CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607e76371244105bd960a203/tradisi-ramadan-meriahkan-bulan-suci-penuh-berkah

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah

Tradisi dan Permainan Saat Ramadan

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah

Assalamu'alaikum, Agan dan Sista! Apa kabarnya hari ini? Semoga Gansis semuanya selalu sehat dan bahagia ya!

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah

Saat ini, kita semua sudah memasuki bulan suci ramadan yang ke 1442 H, bulan yang selalu ditunggu kehadirannya oleh para muslim di seluruh dunia. Bulan yang penuh ampunan dan paling mulia dibanding bulan-bulan yang lain, sebab di bulan suci inilah kita mendapat kesempatan untuk mengumpulkan banyak pahala dari segala amal yang kita lakukan di #RamadanBerkah ini.

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah
Sumber Gambar

Banyak sekali tradisi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia dalam rangka menyambut atau menyemarakkan bulan suci ramadan ini, membuat semangat untuk mengumpulkan pahala di bulan penuh berkah ini semakin tinggi. 

Di daerah ane sendiri, tepatnya di Simalungun, Sumatera Utara. Ada beberapa tradisi yang biasa dilakukan masyarakat di sini untuk menyambut bulan suci ramadan. Dan berikut ini akan ane paparkan beberapa tradisi atau permainan yang biasa terjadi saat ramadan tiba.


1. Ziarah

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah
Sumber Gambar

Kita pasti udah nggak asing sama salah satu tradisi yang biasa dilakukan sebelum datangnya bulan suci ramadan ini, karena memang ziarah kubur sebelum masuk bulan ramadan adalah hal yang biasa dilakukan masyarakat di Indonesia. 

Sama halnya di daerah ane, biasanya pemakaman umum akan banyak diisi oleh para peziarah yang datang untuk mengunjungi sanak saudara yang telah tiada di sana. Tujuan ziarah kubur ini sendiri selain mendoakan para arwah adalah sebagai pengingat juga bagi kita yang masih hidup dan bernapas agar tak lupa akan datangnya hari kematian, karena memang setiap yang bernyawa itu pasti akan merasakan mati.


2. Kenduri

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah
Sumber Gambar

Dua atau satu hari sebelum masuknya bulan ramadan, biasanya di kampung ane akan mengadakan kenduri di masjid untuk menyambut datangnya bulan suci ramadan yang penuh berkah tersebut. Tujuannya adalah untuk mendoakan para arwah umat muslim dan sebagai bentuk rasa syukur akan datangnya kembali bulan ramadan. 

Biasanya para bapak atau anak-anak muda yang ada di kampung ini akan diminta datang pada malam itu dengan membawa bungkusan makanan yang sudah disiapkan dari rumah, nantinya semua makanan yang dibawa tersebut akan dikumpulkan terlebih dahulu di sisi lain masjid.

Setelah kegiatan kenduri selesai, semua makanan yang tadi dikumpulkan akan dibagi kembali secara acak, maka makanan yang dibawa oleh mereka di awal tadi, akan tertukar dengan makanan yang lain, hal ini menjadi sesuatu yang menarik bagi keluarga yang sudah menunggu di rumah. Menikmati makan berkat yang menunya berbeda dengan yang dibawa sebelumnya.

Selain tradisi yang biasa dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadan, ada juga kegiatan lain yang biasa dilakukan anak-anak kecil atau pemuda-pemudi di sini saat ramadan tiba. Seperti melakukan beberapa permainan yang khas sekali terjadi hanya saat bulan penuh berkah ini datang. Misalnya :


1. Petasan

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah
Sumber Gambar

Ya, petasan sudah menjadi hal yang biasa terjadi saat ramadan tiba. Ramadan menjadi sangat meriah dengan berbagai macam suara atau bunyi yang dihasilkan oleh permainan yang satu ini, walau kadang memang bikin kaget karena suara petasan yang selalu terdengar secara tiba-tiba. 


2. Perang Sarung

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah
Sumber Gambar

Perang sarung juga biasa dimainkan oleh anak-anak di kampung ane, bahkan mereka baru saja memainkannya pagi tadi di saat mereka sedang jalan-jalan keliling kampung setelah sahur. 

Oke deh Gansis, itu dia beberapa tradisi dan permainan yang biasa dilakukan di daerah ane saat bulan ramadan tiba. Semoga bulan ramadan kali ini membuat kita semakin semangat untuk beribadah dan juga memperbaiki diri agar lebih baik dari hari yang kemarin.

Sampai jumpa di thread ane yang lainnya, terima kasih dan wassalamu'alaikum.

Opri

Tradisi Ramadan, Meriahkan Bulan Suci Penuh Berkah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aisber dan 2 lainnya memberi reputasi
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aisber dan 2 lainnya memberi reputasi
Mampir gansis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aisber dan 2 lainnya memberi reputasi
Tradisi dan permainan yang dirindukan karena hanya bisa dijumpai satu tahun sekali, yaitu pas Ramadhan saja
profile-picture
profile-picture
aisber dan ismilaila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi inget masa kecil dengan permainan itu
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sekarang kayanya petasan udah langka banget ya, kayanya emang bener-bener disweeping ya yang jualan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di