CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6079922cd4ba596e8e18c701/apa-aja-sih-hal-yang-harus-diperhatiin-saat-mau-jogging

Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?


Kegiatan olahraga bukan lagi ajang yang menyiksa tapi sekarang ini udah jadi hal yang seru banget! Ngelepasin penat bisa dengan olahraga, buang lemak olahraga, bahkan kalau lagi sedih pun paling enak ya olahraga. Meluasnya budaya hidup sehat di tengah-tengah penyakit covid 19 ini emang lagi ngehype banget. Masyarakat gak pandang gender, mulai mau makan sehat, rajin meminum vitamin, menjaga kebersihan apalagi kalau beraktivitas di luar rumah, dan gak lupa untuk bergerak aktif!

Hobi baru yang muncul ini gak cuma menguntungkan kita aja loh sebagai penikmat, tapi juga berbagai pedagang, contohnya nih Gan & Sist, banyak penggemar sepeda jadi toko peralatan sepeda mulai muncul, tempat gym yang awalnya tutup di masa pandemi mulai berani buka karena udah banyak banget yang jenuh dan butuh olahraga, dan komunitas juga mulai terlihat dipermukaan. Semua orang mulai memutar otak gimana caranya tetap sehat tapi juga gak stress di rumah.

Salah satu olahraga yang jadi kesukaan ane sendiri adalah jogging. Jogging sendiri menurut ane itu di tengah-tengah antara jalan dan lari jadi jatuhnya lebih santai. Aktivitas ini salah satu kegiatan yang asik banget dilakuin sendirian atau bareng-bareng. Kalau Agan & Sista ngelakuin jogging sendirian, tetep bakalan asik karena bisa sambil dengerin lagu dan mikir kemana-mana, bahkan bisa juga loh sambil nyusun apa yang mau dilakuin di hari itu.

Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

Photo by Pixabay  from Pexels

Jogging secara berkelompok gak kalah asiknya selain sambil bisa ngobrol, dan bersama-sama itu bikin lebih gak kerasa capeknya. Tubuh terhitung full bergerak, mulai dari tangan, kaki, pinggang, bahkan perut. Pernah gak sih Agan & Sista ngerasain capek banget saat jogging? Atau sakit perut nyeri? Atau kaki kram? Nah, mungkin Agan & Sista lupa buat merhatiin hal-hal di bawah ini:

1. Makan Sebelum Jogging

           Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

           Photo by Ryutaro Tsukatafrom Pexels

Ini jadi salah satu hal yang pro dan kontra dilakuin sebelum olahraga. Ada yang bilang lebih baik gak makan dulu karena takut mual kalau makan atau ada yang bilang makan dulu supaya gak lemes. Ane sendiri tim yang minimal makan dulu. Dulu ane juga gak merhatiin nutrisi sebelum olahraga, karena kirain gak ngaruh, kenyataanya ngaruh banget. Makanan yang dikonsumsi gak usah terlalu banyak kok, minimal 1 pisang aja udah cukup ngasih energi.  Hal ini dilakuin biar gak kerasa terlalu capek atau badan lemes setelah ngelakuin jogging.

2. Jangan Menggunakan Baju Terlalu Besar

Siapa yang bilang kalau baju yang dipake pas olahraga gak penting? Dalam prakteknya penting banget. Untuk olahraga yang satu ini, ane gak nyaranin buat pakai baju yang gombrong atau terlalu besar, untuk wanita berhijab, minimal gak terlalu membentuk tubuh. Baju ini berpengaruh karena kalau terlalu besar dan saat jogging bergerak kesana kemari, akan jadi lebih berat dan gak nyaman. Jadi kalau bisa menggunakan baju untuk olahraga dan gak harus ngepas di badan kok! Minimal gak mengganggu saat lari.

Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

Photo by cottonbro  from Pexels

3. Menggunakan Sepatu Lari

Bagi Agan & Sista yang suka lari, pasti ngerti banget perbedaan pakai sepatu lari dan nggak. Beberapa orang mungkin mengabaikan peraturan yang satu ini dan gak terlalu sadar perbedaannya. Yang jadi perbedaan pakai sepatu lari dan nggak itu biasanya ketika menggunakan sepatu lari, pijakan akan jadi lebih empuk jadi lari juga lebih nyaman. Perbedaan lainnya ditemuin saat setelah lari, kalau gak pakai bakalan lebih kerasa pegelnya dibanding pakai.

Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

Photo by JESHOOTS.com  from Pexels

4. Dilarang Minum Berlebihan

Mungkin bagi sebagian orang minum bisa membuat capek pas jogging ini jadi berkurang, tapi nyatanya, terlalu banyak minum sebelum atau saat jogging membuat badan jadi kaget dan biasanya yang akan terjadi adalah mual. Minum boleh tetapi jangan berlebihan dan secukupnya aja, Gan & Sist!

Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

Photo by Pixabay  from Pexels

5. Playlistmu!

Jogging sendiri yang paling penting adalah playlist. Mending kalian susun playlist dengan lagu-lagu kesukaan kalian dan kalau bisa yang beatnya asik. Ini ngaruh banget buat bikin mood kalian naik pas lagi lari. Nah, kalau mood udah naik, jogging pasti jadi lebih enak dan semangat.

Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

Photo by Andrea Piacquadio  from Pexels

6. Track Untuk Jogging

Tanpa disadari, kadang ini kurang diperhatiin sama beberapa orang. Ngerasanya semua jalanan sama aja, nyatanya nggak! Bagi pemula, ada baiknya pakai track yang rata atau minim naik turun. Ini berguna untuk ngelatih kaki kalian dulu, kalau udah terbiasa, baru Agan & Sista bisa menggonta ganti jalur sesuai yang diinginkan.

Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

Photo by Pixabay  from Pexels

Itu dia beberapa tips yang bisa ane kasih. Kalau Agan & Sista punya tips apalagi nih buat olahraga yang satu ini? Bisa langsung dishare ya, biar ngebantu yang lain juga! emoticon-Smilie


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunshii32 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Tips jogging saat berpuasa dong gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalau sebelum jogging usahakan pemanasan dulu ya guys. Penting banget nih. Bisa cedera nanti.
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan adindaptrarn memberi reputasi
wii inii threadnyaa ngebantuu bgtt, jujur kalo mau jogging susahnyaa di ngumpulin niatnyaa wkkwk samaa lingkungan rumah yang kurang mendukung ajaa untuk jogging. Tapii bergunaa nii infonyaa makasii yaaaakk, bakal dii notee nii infonyaa!
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane kaum rebahan, jogging saat ngejar kang sayur yg lewat depan gang... Btw, Nice trit
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bener banget nomer 1, selama ini ane ngerasain bedanya makan pisang dulu sebelum jogging sama gak makan pisang, capeknya parah gak makan pisang gan asli dan jangan minum air berlebihan juga penting banget
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan lupa pemanasan tuh, sangat penting.
Dan pendinginan setelahnya.
emoticon-Semangat
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Asal pas jogging jangan sambil bawa tv tetangga, bisa banyak yang ngikutin nanti
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane rutin jogging habis pulang kerja.
Jam 4 sore - 5 sore biasanya.
Untuk sepatu, gk semua sepatu lari itu sama peruntukannya.
Ada yg jarak pendek, menengah, ama yg jauh.
Biasanya yg jarak jauh lebih nyaman sih dipake.
Karena lebih dingin di telapak kaki dan empuk sol nya.
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Olahraga gratis nih.. Ga butuh alat.. Tp klo pas puasa gini kok tetep mager ya 😂
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Okeh thenks untuk tipsnya
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Yg aku rasain, kalo minum dulu sebelum jogging, suka jadi kalikiben wkwk
Playlist lagu ga boleh ketinggalan sih, ngaruh banget buat naikin mood
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
aku tim ga makan apapun sebelum jogging, soalnya tubuh akan membakar energi dari cadangan makanan

alhamdulillah setelah jogging ga lemes, malah keringetan

sepatu, yup. paling penting ada sepatu dan perhatiin jenis sepatu yg dipake buat lari
Wah belom pernah nyoba makan pisang sebelum jogging. Biar ga gampang kecapekan nih boleh juga
Kebetulan ane suka jogging, jadi udah notice semua hal yg emang perlu dipersiapkan.. khususnya makan sebelum jogging, ane jg setuju ts kalo itu penting bgt.. ane ngerasain sendiri bedanya signifikan bgt.. emang paling bagus ngisi energi dulu sebelum olahraga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waa tengkyu tipsnya niih gan...
Emang kerasa beda sih jogging pake sepatu biasa sama running. Kayak enak aja gitu. Yaaa namanya juga running shoes ya
jangan lupakan pemanasan! 🙌🏻
yang paling ga penting sih playlist hehe karena ane tim yang joging ga sambil dengerin lagu
yuk jogging bersama gansis
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di