CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607d6bb4d320177335461f8b/nostalgia-dusta-dimulai-dari-buku-kegiatan-bulan-ramadhan

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Sehubungan dengan larangan mudik yang disampaikan oleh pemerintah pada saat lebaran nanti, akhirnya tahun ini ane mudik lebih awal. Iyah, ane mudik di awal bulan puasa kemarin, buat mengantisipasi kalau larangan mudik lebaran benar jadi diberlakukan. Karena seperti yang kita tahu, pemerintah terkesan plin - plan menyikapi aturan mudik tahun ini. Sempat memperbolehkan, lalu melarangnya. Jadi, andaikan pun nanti larangan mudik ini benar diberlakukan, setidaknya ane udah lebih dulu sungkem ke orang tua.

Pulang kampung saat bulan puasa mengingatkan ane pada memori masa kecil dulu. Saat itu ane diajari untuk puasa mbedug, sebutan untuk puasa setengah hari, yang buka puasanya yaitu saat bedug adzan dhuhur berkumandang. Ane dikasih waktu oleh orang tua ane untuk makan dan minum selama maksimal setengah jam, untuk selanjutnya berpuasa lagi sampai dengan adzan maghrib. Saat itu, orang tua ane tak pernah menjelaskan kalau puasa mbedug itu sebenarnya cuman latihan puasa aja. Ane mengira kalau puasa mbedug memang ada dan dikhususkan untuk anak kecil.

Selain mengingatkan tentang memori puasa mbedug, ingatan tentang buku kegiatan bulan Ramadhan juga membayang di benak ane. Iyah, buku kegiatan bulan Ramadhan yang semestinya digunakan untuk mencatat amal kebaikan selama bulan suci Ramadhan, namun ditangan ane (dan teman - teman ane juga sih) malah jadi ladang dosa. Kenapa begitu?

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Jadi Sarang Dusta.

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Buku kegiatan bulan Ramadhan berisi tentang semua kegiatan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Mulai dari checklist solat wajib, membaca Qur'an, checklist puasa, dan kegiatan taraweh. Jika ingin mendapat nilai bagus dari guru agama, semua kegiatan tersebut harus kita isi. Tapi, namanya juga anak - anak. Adakalanya rajin tapi lebih banyak malesnya. Supaya dapat nilai bagus, mau tak mau ya harus memalsukan isian. Misalnya, nggak sholat tapi diisi rajin sholat, nggak ngaji tapi di isi ngaji full dan seterusnya.

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Mengisi Di Akhir Bulan.

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Kalau mengisi buku kegiatan bulan Ramadhan itu seharusnya diisi setiap hari, tapi itu nggak berlaku buat ane. Cuman isian sholat taraweh aja yang ane rajin isi tiap hari, karena memang ane beneran rajin sholat taraweh. Selebihnya, isian sholat wajib 5 waktu dan baca Qur'an, ane rapel diakhir bulan, menjelang buku dikumpulkan. Pengisiannya pun ngawur, cuman isi aja random, ya - ya - tidak - tidak - ya, dengan maksud supaya guru tidak curiga - curiga amat karena terlalu rajin.

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Tanda Tangan Nitip.

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Sholat taraweh dan sholat jumat adalah dua kegiatan yang wajib dicatat secara rinci kegiatannya. Mulai dari nama masjid, nama imam, nama pengkhotbah, hingga materi yang dikhotbahkan. Bukan cuman itu, dibagian akhir laporan juga wajib membubuhkan tanda tangan pengkhotbah. Nah, bagian inilah yang sering ane curangin. Satu kali sholat taraweh, ane bisa minta tandatangan satu sampai tiga kali, buat jaga - jaga nanti kalau lagi males taraweh-an. Tapi itu sih masih mending, teman ane malah lebih parah lagi, orangnya nggak pernah ke masjid, cuman bukunya aja yang dititipin.

Meski buku kegiatan bulan Ramadhan bertujuan baik untuk melatih anak - anak rajin beribadah, namun kenyataannya banyak yang menyalahgunakan dan justru jadi media membuat dosa. Mungkin nggak semua ya, tapi sebagian besar. Seenggaknya beberapa teman ane juga melakukan hal yang sama. Entah, apakah saat itu guru agama ane tau dan pura - pura tidak tahu, ataukah memang benar - benar tidak tahu dan dibodohi murid - muridnya. Terlepas dari itu semua, nampaknya buku kegiatan bulan Ramadhan dijaman sekarang sudah ada perbaikan, misalnya adanya tandatangan orang tua pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak. Ane harap sih pengalaman ane ini tidak untuk ditiru oleh anak - anak jaman sekarang.

