Gender (IPG), yaitu rasio Indeks Pembangunan Manusia perempuan dan laki-laki. Jika nilai Indeks Pembangunan Gender mendekati 100, maka semakin bagus.

Kesetaraan Gender Sering Diperbincangkan, Gimana Kondisi Sebenarnya Di Indonesia Ya?

Kesetaraan Gender Sering Diperbincangkan, Gimana Kondisi Sebenarnya Di Indonesia Ya?

Nah, kalau di lihat berdasarkan grafik di atas, IPG Indonesia dapat dikatakan bagus karena terus mengalami peningkatan. Nilai IPG yang awalnya 66,53 pada tahun 2010, meningkat menjadi 71,94 pada tahun 2020. Berdasarkan nilai tersebut, Indonesia berada di posisi 5 di antara negara-negara asean dan berada di posisi 107 dari 189 negara di dunia. Meskipun Indonesia berada di posisi tengah di antara negara ASEAN, Indonesia memiliki selisih nilai yang cukup jauh, sehinga tidak bisa dikatakan kondisi kesetaraan gender di Indonesia baik-baik saja.

Nah, supaya kondisi kesetaraan gender di Indonesia semakin baik, yuk sama-sama perjuangkan kesetaraan gender di Indonesia. Salah satunya dengan menjadi perempuan hebat!

Selamat Hari Kartini untuk semua Sista di Indonesia!



SUMBER
SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rarirureror
Halaman 1 dari 3
Selamat Hari Kartini untuk semua Sista di Indonesia!
Cowok naik bus.. dapat duduk.
Cewek.. ga dapet duduk, berdiri.

Si cewek nyindir, ngalah donk ma cewek.

Cowok : knp kudu ngalah, cewek cowok kan setara.


Si cowok tetap di bully
-----------
-----------


Cowok liat cewek seksi, terpana. Dicap mata kranjang.

Cewek liat atlet buka baju badan kotak2 pada histeris, di cap tingkah yg "lucu", dimaklumi.
---------------
---------------


😬

Selamat Hari Kartini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darkprince13 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gajah.nakal
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Kesemaan Hak?

Sudah siap dengan kesamaan kewajiban?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
McTravish dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
....itu megawati bisa jadi ketua parpol bertahun2 butuh bukti apalagi sih soal kesetaraan gender? klo wanita mau semua tampuk kepemimpinan dan kekuasaan jatuh ke satu gender ya itu namanya udah diskriminasi bambang....emoticon-Cape deeehh


dan faktanya kalau dirata2 psk wanita lebih kaya dari buruh serabutan laki2 untuk urusan pendapatan.....astoge...emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
bujang13 dan nowbitool memberi reputasi
Adakah cewek yang kerja sebagai kuli bangunan emoticon-Amazed
profile-picture
banar.blackjack memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sebenarnya apa sih masalah kesetaraan gender di Indonesia? Toh ga ada yg larang perempuan buat sekolah setinggi2nya atau berkarier seperti laki2. Nuntut persamaan hak, ane takut ntar malah disuruh angkat galon sendiri atau betulin genteng sendiri karena disamain kayak laki2.

Kalau masalah warisan yg udah diatur dalam agama, kenapa anak laki dapat lebih banyak drpd anak perempuan? Karena anak laki2 punya tanggung jawab harus menafkahi keluarganya, jd wali, ngurus bapak/ibu/saudari2nya. Ya itu kalau anak lakinya bener sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 3 lainnya memberi reputasi
yang penting jangan ada lagi diskriminasi gender terhadap wanita


Diubah oleh KS69
Trit.nya malah jadi ajang sumpah serapah emoticon-Leh Uga

Semua sudah ada porsinya masing-masing. Emak-emak sein kiri belok kanan, bapak-bapak udah punya jokes spesialis mereka. Jadi kenapa harus ribut? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mypurplesaturn dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Gailham
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jangan kasar sama cewe...
cewe gebukin cowo = gapapa
cowo gebukin cewe = lu mau mati??

cewe di suit suitin = lu mau mati??
cowo digodain cewe = gapapa

cewe dapet prioritas tempat duduk hamil = gapapa
cowo udah bediri di kereta 1 jam liat ibu ibu hamil = lanjut berdiri bung!!


ya selamat hari kartini emangsipasi udah terlaksana dengan baik dan kesetaraan gender udah.......... udah.............
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
kesetaraan gender berarti kalo cewe ketangkep maling juga boleh digebukin rame2? kan cewe = cowo bukan? emoticon-Bingung
jangan terlalu termakan stigma bahwa semua kesetaraan gender bisa mengubah hal bahwa wanita punya keistimewaan begitupun juga pria ada hak yang dihormati.... seringkali keseteraan gender dijadikan alat untuk memuluskan berbagai hal yang harus dimenangkan perempuan dan jaman sekarang hampir banyak semua jenis pekerjaan baik itu kantoran ataupun lapangan perempuan sudah andil disitu semua.. dan para pria sering tersingkir karena yg dibutuhkan penampilan semata dan enak dipandang... so its just another stigma dan setiap makhluk harus saling menghormati antar satu sama lainnya
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Bullshit equality

Noh post d atas udh bnyk contohny emoticon-fuck3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reinm dan 2 lainnya memberi reputasi
Hari Kartini = peringatan kesetaraan gender ... emoticon-Amazed

Perlu diingat, bila Kartini meninggal muda dan paska melahirkan emoticon-Thinking

Sehingga lebih cocok Hari Kartini diperingati untuk mengingat pentingnya menjaga kesehatan bagi para Bumil dan paska melahirkan emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tulank.ikan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semangat terus
ane lebih suka dgn istilah keadilan gender
Taeeek sungguh taeeekkk baabbiii
Kesetaraan hak emang perlu dan penting.. Tp tetep pria maupun wanita punya kodratnya masing masing dlm menjalankan kewajibannya
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan nowbitool memberi reputasi
Klo kesetaraan gender itu wajib = berarti laki2 seharusnya juga hamil emoticon-Wakaka
Itulah kenapa sebelum pandemi kalau ada mbak2 masih sehat atau mamah2 muda naik KRL depan gw berdiri ngeliatin gw, gw diem aj, kecuali dia minta Pangku gw mau. Karena gw menghargai kesetaraan gender
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di