CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6079920e90c52048b81cb8f5/beredar-video-muslimah-singgung-hindu-saya-bingung-kok-banyak-tuhan

Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
Entah surga apa yang dicari kaum perompak gurun
[QUOTE=beritapalestina;5a58211f60e24b5e038b4570]legenda,mitologi dan kepercayaan timur tengah jauh dan hubungannya dengan alkitab

"dan aku mengangkat kedua tanganku kepada Tuhan di [surga],dan Tuhan di surga menjawab,memberiku penglihatan dan [berkata kepadaku] ,janganlah takut !,akulah yg membuatmu raja,dan aku akan..."


sepenggalan kalimat diatas apabila disodorkan kepada umat yahudi-kristen dan disuruh menebak dari mana asalnya,maka sebagian besar pasti dengan yakin akan menjawab : dari alkitab perjanjian lama !(tanakh),sepertinya dr kitab raja-raja krn menceritakan tentang raja israel ! bisa dimaklumi krn gaya literatur nya,dan jg konsep nya(tuhan di surga,Tuhan yg memberi penglihatan,Tuhan yg menguatkan sang raja dengan berkata "jangan takut !,akulah...") sangatlah akrab bagi yahudi dan kristen, konsep tersebut adalah formula yg sering digunakan perjanjian lama.Namun... sebenarnya tulisan tersebut bukanlah dr perjanjian lama,bahkan tidak ada kaitan dengan agama yahudi atau kristen,tp penggalan kalimat tersebut berasal dr inskripsi raja Zakar,raja dr Hamat,sekitar wilayah utara asyria, dari 758 sebelum masehi,dan Tuhannya zakar bukanlah yhwh,jehovah atau Allah,tapi dewa baal dan beberapa dewa pagan lainnya.konsep konsep ketuhanan alkitab ,seperti kejayaan/kejatuhan raja yg ditentukan oleh iman nya kepada Tuhan,juga klaim "Tuhan saya lbh kuat dr Tuhanmu" tidak hny ekslusif menjadi ide perjanjian lama alkitab,tapi dipakai luas di penulisan inskripsi kisah raja raja timur tengah.

pada kisah alkitab terkenal tentang nabi elia misalnya,yg menantang kesaktian pendeta pendeta baal(raja -raja 18),kisah tersebut berakhir dengan cerita elia mengalahkan pendeta baal ,kemudian elia menantang raja ahab,raja nya sendiri yg pro baal untuk adu cepat berlari sampai tujuan(sementara ahab naik kereta kuda) yg dimenangkan elia(atas bantuan Tuhan).kenapa lomba lari?apa hubungannya dengan pembuktian "tuhan siapa yg plg benar"? tradisi timur tengah kuno percaya pembuktian raja apakah raja diberkati/tidak oleh Tuhan adalah dengan cara adu cepat berlari atau melempar tombak.Tuhan boleh beda,tp ritual,budaya,tradisi,literatur,dan konsep keTuhanan,bahkan hukum dalam alkitab seringkali mengikuti lingkungan timur tengah sekitarnya,mengenai hukum,ambil contoh hukum alkitab : deutronomy 22:25 ,apabila perempuan diluar kota/pedesaan diperkosa maka ia tidak akan dihukum krn dianggap akan kesulitan minta tolong,tp apabila didalam kota diperkosa/zina ia akan ikut dihukum bersama si laki laki pemerkosa/pezina,hukum ini sama dengan salah satu hukum hittite di timur tengah.

alkitab yg lahir di timur tengah dalam segala hal byk memiliki kemiripan dengan agama timur tengah kuno lainnya,seringkali literatur kuno "pagan" dengan dewa dewa pagan tersebut justru membantu mengkoreksi kosakata dan tafsir makna alkitab/tanakh,inilah mengapa dunia timur tengah kuno begitu penting bagi teolog yahudi dan kristen utk memahami kitab suci nya sendiri.sudah sewajarnya memang,krn alkitab ditulis disana,dengan setting panggung disana,waktu saat itu,budaya,hukum,kehidupan sosial saat itu,dan jg bersinggungan dengan agama dan bangsa disekitarnya saat itu,yg memang ditulis utk dipahami pembaca saat itu.

