CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Takjil Praktis Cimol Hot Jeletot, Rasanya Bikin Nyolot Molotot!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607e53893d5dcc284977743c/takjil-praktis-cimol-hot-jeletot-rasanya-bikin-nyolot-molotot

Takjil Praktis Cimol Hot Jeletot, Rasanya Bikin Nyolot Molotot!

Takjil Simple Cimolin Aja Gansist
Takjil Praktis Cimol Hot Jeletot, Rasanya Bikin Nyolot Molotot!

Hai Gansist apa kabarnya? Semoga sehat selalu ya gaes. Nggak berasa bulan ramadhan sudah sepekan saja kita lalui. Tentunya setiap momen yang paling ditunggu adalah ketika buka puasa dan sahur.

Beragam menu makanan terbaik akan disiapkan. Ingatkah kalian anak-anak tahun 90-an, di mana momen ngabuburit cari takjil juga punya keseruan tersendiri. Kita akan berjalan kaki dengan teman-teman lain, membeli segala yang kita inginkan.

Tapi, kalau waktunya buka puasa tiba, itu makanan nggak habis semua karena kekenyangan, hahaha. Kali ini ane mau share cara bikin takjil praktis, bisa banget buat anak kost yang suka pedas dan bahannya murah tapi oke banget.


Cimol Jeletot Hot Molotot


Cimol dan cilok, kedua saudara kembar beda cara mengolah ini sangat digemari dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Nah, berhubung kalau puasa gini suka antre kalau belanja di pasar ramadhan. Ane inisiatif bikin sendiri deh, gimana cara buatnya? Cekidot resep di bawah:

Bahan dasar cimolTakjil Praktis Cimol Hot Jeletot, Rasanya Bikin Nyolot Molotot!


Bahan :
-Tepung Kanji 6 sendok makan
-Tepung Terigu 2 sendok makan
-Bawang putih
-Garam
-Merica
-Air panas

Nah, bahan untuk membuat cimol cukup mudah yaitu tepung kanji dan tepung terigu, tinggal dicampur saja. Kenapa harus campur tepung terigu? Supaya tidak terjadi insiden meledak ketika menggoreng cimol. Itu trik buat kalian yang baru mau nyoba bikin cimol, dijamin nggak meledug.

Ane masukin bumbu basic nya, soalnya nanti biar berasa pecah rasanya berpadu dengan formula cabe-cabean.


Uleni sampai kalisTakjil Praktis Cimol Hot Jeletot, Rasanya Bikin Nyolot Molotot!


Semua bahan dicampur jadi satu, kalian uleni sampai kalis, patokannya udah nggak lengket aja di tangan.

Trik : air panasnya harus 100cc ya, biar adonan sempurna. Emang agak panas sih, tapi itu berpengaruh ke hasil cimol, bisa kenyal atau tidak.

Spoiler for Adonan sudah dibentuk:


Goreng & Tumis BumbuTakjil Praktis Cimol Hot Jeletot, Rasanya Bikin Nyolot Molotot!


Step selanjutnya kalian goreng dulu cimolnya sebentar, sambil siapin bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe bubuk, dan penyedap jika kalian suka, pakai daun jeruk juga boleh biar makin wangi.

Setelah cimol digoreng, kalian tumis bawang merah dan bawang putih, lalu menyusul cabe merah. Setelah semua tercium harumnya, baru kasih sedikit air dan masukkan cabai bubuk, penyedap, berikut cimolnya.

Trik : buat kalian yang kurang suka pedas, tapi suka lihat kuah warna merah cabe. Kalian bisa tambahin bumbu balado instan, biar nambah selera kalau penampilannya cantik.

Takjil Praktis Cimol Hot Jeletot, Rasanya Bikin Nyolot Molotot!
Nah ini dia hasil akhir dari cimol hot jelotot ala Mak Saliha.


Gimana? Gimana? Gampang banget kan, Gansist. Buat yang suka masak dan eksperimen sendiri silahkan dicoba. Modalnya 15rb-an aja gansist, bisa bikin 2-3 kali tergantung kalian pake bahannya. Itu aja dari 6:3 tepungnya, bisa jadi sepiring mentung😂😂😂.

Soal rasa nggak usaha diragukan lah sedepnya kaya apa. Kalau orang sunda bilang bisa bikin panon molotot alias mata melotot.

Sekian dulu ya Gansist Resep Takjil Praktis dari Mak Saliha. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Sampai jumpa di thread selanjutnya. emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ummusaliha
Monmaap buat yang puasa, emak juga lagi puasa😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Sama kayak bikin cilok, ya. Bedanya kalo cilok direbus. Eh, gitu bukan?
profile-picture
profile-picture
miniadila dan indrag057 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Baru baca judulnya udah ......, emmm, udah nyolot pake melotot lagiemoticon-Leh Uga

Tapi mantul sih, cimol emang paling mantab kalau pedes pedes gitu
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan miniadila memberi reputasi
Diubah oleh indrag057
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantull cimol nya tuh. Jadi pen nyomot😂
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Astaga ane bacanya kok bisa ngiler ini
Kapan² suruh istri coba bikin deh
Thank you
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane mau cobain bikin ah tapi kelar bulan puasa aja. kalo sekarang kagak berani emoticon-Ngakak
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane pernah bkin gini gan, tapi pas di penggorengan meledak ledak dia? Ada tips egga ya biar aman pas d goreng?
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makanan cimol emang gak ada matinya ya.....yang bikin nagih itu bumbunya yang eenak gitu.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak kayanya nihhh
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wiiih ... bisa dcoba nih ntr
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Enak nih kayaknya cimolnya dengan bumbunyaaa. Cuma yg pr nanti goreng cimolnyaa meledak ledak wkwkwk
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Thanks infonya gan
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di