CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemudik Nekat Terancam Isolasi sampai Denda Rp100 Juta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607cfc74bc77ad5f0f179ad2/pemudik-nekat-terancam-isolasi-sampai-denda-rp100-juta

Pemudik Nekat Terancam Isolasi sampai Denda Rp100 Juta


Pemudik Nekat Terancam Isolasi sampai Denda Rp100 JutaPenumpang kereta di Stasiun Senen. Β©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Pemerintah melarang mudik Lebaran 2021. Hal ini sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 yang masih ada di Indonesia.


Semua kalangan masyarakat, baik itu karyawan BUMN, karyawan swasta, pegawai negeri sipil, anggotaΒ TNI-Polri, pekerja formal maupun informal, hingga masyarakat umum dilarang mudik. Masyarakat yang nekat mudik bisa disanksi sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.


Dikutip dari Antara, aturan larangan mudik pada 6-17 Mei tertuang dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 selama bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.


Dalam Surat Edaran tersebut, disebutkan masyarakat yang nekat mudik akan diberikan sanksi yang berpatokan pada Undang-Undang (UU) tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dalam Pasal 93 disebutkan bahwa hukuman kurungan paling lama adalah setahun dan denda maksimal hingga Rp100 Juta bila melanggar aturan mudik ini.


"Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000," demikian bunyi Pasal 93.
Sejumlah otoritas daerah pun mengeluarkan kebijakan untuk mendukung keputusan pemerintah pusat. Polda Jawa Timur misalnya, akan melakukan penyekatan di tujuh titik perbatasan. Polda Jawa Tengah menyiapkan 14 titik penyekatan, yang poskonya sudah didirikan sejak Senin, 12 April.


Polda Jawa Tengah akan menerjunkan sekitar 11 ribu personel gabungan TNI-Polri untuk ditempatkan di titik jalur mudik. Polda Jawa Barat menyiapkan 338 pos penyekatan di seluruh wilayah hukum Polda Jawa Barat untuk mencegah masyarakat mudik. Sedangkan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 10 titik penyekatan yang dijaga selama 24 jam.


Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyampaikan, warga yang nekat mencuri start mudik sebelum 6 Mei 2021 akan dikarantina lima hari. Karantina tidak di rumah masing-masing, tetapi di tempat yang sudah disediakan pemerintah daerah setempat.
Sosiolog dari Universitas Gadjah Mada Sunyoto Usman mengatakan, larangan tegas mudik bisa saja berjalan optimal, tetapi tantangannya cukup berat. Menurut dia, harus ada penjelasan bahwa larangan mudik hanya sementara karena masih pandemi Covid-19.
"Covid-19 masih sangat berbahaya, mudik bisa jadi klaster baru, gagal memutus mata rantai penularan. Pejabat, tokoh-tokoh masyarakat, ulama harus memberikan contoh bahwa mereka tidak mudik. Dibutuhkan keteladanan," tuturnya.


Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen berpendapat, pemerintah daerah (Pemda) harus tanggap dan merespons secara tepat penanganan pemudik yang datang terlebih dahulu sebelum Ramadhan. Nabil menilai, harus ada upaya pencegahan agar virus tidak menyebar secara cepat.


"Misal, dengan isolasi dulu di penginapan atau hotel, sebelum masuk ke kampung halaman. Maka, pada titik ini, pemda harus berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, untuk mengatur agar desa bisa tercegah dari penularan virus," ujar Nabil.
Menurut dia, ketegasan yang bisa dilakukan pemda dengan isolasi selama waktu yang direkomendasikan. "Atau, dengan menunjukkan surat negatif Covid-19 dari institusi yang berwenang. Akan tetapi, koordinasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa sangat penting untuk Tindakan pencegahan ini," katanya.
Dia pun menilai, Pemerintah Pusat harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, agar informasinya tepat dan satu pintu.


"Kalau kebijakannya mengambang, maka tidak akan efektif. Maka, kebijakan satu pintu yang integral antara pemerintah pusat dan daerah ini sangat penting," ujar Nabil.


https://www.merdeka.com/peristiwa/pemudik-nekat-terancam-isolasi-sampai-denda-rp100-juta.html


ADA YG MAU COBA?

