CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607d411264aca05bd01d71ae/timphan-kuliner-tradisional-khas-aceh-untuk-menu-berbuka-puasa-yang-manis

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis

Hai, Agansis sekaskus raya! Welcome back to my thread. Masih lancar puasanya? Semoga tetap sehat ya.

Bulan puasa terkadang menjadi kesempatan untuk penjual makanan menjajakan takjil untuk buka puasa, entah di pasar atau di depan rumah misalnya. Sudah menjadi ciri khas tersendiri saat bulan Ramadhan banyak sekali yang berjualan aneka makanan dan minuman segar.

Kadang juga, bulan puasa itu menjadi time untuk emak-emak yang mencintai seni masak-memasak. Time untuk mengekspresikan diri. Ya, dalam sebulan itu macam-macam dimasak untuk makanan berbuka puasa. Semacam menjadi waktu untuk eksperimen makanan dan minuman aneka resep.

Ada yang membuat percobaan berdasarkan resep dari internet, ada yang membuat kue-kue tradisional khas daerah.

Berbicara tentang kue khas daerah, di Aceh sendiri ada kue tradisional yang sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Kue khas itu adalah Timphan.

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis

Timphan berasal dari Aceh, biasanya dibuat saat ada acara seperti syukuran, atau pesta perkimpoian. Namun, Timphan juga sering dibuat para emak-emak untuk takjil saat bulan Ramadhan. Dan ... yang tak boleh ketinggalan adalah saat perayaan dia hari raya, Idhul Fitri dan Idul Adha.

Timphan adalah kue adonan terbuat dari tepung ketan yang diolah, dan dibalut dengan daun pisang muda. Biasanya Timphan diberi isian dengan dua jenis isian, yaitu srikaya dan unti kelapa. Hal itu sesuai selera saja, kalau ane sih lebih suka srikaya. Meskipun rasanya manis legit, tapi gak bikin eneg menurut ane (Baca saking doyannya)

Di rumah ane, setiap lebaran Timphan menjadi menu tak tak boleh ketinggalan. Biasanya Timohan dibuat saat hari Meugang, satu hari sebelum lebaran.

Baca Juga! 'Meugang' Tradisi Aceh Sebelum Menyambut Bulan Ramadhan

Penasaran gimana cara bikin Timphan khas Aceh? Jangan skip thread ini ya. Di bawah ini akan ane share bahan-bahan dan cara membuat kue bercita rasa manis itu.

Tutorial, check!

Bahan isian srikaya

5 butir telur
1 buah kelapa untuk santan
750 gram gula pasir
Sedikit maizena
Vanili
Sejumput garam
Daun pandan

Cara membuatnya

1. Kocok telur dan gula sampai mengembang di wajan, tapi bukan mengembang seperti untuk membuat bolu. Minimal kelihatan kental dan gulanya pecah.

2. Campurkan kelapa dengan daun pandan, tambahkan air, lalu blender biar santan dan daun pandan menyatu. Jadi sekaligus biar wangi. Setelah itu disaring.

3. Tambahkan sedikit maizena, garam dan vanili

4. Terakhir masak di api yang sedang hingga matang.



Bahan isian unti kelapa

1 buah kelapa parut
Gula secukupnya
Garam
Vanili
Sedikit air
Daun pandan
Buah nangka dipotong dadu biar wangi

Cara membuat
1. Oseng gula hingga berwarna kecoklatan.

2. Masukkan kelapa parut, daun pandan, vanili, sedikit garam dan buah nangka yang dipotong dadu, juga sedikit air.

3. Aduk hingga menjadi unti kelapa yang enak.



Bahan-bahan utama untuk bagian kulit timphan

1 sisir pisang raja masak
1 bungkus tepung ketan Rose Brand
1 buah kelapa untuk santan
Sejumput garam dan gula
Minyak goreng untuk olesan
Daun pisang muda

Caranya

1. Masak santan dan pisang raja. Masukkan sedikit gula dan garam. Setelah masak, dinginkan.

2. Tuangkan campuran pisang dan santan tadi ke wadah, lalu tambahkan sedikit demi sedikit tepung ketan.

3. Setelah dicampur, diuleti hingga adonan terasa tidak lengket lagi. Tahap ini yang sedikit lama, tapi gak lama amat lah.

