CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Tumis Dage Picung: Olahan Buah Kluwek Yang Tak Pernah Kehilangan Peminat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607d897b8659c90950738604/tumis-dage-picung-olahan-buah-kluwek-yang-tak-pernah-kehilangan-peminat

Tumis Dage Picung: Olahan Buah Kluwek Yang Tak Pernah Kehilangan Peminat

Tumis dage picung

Tumis Dage Picung: Olahan Buah Kluwek Yang Tak Pernah Kehilangan Peminat

Assalamualaikum sahabat Kaskus ....


Bertemu lagi dengan emak dua bocil yang hobinya nguprek di dapur 😁. Jangan bosen mampir di thread kuliner saya ya.

Ok, setelah thread sebelumnya bahas pesmol ikan. Kali ini saya mau mengolah sayuran fermentasi dari buah picung alias kluwek. Bagi sebagian orang mungkin asing dengan buah atau daging biji kluwek. Namun di daerah saya picung atau kluwek ini adalah bahan makanan paling diburu karena kelezatannya yang tiada tara.

Dibanding sayuran yang dibudidayakan para petani modern seperti, brokoli, kubis, pakchoy dll. Tanaman kluwek semakin langka. Hanya daerah yang masih banyak hutan dan kebun milik warga yang biasa menghasilkan buah kluwek untuk dijual.


Seperti sukabumi selatan dan Cianjur selatan, kluwek masih banyak ditemukan. Biasanya kami membeli dalam bentuk daging kluwek yang sudah diperam dan direbus. Di sini namanya dage picung.



Ok, kita mulai memasak dage picung ini yuk! Jangan lupa list bahan-bahannya dicatat ya.

Quote:


Tumis dage picung ini rasa dagingnya lembut sedikit manis dengan aroma khas kluwek yang berpadu bumbu. Menghasilkan citarasa yang unik.

Ternyata buah ini memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya:

Ion besi

Vitamin C

Betakaroten

Asam Hidnokarpat

Asam khaulmograt

Asam glorat

Tanin

Sedangkan manfaat dari buah kluwek ini ternyata sangat banyak loh, seperti mengatasi kolesterol tinggi. Mencegah penyakit cacingan. Memperlancar haid, mengobati penyakit lepra, mengurangi insomnia dll.

Pengolahan kluwek mentah memang perlu penanganan yang hati-hati. Karena buahnya mengandung sianida alami. Teknik perebusan dan perendaman daging kluwek ini berguna menghilangkan sianida tersebut. Berbeda dengan kluwek matang yang berwarna hitam yang biasa dipakai sebagai bumbu rawon. Itu bisa langsung dikonsumsi misal dibuat sambal kluwek, atau sebagai bumbu tambahan.


Semoga Bermanfaat, sampai jumpa di thread lainnya. Salam semangat puasa❤️.

emoticon-Big Kissemoticon-Angel

Opini pribadi
Referensi: Wikipedia
Gambar: dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Tumis dage picung lezat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kuliner tradisional
profile-picture
profile-picture
makola dan miniadila memberi reputasi
Melestarikan kuliner tradisional sunda
profile-picture
profile-picture
makola dan miniadila memberi reputasi
Ane belum pernah makan itu😂
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan makola memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kluwek itu bukannya pewarna hitam untuk rawon, ya, Mbak? Samakah?
profile-picture
profile-picture
UriNami dan makola memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Seperti apa Bun, buah kluwek
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan makola memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah sedap ini
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan makola memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sekilas seperti osenga irisan bakso....ternyata kluwek. Berarti ini yang muda ya?
profile-picture
profile-picture
UriNami dan makola memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane taunya cuma buat rawon aja
profile-picture
profile-picture
UriNami dan makola memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
baru liat, ada daging kluwek.. rasanya kaya kemiri apa gimana?
profile-picture
profile-picture
misterbong dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kaga pernah denger nama ni buah kluwek apa ane aja yg kaga tau ini namanya kluwek sebelumnya yeee
profile-picture
profile-picture
UriNami dan ika775 memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Bukan kluwek yg biasa buat rawon ya Bund
profile-picture
UriNami memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kluwek disini apakah sama ya ama kluwak yang dibuat bumbu rawon? Kok dari tampilan kek sama cuma beda warna aja
Kluwak warnanya hitam, ini putih 😂😂
Itu kluwek yang matang yang buat rawon. Ini beda ini belum hitam. Jadi masih putih dagingnya alias masih setengah matang


Ini kluwek matang untuk rawon:

Tumis Dage Picung: Olahan Buah Kluwek Yang Tak Pernah Kehilangan Peminat

Ini kluwek setengah matang buat dage

Tumis Dage Picung: Olahan Buah Kluwek Yang Tak Pernah Kehilangan Peminat
Tumis Dage Picung: Olahan Buah Kluwek Yang Tak Pernah Kehilangan Peminat
profile-picture
dhinyzfrn memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ane belom pernah lihat bentukannya kluwek yg stengah mateng.. jarang ada di sini kayaknya
Diubah oleh dhinyzfrn
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Waaah enak nih
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Wow, enak sepertinya..

Aku taunya kluwek iti bt bikin rawon alias black soup
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wowww rasqnya kayak mana ya tuhhh, belum pernah cobain selain kluwek yg dijadiin rawon
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
enak kayanya yah sis.. emoticon-Big Grin
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Belum pernah makan sama sekali dan baru tahu bisa dimasak, tahunya selama ini kluwek ya buat di rawon
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di