NIH PERATURAN BERTAJI ATAU CUMA NAKUTIN AJA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Wis pasti pada nekat pulang
Biar di penjara ..kan dapet makan
Drp skr jaman susah 🀣🀣emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyampaikan, warga yang nekat mencuri start mudik sebelum 6 Mei 2021 akan dikarantina lima hari. Karantina tidak di rumah masing-masing, tetapi di tempat yang sudah disediakan pemerintah daerah setempat.

kalo yang mudik ada 10.000.....emang ada tempat yang muat...

kalo 100.000 orang??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
berani melarang hah? emoticon-Mad

Pemudik Nekat Terancam Isolasi sampai Denda Rp100 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
kata anak presiden disini

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5535063/gibran-minta-tak-ada-yang-curi-start-mudik-sebelum-6-mei

boleh mudik kok, bawa hasil tes pcr aja

Namun putra sulung Presiden Joko Widodo itu tidak serta-merta melarang. Dia memperbolehkan dengan alasan mendesak.

"Kalau terpaksa ke Solo, bawa surat swab atau PCR test. Pastikan ayah ibu yang akan dijenguk itu tidak tertular," ujar dia.


"Makanya vaksin lansia kita kebut. Kalau anak-anak datang dari Jakarta, mereka tidak tertular," katanya.

khusus yg mudik ke solo ya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 2 lainnya memberi reputasi
Katanya penjara overlot

:emoticon-Wkwkwk
Pemudik Nekat Terancam Isolasi sampai Denda Rp100 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 3 lainnya memberi reputasi
Bikin aturan kok ngacem...

Harusnya yang gak mudik dikasih 100jt, pasti pada diem dirumah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Ngak mudik kok, cuman pulang desa aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jefkyo dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
misalnya perantau di jakarta lebih dari 5 jt orang.. semua pada nekad mudik, trus keciduk di denda 100 jt/orang bayangin nya aja udah WADIDAWW
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Yg penting Pak Anies udah mudik duluan kemaren ke Kuningan

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 5 lainnya memberi reputasi
Aturan plintat plintut
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 5 lainnya memberi reputasi
Taek lu pemerintah taunya cuma nyusahin rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pisangkepok008 dan 5 lainnya memberi reputasi
Ane kaga mudik bre, cuma balik bentaran doang nengokin orang tua emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
yang uda di vaksin gpp kali mudik emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
saya mikir dendanya terlalu bombastis. nanti kalau kena nanti dibilang: kasihan, menindas rakyat kecil.
sudahlah, suruh putar balik atau denda saja Rp. 20juta per kepala atau kurungan 6 bulan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 2 lainnya memberi reputasi
waduh ngeri bet ancamannya. Nggak jadi mudik dah.

eh ding, gua kan udah tinggal di kampung. Nggak perlu mudik emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo PNS TNI/Polri bakalan dipecat emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
jurusdewa.com dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terserah kalo ente ngatain ane kadrun. Tapi rejim ini udah la bobrok gak jelas pula jayak anak smp mens emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BamzDelonge dan 4 lainnya memberi reputasi
Gk usah mudik ah, 100jt ny buat beli cendol trs buat ngisi kolam renang di rumah
Mandi cendol deh 😁
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Seperti tahun lalu, tidak efektif. Tahun lalu juga banyak yang masih bisa pulkam. Pengalaman tahun lalu, di perbatasan sebelum lebaran ada yang jaga anggota TNI dan polisi. Mendekati lebaran posnya kosong gak ada personil 1pun. Lagian tanggal 2 april kemarin juga terjadi kemacetan karena libur panjang. Apa langkah pemerintah saat itu? Ada karantina gak?.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Misalnya denda yang bisa dijangkau seluruh kalangan 200 ribu dan yang mudik misalkan 4 juta orang. Tinggal dikalikan aja 200 ribu. Udah berapa ratus milyar tuh ! Lumayan buat balik modal korupsi bansos !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pisangkepok008 dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di