however,fokus ts di thread ini bukanlah membahas budaya,hukum,sosial atau kesenian literatur ANE(ancient near east),tapi fokus ts kepada motif mitologi mitologi "pagan" tersebut yg "mempercerah" /menambah alternatif pemahaman cerita cerita alkitab perjanjian lama yg kadangkala rumit dan membingungkan(to be fair,sampai detik ini msh byk bagian alkitab yg dihindari pembahasannya oleh ahli agama kristen dan yahudi seperti kitab pengkotbah,daniel,ezekiel, atau revelation/wahyu,dll krn multitafsir dan belum ada kata sepakat diantara teolog sendiri),seperti makna simbol,kosakata,metafora,dan makna cerita yg muncul dalam alkitab perjanjian lama yg membingungkan/multitafsir dan justru bisa dijelaskan oleh mitologi ancient near east,sekaligus sebagai informasi krn byk yg penasaran"dimana sih kemiripannya" antara agama pagan timur tengah dengan alkitab.membaca kisah mitologi timur tengah jauh,terutama mesopotamia,seperti membaca seluruh kisah alkitab perjanjian lama dalam versi polytheis.mengapa hal ini bisa terjadi? krn agama israel kuno bukanlah sistem keagamaan yg konsisten dan beku,justru sebaliknya iman dan dogma nya berkembang setelah melalui pergumulan tantangan dan masalah dalam sejarah bangsa mereka.kita patut mengingat bahwa bangsa israel adalah bangsa muda dibanding tetangga2 mereka.mesir,babylonia(babel),finisia,kanaan,semua lbh tua setidaknya 1000 tahun dibanding israel.bahkan israel termasuk suku suku bangsa terakhir yg keluar dari gurun sinai-arabia.ketika nenek moyang israel masih semi nomaden,dinasty ke-18 sedang berdaulat di mesir,sedangkan kebudayaan babel sedang maju pesat2nya ,bahkan kebudayaan israel pun tertinggal dari kanaan,yg msh termasuk bangsa yg relatif muda.fakta fakta bahwa kebudayaan(termasuk agama adalah bagian dari budaya) dari bangsa yg lbh tinggi ditiru oleh bangsa yg kebudayaannya lbh rendah adalah hal yg tidak perlu diperdebatkan lagi,ada byk bukti mengenai hal ini,bagaimana yunani membentuk mitologi versinya sendiri dari mitologi mesopotamia,bagimana org org armenia meminjam mitologi zoroaster dan mesopotamia utk membentuk mitologinya sendiri seperti yg terlihat di teks ugarit kanaan dan al-armana mesir.bagaimana kisah2 keagamaan tersebut sebenarnya adalah kisah dengan kerangka cerita dan elemen yg serupa-tak sama memiliki berbagai versi,disesuaikan dengan kebutuhan bangsa masing masing.bagaimana dewa zeus yunanisebenarnya tersebar luas ,tersamarkan dan disembah di dunia timur tengah,tidak hny sebatas yunani,begitu jg dewi ishtar mesopotamia yg menyebar sampai ke yunani menjadi aprhodite,ke kanaan menjadi astharte & asherah,baal hadad di kanaan dengan adad di mesopotamia,ketika islam mengenal nabi idris,begitu jg org org sabean telah mengenalnya jauh sebelum nabi muhammad lahir kedunia,dimana di yunani dikenal sebagai dewa hermes, dan seterusnya.bagimana El/yhwh/god? tidak ada bedanya dengan kasus diatas..alkitab pun sdh menulis pada kitab kejadian 14:18-19 :


Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.Lalu ia memberkati Abram(abraham), katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi


abraham yg baru keluar dari ur (mesopotamia) yg sedang dilanda kekacauan.bahwa disaat bangsa israel belum ada,disaat abraham baru dijanjikan akan tanah perjanjian dan keturunannya yg akan memenuhi isi bumi,ternyata melkisedek dan rakyatnya dari salim(kota jerusalem) telah menyembah el-elyion(allah).tp el yg seperti apa? yhwh yg monotheis ? atau el yg saat itu disembah scr polytheis sebagai ayah dari 70 dewa? prof.christine hayes dari yale university menguraikan sebagian kisah alkitab ,dalam topik ini "kitab kejadian 1-11 dan epos babylonia"