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Pengalaman TS
Sumur Gambar : Om Google




Spoiler for Jangan di scan:


Spoiler for :


(Nostalgia) Dusta Dimulai Dari Buku Kegiatan Bulan Ramadhan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Imam dan Khotib nya itu-itu aja.
Minta paraf sekali, selebihnya gw palsuin paraf nya.
Full dah tuh, semua kegiatan ada paraf imam nya.

Untuk ringkasan khotbah Jum'at, tinggal copas punya temen.
Yang penting paraf Khotib nya udah ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ev103 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ah tu juga objekan guru agama islam
profile-picture
profile-picture
JenarGering dan powerpunk memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane dapet ginian pas SMP aja dan gak pernah ane lakuin. Tinggal ngarang bebas aja.
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan powerpunk memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
dan goblognya ane, ane lakuin semua dengan jujur, padahal disekolah cuman dikumpulin doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itsmoll12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Jadi kangen masa2 ramadan dahulu
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Aslik dulu males bgt ngisinya, sekarang kangen bgt eyyyy
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Gara gara ini ane sering distrap pas pelajaran agama wkwk
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tema Khutbah Tarawih/kuliah subuh yg pasti ane karang di buku itu adalah keutamaan ramadhan, keutamaan puasa, keutamaan tarawih

emoticon-Ngakak
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di bag akhir Materi Ceramah kan gk full semua di isi, ane gambarin kepala anak punk lagi udud dan tulisan2 laknak lain nya, alhasil pas dikumpul di marahin emoticon-Ngakak
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semua itu sebenarnya tidak perlu diberikan buku kegiatan, karena urusannya bukan kepada si guru di sekolah. Daripada menjadi pangkal dusta dari ini, lebih bagus ke depan tidak perlu. Malah hanya jadi ajang bisnis percetakan dan jalurnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ev103 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Faak lah,
emoticon-Ngakak
Kitab kegelapan ini.
Sejak ngisi ginian, gw engga lagi takut dosa / masuk neraka.
emoticon-Ngakak

Baca komen yg lain jadi ngakak beneran
profile-picture
profile-picture
ev103 dan powerpunk memberi reputasi
Diubah oleh a2team
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Buku ramadhan itu pancingan biar anak2 mau ke mesjid. Toh kalo udah gede org ga perlu dipancing lagi pake buku ramadhan buat datang ke mesjid
profile-picture
profile-picture
crashtr dan powerpunk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pak Ustad berasa jadi artis dulu mah
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kira2 kids zaman now nemu kaya begian kagak ya?
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Huhuhu...tees bener nostalgia banget
Ke mesjid bawa sarung peci sm buku ramadhan cuma buat ngecengin cewek2 yg lagi taraweh...isinya sm cap mesjid bisa nyusul
emoticon-Embarrassment

Klo gw dulu wajib disuruh isi buku kegiatan setelah sholat taraweh dan subuh gan, biasanya ceramahnya.

Yang wajib itu stempel dari masjidnya, tanda tangan penceramah bisa kita palsuin, begitu jg isi ceramahnya bisa kita asal-asalin wkwkwk

Nah yg seru itu dulu gw nitip temen yg kakaknya punya stempel mesjid, gw titip buku kegiatannya ke temen gw, dicap sampe penuh ke belakang wkwkwk

Sisanya tinggal gw isi tanda tangan palsu sm isi ceramah palsu.

Pas udh masuk lg sekolah gw dapet nilai bagus gan wkwkwk

Jadi inget masa kecil itu

Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
wahahaha.. awal" bener tapi lama" diakalin emoticon-Ngakak

tapi, belakangan diamati kalo tu buku juga gak dicek amat ama guru ya udah selow aja haha emoticon-Hammer2
kalo mudik duluan tu konsepny gmn sih, izin cuti atau gmn
Emang sumber kedustaan siswa ini mah. Bagian ceramah tarawih malah banyakan ane isi dari buku kumpulan ceramah wkwk. Tanda tangannya dari ortu (bapak ane kadang kebagian ngisi ceramah juga di masjid) sama sodara ganti gantian.
Kegiatan paling gak guna......

Sebenarnya ini akal akalannya orba buat monitoring siswa supaya gak kudetaemoticon-DP
profile-picture
radjevic memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di