CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / The Rest of the World (International Food) /
Rekomendasi Rice Bowl ala Korea untuk Menu Sahur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607d35f286244e17311e4663/rekomendasi-rice-bowl-ala-korea-untuk-menu-sahur

Rekomendasi Rice Bowl ala Korea untuk Menu Sahur

#RamadanBerkah


Jika kamu ingin hidangan yang praktis untuk menu sahur, Ane sarankan untuk coba menyiapkan hidangan nasi mangkuk (rice bowl) ala Korea. Dijamin, cara membuatnya mudah dan gak ribet kok!

Rekomendasi Rice Bowl ala Korea untuk Menu Sahur


Kenapa harus rice bowl?


Rice bowl dapat dipilih sebagai hidangan makanan saat sahur karena sangatlah praktis. Apalagi kalau Agan adalah orang yang selalu telat untuk bangun sahur, nah solusi untuk masalah tersebut adalah rice bowl yang bisa dikonsumsi dalam waktu yang terbatas.

Meskipun praktis dan porsinya tidak besar, tapi rice bowl sudah memiliki kandungan yang lengkap dan sehat, loh. Beberapa kandungan yang terdapat dalam rice bowl diantaranya adalah karbohidrat, sayur, lauk pauk, dan kandungan lainnya yang masuk kedalam kategori 4 sehat dan 5 sempurna.

Lantas, apa aja ya rekomendasi hidangan rice bowl ala Korea yang cocok untuk menu sahur?

Quote:

Rekomendasi Rice Bowl ala Korea untuk Menu Sahur

Beef bulgogi atau sapi BBQ Korea adalah hidangan yang sudah familiar dan banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Rasa dari beef bulgogi pun sangatlah lezat dan gurih. Berikut ini bahan-bahan yang harus Agan siapkan ya untuk membuat rice bowl beef bulgogi:

  • Ambil 300 gr daging sapi, pilih yg sedikit lemaknya.
  • Siapkan Baham Marinasi:.
  • Sediakan 3 buah bawang merah, ukuran besar.
  • Sediakan 1 siung bawang putih.
  • Gunakan 1/4 daging apel/pir/nanas.
  • Siapkan 2 sdm gula merah.
  • Gunakan 40 ml, 4 sdm soy sauce, kecap asin jepang.
  • Siapkan 1 sdm minyak/butter untuk memasak sapi.
  • Gunakan Sekupnya daun bawang iris, untuk taburan.
  • Siapkan Secukupnya biji wijen, taburan.
  • Siapkan 1 sdt minyak wijen, optional.
  • Gunakan Nasi putih.



Quote:

Rekomendasi Rice Bowl ala Korea untuk Menu Sahur

Keunggalan dari Bibimbap adalah topping-nya yang bisa Agan atur sesuai dengan selera. Makanya, Bibimbap menjadi hidangan rice bowl ala Korea yang cukup populer di Indonesia. Nah, biar lebih jelas, berikut ini bahan-bahan yang harus Agan butuhkan untuk membuat Bibimbap Korean Rice Bowl:

  • 3 centong nasi hangat
  • 200 gr daging ayam (boleh ganti daging yg lain)
  • 1 butir telor ayam
  • 1 buah tahu putih (uk. besar)
  • 1 buah wortel (uk. sedang)
  • 1 buah timun (uk. sedang)
  • 2 helai pok choy/ sawi hijau
  • 4 sdm toge
  • 1/2 siung bawang bombay (uk. sedang)
  • 2 siung bawang putih (cacah halus)
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt saos tiram (me: saori saos tiram)
  • 1 sdt saos lada hitam (me: saori lada hitam)
  • 1 sdt saos asam manis (me: saori asam manis)
  • 2 sachet saos sambal
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 batang cabe merah keriting
  • 2 batang cabe ijo besar
  • 3 biji cabe rawit
  • 1 sdt tepung maizena (dilarutkan)
  • Secukupnya kaldu ayam (me : Royco rasa Ayam)
  • Secukupnya kaldu sapi (me : Royco rasa Sapi)
  • Secukupnya lada bubuk
  • Secukupnya margarine (boleh ganti minyak)
  • 2 centong sayur air kaldu rebusan daging (ayam/sapi yg dipakai)
  • Secukupnya wijen sangrai
  • Secukupnya cabe bubuk (me : Bon Cabe)



