CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Larang Takbir Keliling di Malam Lebaran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607d530bdd305a0e56349aae/pemerintah-larang-takbir-keliling-di-malam-lebaran

Pemerintah Larang Takbir Keliling di Malam Lebaran

Pemerintah Larang Takbir Keliling di Malam Lebaran


Pemerintah melarang takbir keliling di malam Idul Fitri. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, putusan itu diambil lantaran takbir keliling berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Malam takbir Idul Fitri nanti, kita tahu bahwa takbiran ini jika dilakukan secara, yang sudah dari beberapa daerah, dengan cara berkeliling ini akan berpotensi menimbulkan kerumunan-kerumunan, dan ini artinya membuka peluang untuk penularan virus COVID-19. Oleh karena itu kami juga memberikan pembatasan terhadap kegiatan takbir ini, takbir keliling kita tidak perkenankan," kata Yaqut dalam jumpa pers virtual, Senin (19/4/2021).

Kendati demikian, Yaqut menekankan bukan berarti gelaran takbiran dilarang. Takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid atau musala, itupun dengan kapasitas maksimal 50 persen.

"Silakan takbir dilakukan di dalam masjid atau mushola, supaya sekali lagi, menjaga kita semua, kesehatan kita semua dari penularan COVID-19. Itupun tetap dengan pembatasan 50% dari kapasitas masjid atau musala," ujarnya.

Yaqut juga menjelaskan mengenai larangan mudik. Menurutnya, mudik di hari Lebaran hukumnya sunnah. Sementara, menjaga kesehatan hukumnya wajib.

"Kenapa dilarang? Karena kita memiliki dasar mudik itu paling banter hukumnya adalah sunnah. Sementara, menjaga kesehatan diri kita, menjaga kesehatan keluarga, menjaga kesehatan lingkungan kita itu adalah wajib. Jadi jangan sampai apa yang wajib itu digugurkan oleh yang sunnah atau mengejar sunnah tapi meninggalkan wajib, itu tidak ada dalam tuntunan agama," papar Yaqut.

"Jadi larangan mudik ini lebih ditekankan karena kita semua, pemerintah terutama ini, ingin melindungi diri kita dan seluruh warga negara ini agar terjaga dari pengeluaran COVID-19," sambung dia.

Sementara, untuk ibadah sunnah di bulan Ramadhan, seperti salat tarawih dan itikaf diperbolehkan. Namun, kata Yaqut, ibadah sunnah di masjid diizinkan dengan sejumlah syarat.

"Ibadah-ibadah sunnah di bulan Ramadhan, seperti salat tarawih, itikaf diperbolehkan. Tapi dengan pembatasan 50% dari kapasitas masjid atau musala, itupun hanya bisa dilakukan di zona hijau dan zona kuning. Untuk merah dan orange, tetap kita tidak memberikan kelonggaran untuk zona merah dan orange. Artinya sekali lagi bahwa dalil mendahulukan keselamatan itu adalah wajib harus lebih diutamakan daripada mengejar ke sunnahan yang lain," tutur Yaqut.

Menurut Yaqut dengan ikhtiar bersama ini, pandemi COVID-19 akan segera berlalu. Dia juga menegaskan, mendahulukan ibadah yang bersifat wajib tidak akan mengurangi pahala umat muslim di bulan Ramadhan.

"Saya kira dengan kita bersabar ini Allah akan memberi jalan atau hasil yang terbaik untuk kita semua dan bangsa dan negara. Dan insyaAllah ikhtiar bersama pemerintah dan masyarakat, bersama-sama kita melakukan aksi kolaboratif untuk menangani pandemi covid ini saya kira pandemi COVID-19 akan segera berlalu dan insyaAllah kita juga tidak akan kehilangan pahala apapun tidak akan kehilangan pahala sedikitpun jika kita mendahulukan yang wajib daripada mendahulukan yang sunnah," ungkap Yaqut.


Sumber




Apalah artinya lebaran tanpa mudik dan takbiran keliling

emoticon-Sorry emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
MUDIK DILARANG

TAKBIRAN KELILING DILARANG

emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Nggak apa2, takbiran di rumah atau di masjid juga bisa. Kalau perlu takbiran di rumah atau panti anak yatim. Sekalian zakat...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampung.kampung
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ya intinya mau konpoi2 jangan pas hari h, sesudahnya aja , supaya ga kena larangan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deluxe1 dan 4 lainnya memberi reputasi
Seperti biasa....larangan buat dilangar prinsip kadrun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Astajim emoticon-Kagets
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Nanti fasti ada yg ga ikutin aturan pempus dan lgsg dipujapuji netijen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novran86ers dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
hormati saja keputusan menteri emoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kok malah takut sama corona? Kantor2 udah gak mau wfh lagi.
profile-picture
profile-picture
babaysan dan extreme78 memberi reputasi
Take beer aja dirumahemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gw.kenshin1601 dan 2 lainnya memberi reputasi
yang melarang akan berhadapan dengan saya.

ttd
neng ira


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
baikl dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ultah

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Melarang tradisi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gw.kenshin1601 dan 3 lainnya memberi reputasi
Astagfirullah!
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Dari tahun lalu

Pemerintah Larang Takbir Keliling di Malam Lebaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
si bungsu galcrottt emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
snoopze dan extreme78 memberi reputasi
Pemerintah Larang Takbir Keliling di Malam Lebaran
pake pengeras suara dari masjid/mushola sebenernya udah cukup biar orang pada denger suara takbir emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
itkgid dan Sadhunter memberi reputasi
di kota2 besar dah mulai jarang, yang banyak di kota kecil/kabupaten
gak sekalian aja dilarang ngabuburit? gue kalo sore keluar jalanan dah kaya malem takbiran.. macet banyak orang dagang sana sini... gak usahlah pale aturan klo dalam penerapan hal kecil seperti contoh memakai masker aja gak dipatuhi.... bikin peraturan kok kayak acatra komediemoticon-Ngakak
profile-picture
deluxe1 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di