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis

4. Setelah tepung adonan dirasa siap diolah, ambil sedikit-sedikit lalu dibikin bulat-bulat seukuran bakso lah kira-kira. Hal ini dilakukan agar ukuran timphannya sama.

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis
Lihat tahapannya satu persatu ya.

5. Setelah dibentuk bulat-bulat, taruh di daun pisang muda, olesi sedikit minyak biar pas matang nanti kuenya gak lengket di daun. Setelah itu pipihkan dengan tangan, lalu isi isian yang tadi dibuat. Mau srikata atau unti kelapa terserah aja sih.

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis

6. Setelah semua adonan selesai dibuat, kemudian kukus di api yang sedang.

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis

7. Tunggu beberapa menit, dan Timphan siap disantap bersama keluarga tercinta.

'Timphan' Kuliner Tradisional Khas Aceh untuk Menu Berbuka Puasa yang Manis


Jujur saja menurut ane Timphan ini enak banget dan masuk list favorit. Apalagi kalau isiannya pakai srikaya rasa durian, mantep banget Ya Allah ....

Mana nih yang dari Aceh? Tentu tidak asing dong dengan Timphan. Atau ada yang dari luar Aceh tapi sudah sering mencicipi Timphan? Hmmm ....

Sekian tips membuat Timphan khas Aceh dari ane. Jika ada yang kurang atau salah mohon kritik dan saran. Karena ane bikin resep ini dari hasil pengamatan ane setiap mau lebaran lihat emak bikin Timphan, hehe.

Semoga thread ini bermanfaat ya. Jangan lupa cendol, rate, komen dan share ya. See you! emoticon-Cendol Gan

Ditulis oleh @ElviHusna
Opini pribadi
Sumber gambar 1 2 3


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ElviHusna
Halaman 1 dari 2
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh ElviHusna
Mana nih penggemar Timphan? Wkwk
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Pernah liat di tipi, enak banget keknya🤤
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jadi inget Surya Masterchef kemarin.....
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan ElviHusna memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
baru tau ane makanan timphan, blm pernah nyobain juga. this is new to me. nice info sis
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ijin bertanya kepada agan yang domisili di Aceh. saya pernah dikirimi kue jaring (kata relasi dari Aceh), isinya mirip kue model lubang2, diberi irisan nanas dan daging sapi. saya coba cek di Gofood kok ga nemu ya ? kira-kira apa ya nama makanan yang pernah saya makan itu ?
profile-picture
profile-picture
ElviHusna dan sposolo memberi reputasi
sama sekali belum pernah nyobaa sih dan penasaran ama rasanyaa

hehehehehe
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pernah nyobain kue ini beberapa kli,tapi klo di kota ane jarang yg jual..mau bikin males,udh keburu cape kerja emoticon-Ngakak
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Quote:


Iya, gan. Thanks for visiting

Quote:


Kayaknya saya juga belum pernah nyoba makanan ini. Penasaran juga namanya apa. Yang ada tuh keukarah, teksturnya kek jaring-jaring gitu, tapi dia renyah dan rapuh.

Coba saya cari tahu ya 🤔

Quote:


Ayuk bikin sendiri, enak kok

Quote:


Agan di kota mana?
profile-picture
akutenshi memberi reputasi
Bentuk nya mirip lontong nih gan 🙄, cuman kecil dan ada isiannya 😁
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
wah enak kayaknya emoticon-Matabelo kirain kulitnya itu daun pisang mudanya ternyata bukan wkwk
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Pu haba gan? Ureung pane gata?
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak nih kayaknya
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
wah dari negeri serambi mekah nih, kayaknya menarik
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Bentuknya terlihat asin eh ternyata manis ya. Wah penasarannnnn rasanya
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Enak, apalagi srikayanya pakai durian 🤤

Quote:


Iya, gan. Makasih udah mampir

Quote:


Iya, manis sis
Makanan rasa srikaya ya.. Ane blm pernah nyoba sih.. Kayanya enak dr tampilannya.. Jadi pingin nyoba
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Lum pernah makan seh, tp klu dtmpat ane ada makan yg mirip timphan namany utri berbhan dsar singkong gan....🤭🤭🤭
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
bentuknya imut-imut ya panjang ramping gitu emoticon-Big Grin di sini nggak ada yang jual sayangnya heu
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Quote:


Wah, disini juga ada timphan yang diolah dari singkong, tapi isiannya nkhisus unti kelapa oseng

Quote:


Hayuk bikin sendiri gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di