Quote:

Rekomendasi Rice Bowl ala Korea untuk Menu Sahur

Dakgangjeong adalah ayam goreng madu ala Korea yang cocok untuk Agan pecinta ayam goreng. Pasti kebayang dong bagaimana nikmatnya menyantap hidangan untuk sahur dengan menu ayam goreng madu. Nah, kalau Agan udah gak tahan untuk membuatnya, berikut ini Ane sertakan bahan-bahan yang harus dibutuhkan:

Bahan ayam
  • 250 gram dada ayam
  • 3 sdm tepung serbaguna
  • Air secukupnya
  • 1 bungkus kecil tepung serbaguna


Bahan saos
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 2 sdm saos tomat
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 2 sdm madu
  • Secukuonya cabe bubuk
  • 2 sdm minyak wijen


Pelengkap
  • 1 porsi nasi
  • Telur orak arik
  • Wijen



Setelah melihat rekomendasi rice bowl ala Korea dari Ane, kira-kira menu hidangan yang mana nih yang bakal Agan buat untuk dimakan saat sahur nanti?

Kalau Agan ada rekomendasi rice bowl ala Korea lainnya, boleh banget dong share disini ya!


#RamadanBerkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh RickyAdr
Halaman 1 dari 2
Seprtinya menarik nih gan sis, karena menu ini selain lagi viralnya tp juga enk. Buatnya pun juga mudah.nt bisa di coba ya gan sis,
ini tuh jadi dagingnya dimarinasi dulu terus ditumis kan? udah gitu doang yak
pernah nyobain bibimbap rasanya kayak pecel dengan kearifan korea emoticon-Wakaka
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
keren enak banget ya....seneng tampilanya bersih dan rapi....porsi juga pas.
Mantap nih gan 😂
itu bahannya diapain gan, bingung masaknya kayak gimana ?
Nasi Campur ala Korea
Kayaknya buatnya gak begitu susah ya sis gan, tapi nanti deh coba kalau ada waktu haha
dakgangjeong paling gampang dimasak yeee bumbunya gitu doang sebenernyee
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
berhubung budget terbatas, jadi daging sapinya ganti pake ayam aja bisa kan ya emoticon-Hammer2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Menarik nih kayaknya, tapi buat buka ajaaa. Kalo buat sahur kayaknya terlalu mager wkwk
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
wah boleh juga nih dicoba buat menu sahur ntar
Keliatannya enak dan gampang ya bikinnya.. Tp pas dicoba sendiri paling gk sesuai ekspektasi wkwk
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bibimbap nih yg mayan sering ane order tiap ke resto korea gitu. Ngenyangin banget sih karna porsinya banyak, macemnya juga banyak .. dibawah ada nasi, trus macem2 sayur mayur juga, ada dagingnya sama telur. Enaknya sih makannya diaduk jadi satu gt
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bisa nih buat teman berbuka, mantep keliatannya. Penasaran buatnya deh. Apalagi rice bowl dakgangjeong kayaknya cukup mudah ya cuman gatau dah rasanya wkwkkw
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keliatannya enak dan simpel ya, lumayan bisa buat menu berbuka
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
thank you gan, bisa langsung dipraktekin di rumah, bahannya juga udah jelas
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bibimbap... Favorit ane banget sih ini
Bisa kalik ya dicoba buat sahur...cuma kudu persiapan dari malem dong yak
Bahannya banyak 😂😂
Hmmmm enakk, kalo nasinya tambah rumput laut keknya tambah enak lagi deh tuh
kalo menu sahurnya kayak gini mah ane semangat sahur haha
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di