[youtube]2241&v=ANUD8IK12ms[/youtube]

tidak hny terbatas pada genesis/kejadian 1-11 sebenarnya,TS jg menemukan dan merangkum persamaan lain antara alkitab=epic mesopotamia sebagai berikut :

mitologi mesopotamia :sumeria,akkadia,babylonia,dan asyria

Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan

Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan

*family tree dewa mesopotamia diatas tidak mengikat krn berubah seiring periode waktu,baik keturunan dewa dan kota patron deity nya




Ancient Near East texts/ANE sebagai pembantu memahami perjanjian lama/torah

dua versi terjemahan : pseudoscience dan ilmiah

pan-babylonism

ringkasan enuma elish

kosmologi alkitab dan timur tengah jauh

antara dewa petir, monster laut,dan penciptaan dunia

seven heavens : surga versi sumeria

mitos adapa/adapa dan makanan kehidupan > komparasi dengan adam yg kehilangan keabadian

epic of gilgamesh > komparasi dengan banjir nuh

nasihat siduri + beberapa bait puisi epic of gilgamesh lainnya >ecclesiastes

sumerian seven : tujuh dewa utama sumeria

mitologi enki dan ninhursagh > komparasi dengan taman eden dan buah terlarang

innana memilih petani > kisah kain dan habel versi mesopotamia

pohon huluppu > komparasi dengan lilith dalam mitologi yahudi

ramalan marduk dan cyrus cylinder

bahrain > dilmun

epos erra/ erra dan ishum > komparasi dengan ramalan ezekiel

cuthean legend of naram-sin > gog dan magog(ezekiel 38-40)

gudea cylinder(dream of gudea) > komparasi dengan mimpi ezekiel utk membangun kuil(ezekiel 40)

asherah istri yhwh

lament utk ur> penglihatan ezekiel


innana turun ke dunia akhirat > yesus


enmerkar dan raja aratta > menara babel

ninurta+enmerkar > nimrod

list raja sumeria > generasi adam sampai nuh

lagu/puisi cinta innana-dumuzid > song of songs(lagu solomo)

instruksi shuruppak > 10 perintah allah

himne utk enlil > psalms,isaiah,jeremiah,yohanes

lamasu > cherubim dan tetramoph

jimat innana > hamsa


Resh Shattim > rosh hashanah


shapattu > hari sabat

apkallu > nephilim

burung anzu > ziz zaday

Dialogue of Pessimism > job + ecclesiastes

sargon dan motif bayi dikeranjang lainnya > bayi musa + Yusuf

eksodus musa


antara ludlul ben nemeqi,urad gula,job dan daniel

mitologi kota ikan dan manusia ikan syria > Yunus

samson : "apa yg lbh manis dari madu? dan apa yg lbh kuat dari singa?"

Enmeduranna/enmerduranki > enoch

Kejatuhan manusia,ular dan perempuan

pengadilan salomo

Rahasia dewa untuk manusia

tujuh,delapan,sepuluh, dan banjir

enuma elish sebagai awal dan akhir

domba yg tersangkut disemak semak > abraham mengorbankan ishak

Gilgamesh and Ecclesiastes(2)

anraham part-1

abraham part-2

abraham part-3









mitologi ugarit :

Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan

*mitologi ugarit berbeda dibanding mitologi mesopotamia baik dr sisi cerita maupun tokoh tokohnya,meski kadang ada mengadopsi sebagian dewa dewi mesopotamia,pada mitologi ugarit tokoh utamanya adalah dewa el,yhwh,dan baal,sementara mitologi mesopotamia menempatkan asherah,enki,dan enlil sebagai tokoh utamanya

ugarit sendiri tidak sepenting mesopotamia dari sisi politik dan ekonomi,namun menjadi jalur penghubung penting antara mesir-hittite-mesopotamia,sayangnya hanya sangat sedikit mitologi ugarit yg berhasil ditemukan,hny ada 5 mitologi ugarit yg berhasil ditemukan di bekas reruntuhan ras shamra,4 diantaranya memiliki pattern yg menyerupai cerita alkitab



ugarit culture and bible

legenda keret/epos keret > job + joshua

shachar dan salim > genesis 6

siklus baal > psalm

epos aqhat > nyanyian deborah(hakim-hakim 4-5)




dunia mesir kuno:

Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan
Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan

instruksi amenemope > book of proverbs

tale of two brothers > joseph ( genesis )

legenda sinuhe > musa kabur ke midian

himne utk aten > psalms 104

papyrus ipuwer > 10 hukuman tuhan kepada mesir

mitologi matahari dan malam > samson dan delilah





lha ybs kenapa nggak sekalian bingung mengapa tiap hari harus kowtow ke arah tertentu?
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Beng_Beng_06 dan longneversee memberi reputasi
Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan
mereka yang jahat berarti sudah melakukan penyimpangan dan tidak memahami agamanya saja
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh simsol...
kaum dongok tak akan puas hingga semua yang pintar ikutan dongok seperti mereka..

emoticon-Leh Uga
bacot ngurusin agama orang mulu uclim emoticon-Najis

urus agama loe sendiri yg isinya bom bam bim bum emoticon-Najis
profile-picture
Beng_Beng_06 memberi reputasi
Lucu ya menista agama lain ? Makan babi sedikit, itu otak ketutup jilbab. Aslinya juga wanita panggilan, sampah.
profile-picture
Beng_Beng_06 memberi reputasi
Tar giliran ajaran ny di DEBUNK balik
malah ngamuk2, teriak penistaan, Holol darah nya emoticon-Leh Uga
profile-picture
Beng_Beng_06 memberi reputasi
Udahlah gak perlu ngurusin agama org lain. Apalagi sampai diungkapkan ke publik gitu. Kalo emang menganggap agamanya paling benar, cukup ucapkan sampai di situ, gak perlu nyinggung agama lain.
Kaskus kenapa isinya sekarang soal beginian melulu sih.. tiap hari nongol thread benturin agama, hina sana hina sini, kaya miskin, berita habib cabul & the geng...

ngga ada berita yang lebih positif min ? emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
trinitas itu mengikut konsep trinmurti, cuma kadang lucu gw bingung siwa brahma dan lainnya rebutan pengaruh diantara manusia...dengan cara proxy war..aka tidak perang secara langsung..melainkan dgn cara memberikan senjata pada mahluk yang mengidolakannya emoticon-Big Grin
Diubah oleh roger_more2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Semoga saja bisa salingenghargai satu dengan umat agam yg lainnya juga. Karena memanglah kita itu disini bnyak sekali agama.
profile-picture
Beng_Beng_06 memberi reputasi
tuhan yang disembah orang beragama cuma alien.

kalian penghuni bumi cuma hasil rekayasa makhluk berperadaban tinggi yang hidup dilevel dimensi 4-5.

kalian cuma dijadikan hiburan. dengan banyak tuhan dan agama di bumi kalian coba di adu domba satu sama lain, kalian jadi badut penghibur.
Woy kadrunwaty newbie...

Lebih serem mana kalau udah mati dibakar, sama kalau masih hidup dirajam????

Jawab drun! emoticon-Ngakak
profile-picture
Beng_Beng_06 memberi reputasi
Diubah oleh masboeing
makanya klo mualaf jgn dikasih mimbar buat ngomong takutnya begini mengcompare agama Islam dgn agama yg dia anut sebelumnya, buat w ga guna sih mengetahui agama lain itu klo w dilain sisi w dh yakin 100% sama Islam lebih baik malah perdalam lagi pengetahuan agama Islamnya emoticon-Leh Uga
kiranya dewa Siwa melebur dirimu menjadi manusia yang baru dan lebih baik
profile-picture
putudodi memberi reputasi
Klo gak Paham secara mendalam jangan ngebacod..... tak sedikit dari mereka lengkap Akan literasi agama, namun tak banyak pula yang Paham literasinya ut diimplementasikan dalam bersosial
Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan
profile-picture
SuaraLagita memberi reputasi
Fix udah gua yakin mereka ini pindah agama trus jadi ulama memang karena di agama sebelumnya umatnya masih pada pinter logiknya. Ga mudah dihasut pake ayat sama omongan yg memecah.
Nah di agama barunya di bisa bebas ngomong ya karena emang kualitasnya jauh beda umat ya
profile-picture
Beng_Beng_06 memberi reputasi
Halaman 3 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di