CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ibarat Makan Kotoran Sendiri, Apakah Menyombongkan Kebaikan Dapat Dibenarkan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607cbf1b9cbb0e2a4d7bb522/ibarat-makan-kotoran-sendiri-apakah-menyombongkan-kebaikan-dapat-dibenarkan

Ibarat Makan Kotoran Sendiri, Apakah Menyombongkan Kebaikan Dapat Dibenarkan?

Ibarat Makan Kotoran Sendiri, Apakah Menyombongkan Kebaikan Dapat Dibenarkan?
Pernahkan Agan dan Sista menyombongkan diri dalam kebaikan yang dilakukan?
Tuhan Maha baik dan tidak pernah menyombongkan diri!


Sombong, adalah sikap dimana seseorang merasa lebih tinggi dari orang lain, memamerkan segala sesuatu yang dimiliki kepada orang lain dan tidak mau tahu perasaan orang lain akan perilaku yang mereka lakukan.
Jika di dalam bahasa Arab sombong memiliki istilah fakhar yaitu sikap angkuh, congkak, arogan, besar kepala, tinggi hati dan semena-mena terhadap orang lain!

Melihat pengertian sikap sombong sendiri pasti Agan dan Sista sudah paham bahwa perilaku tersebut tercela. Tidak hanya tercela, sikap sombong adalah sikap yang dibenci oleh Tuhan yang Maha Esa entah di mana pun orang tersebut tinggal, niat apapun yang melatar belakanginya dan orang beragama apapun yang melakukannya.

Sikap sombong yang dilakukan oleh manusia sendiri tentu sangat bertentangan dengan kodrat manusia sebagai hamba, dimana setiap yang dimiliki hamba adalah karunia Tuhannya, dan setiap yang disombongkan oleh mereka adalah milik Tuhannya.


Ibarat Makan Kotoran Sendiri, Apakah Menyombongkan Kebaikan Dapat Dibenarkan?


Perilaku atau sikap sombong merupakan penyakit hati GanSis. Dimana penyakit tersebut dilatar belakangi karena seseorang tersebut merasa berprestasi, merasa mampu dan merasa diri mereka lebih dibandingkan orang lain sehingga mereka lupa bahwa di atas langit masih ada langit dan sedalamnya samudera itu memiliki dasar dan akan kering suatu saat jika Tuhan menghendaki.

Adapun tujuan dari seseorang melakukan dan menunjukkan sikap sombong tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk mendapatkan pengakuan, ingin dipuji, cari muka, atau ingin merasa lebih berada dari orang lain. Meskipun sering kali orang sombong tidak mau mengakui bahwa mereka sombong atau ada orang sombong yang mengaku bahwa mereka sombong namun untuk menunjukkan sikap baik atau berniat mengajak orang lain untuk berbuat baik, namun kesombongan bukan merupakan sikap baik yang boleh dilakukan oleh manusia GanSis, sebab dimuka bumi ini tidak ada yang patut disombongkan karena semua milik Tuhan!

Perlu menjadi catatan dan peringatan bagi kita semua GanSis, alasan pertama kenapa iblis dimurkai dan dilaknat oleh Allah SWT adalah karena kesombongannya, dimana dia tidak mau untuk menyembah Adam atas perintah Allah karena iblis merasa dia lebih kuat dan diciptakan lebih dulu. (QS Al Baqarah ayat 34).


Ibarat Makan Kotoran Sendiri, Apakah Menyombongkan Kebaikan Dapat Dibenarkan?


Selain dari QS Al Baqarah ayat 34, kesombongan juga dijelaskan di dalam beberapa surat dan ayat lain di dalam Al-Qur'an GanSis.
Di dalam QS Shad ayat 73-74 dijelaskan bahwa orang sombong termasuk ke dalam golongan orang kafir dan termasul perbuatan syirik.
Diperjelas dengan surat An-nahl ayat 22-23 dimana Allah tidak menyukai orang-orang sombong!

Jadi kesimpulannya entah apapun niat seseorang melakukan kesombongan itu tidak dapat dibenarkan ya GanSis, dan sebaik-baiknya sikap manusia adalah sikap rendah hati meskipun mampu dan berbuat kebaikan.

Tentu saja thread ini ane buat bertujuan untuk menasihati diri ane sendiri dan juga pembaca yang memang mau untuk memahami bahwa sikap sombong itu tidak baik dan harus dihindari ya GanSis. Tidak ada maksud ane untuk merendahkan atau menggurui orang lain karena ane sendiri pun juga manusia yang tidak luput dari dosa dan kesalahan. Saling mengingatkan dalam kebaikan akan sangat lebih baik dibandingkan dengan membiarkan keburukan tanpa memberikan peringatan ataupun teguran!

Oke, semoga thread ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih buat Agan dan Sista yang telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


Ibarat Makan Kotoran Sendiri, Apakah Menyombongkan Kebaikan Dapat Dibenarkan?


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar: Google pict

profile-picture
profile-picture
profile-picture
budakbaleg dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Matabelo salam santun
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
emoticon-Ngakak mau nyombongin apa?
Mati gak dibawa kan
profile-picture
profile-picture
habibpalsu90 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menyombongkan kebaikan jatuhnya riya bukan gan?
profile-picture
profile-picture
habibpalsu90 dan masnukho memberi reputasi
jiaaah, bwt apa ?? mungkin bagus di mata sesama manusia juga emoticon-Cool

trus zonk kan di mata tuhan
profile-picture
profile-picture
006Charizard dan masnukho memberi reputasi
Diubah oleh dilute_31
Quote:

Yap bener gan emoticon-2 Jempol

Quote:

emoticon-Matabelo bener gan, malah nambah dosa
Katanya salah satu alasannya buat menebar kebaikan. Jadi kembali lagi ke kita yang menikmati konten tsb mau ngambil baiknya apa buruknya emoticon-Cendol (S)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
yang peduli soal benar siapa dulu? ada emangnya? intinya mereka ga melanggar hukum yang berlaku lo ga bisa bicara benar apa salah, lebih tepatnya kalau mau nyinyirin bahas soal etis ga etisnya....emoticon-Ngacir
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Tangan kanan memberi, tangan kiri diam. Begitulah kira2
profile-picture
profile-picture
habibpalsu90 dan masnukho memberi reputasi
menurut gw gak masalah sih, yang penting yg dia sombongkan kebaikan, setidaknya dia melakukan kebaikan, masih mendingan dari berdiam diri atau malah berbuat keburukan.
BTW ujungnya juga dia rugi sendiri, kebaikannya gak dapet pahala & otomatis orang2 jadi gak respect sama orang tersebut.
buat gw setidaknya, pamer kebaikan lebih baik daripada pamer harta, apalagi orang yang yg justru bangga dengan kebejatannya (banyak tuh di podcast2 youtube) emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Berbuat baik itu nga perlu dibicarakan atau ditunjukkan.
Ibarat pepatah:
Tangan kanan berbuat, tangan kiri jangan dikasi tahu apapun.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Mendingan mana gan? Pamer harta lewat kebaikan atau pamer kebaikan lewat harta? emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
kan mereka bilangnya "motivasi"........

seperti yg sy bilang, jika pamer adalah motivasi maka menghujat pun adalah motivasi.....


entah sadar atau tidak sebenarnya mereka ingin seperti gladiator yg jadi pemenang sehingga mendapat sorakan para penonton....


klo yg sy pernah rasakan pribadi seperti itu....dapat like, macam seperti ada rasa bangga tersendiri ataupun kepuasan batin..... emoticon-Ngacir
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane Suka ga sreg sama mobil / motor yg pasang stiker "bukan riba"....

Iya bukan riba, tapi jadi pamer klo lu punya duit cash buat beli mobil/motor
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan masnukho memberi reputasi
Biarlah kita dan tuhan saja yg tau emoticon-Traveller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Setau ane,...
Sombong (hal yg baik) kepada orang yg sombong (hal yg buruk) msh di perbolehkan (tdk berdosa) selama tdk berlebihan,...
dan itu seburuk²nya ibadah,...
lebih baik diam & sebaik²nya ibadah ya mendo'akan orang sombong tsb agar di beri petunjuk atas kesombongan'a,...

emoticon-Malu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo gitu ya gan?
Menyombongkan diri sih setau ane mau alasannya apapun tetap gak bener gan

Quote:

emoticon-Ngakak coba baca threadnya gan, kan ane bahas dari agama

Quote:

emoticon-2 Jempol sepaket

Quote:

emoticon-Matabelo sama-sama gak baik jadi lebih baik pamer kebaikan gitu gan?
profile-picture
JenarGering memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo nah ini sih baru bener gan

Quote:

Pamer harta lewat kebaikan dengan cara gak pamer gan emoticon-Matabelo

Quote:

emoticon-Matabelo dei like dan komentar positif ya gan

Quote:

emoticon-Ngakak tipis banget ya mereka cara pamernya, padahal itu dah sombong akut

Quote:

emoticon-2 Jempol betul

Quote:

Nah kalau ini bener gan, bersombomg hal baik kepada orang sombong hal buruk itu diperbolehkan
profile-picture
JenarGering memberi reputasi
tuh. syarat masuk syurga hati manusia harus bersih seperti hatinya anak bayi.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Tapi lebih baik menurut ogut daripada pamer harta
Ada salah satu artis terkaya disini bilang
"Kita mah kalo nyumbang diem diem"
Nyumbang diem diem tapi pamer harta koar koar, bikin kesenjangan dan rasa iri doang
profile-picture
masnukho memberi reputasi
bener bre, tidak ada satupun manusia di bumi ini yang pantas untuk bersifat sombong kecuali sang pencipta.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di