CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tradisi Weweh, Bahagianya Itu Tak Hanya Silahturahmi Tapi Juga Dapat Uang Sangu Weweh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60798fd141c319008e6b5a1a/tradisi-weweh-bahagianya-itu-tak-hanya-silahturahmi-tapi-juga-dapat-uang-sangu-weweh

Tradisi Weweh, Bahagianya Itu Tak Hanya Silahturahmi Tapi Juga Dapat Uang Sangu Weweh

Tradisi Weweh, Bahagianya Itu Tak Hanya Silahturahmi Tapi Juga Dapat Uang Sangu Weweh

Hai Agan Sista, bagaimana nih kabarnya, kalian yang menjalankan puasa pada lancar tidak nih puasanya ?

Semoga selalu senantiasa di beri kelancaran untuk kita semua yang menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan ini.


Bicara tentang ramadhan akan banyak sekali tradisi yang berkesan tiap daerah memiliki khas masing-masing, seperti di daerah saya pun juga begitu.

Bulan ramadhan bisa di bilang paling di tunggu bukan hanya orang tua namun juga bulan dimana banyak kebahagian untuk anak-anak.

Di bulan ini ada tradisi ramadhan di tempat saya yang di sebut ater-ater atau biasa disini menyebutnya weweh, kegiatan ini dilakukan biasanya antara tanggal 27 atau 29 ramadhan tergantung pemilihan hari yang melakukan selamatan malam hari raya untuk melakukan tradisi weweh. Tradisi ini sudah ada sejak dulu dimana para keluarga yang muda mengirim hantaran nasi serta lauk selamatan malam hari raya kepada keluarga yang lebih tua.

Tradisi Weweh, Bahagianya Itu Tak Hanya Silahturahmi Tapi Juga Dapat Uang Sangu Weweh
Sumber: detikkasus.com

Tradisi ini sangat di senangi para anak-anak kecil karena di setiap mereka mengirimkan kepada keluarga mereka akan mendapatkan uang dari tiap rumah yang biasa di sebut Sangu Weweh.

Tradisi Weweh, Bahagianya Itu Tak Hanya Silahturahmi Tapi Juga Dapat Uang Sangu Weweh
Sumber: steemit.com

Tradisi jawa ini kental untuk melekatkan tali persaudaraan, dimana keluarga jauh yang jarang ketemu akan di kirim selama masih di kota yang sama. Dengan adanya tradisi ini anak-anak akan mengenal keluarga jauhnya yang belum mereka ketahui, orang tua juga bisa menjelaskan silsilah keluarga yang di kirim ini saudara dari siapa saja.

Keseruan anak-anak tidak berhenti disitu, dengan adanya tradisi ini anak-anak merasa bahagia karena bisa berkeliling kota menemui banyak saudara yang mungkin belum pernah dia kenal atau temui sebelumnya dengan orang tua. Setelah pulang bawa uang banyak mereka gunakan untuk membeli kembang api atau petasan untuk memeriahkan ramadhan ini. Tidak lengkap kalau ramadhan tidak main kembang api beramai-ramai bukan, tapi tentu harus tetap hati-hati.

Tradisi Weweh, Bahagianya Itu Tak Hanya Silahturahmi Tapi Juga Dapat Uang Sangu Weweh
Sumber: orami.co.id

Kalau anak yang masih belum mengerti uang atau dia masih kecil biasanya yang bahagia ketika tradisi ini ya ibunya, taukan setiap uang Sangu weweh yang di dapat anak akan di simpankan ibunya untuk kebutuhan yang lebih penting. Lumayankan bisa buat tambahan beli baju lebaran anak. Tapi jika anak sudah mengerti ya jangan harap bisa mengaturnya, kebanyakan sih sesuai pengalaman anak saya sudah mengerti malah di buat beli kembang api serta mainan sesuka hati karena merasa itu adalah uangnya.

Di dalam tradisi ini kita juga belajar, dimana kita harus menghargai yang lebih tua dan selalu mengingat saudara yang lebih tua dari kita walaupun jauh dengan mengirim makanan kepada mereka maka saudara yang lebih tua dari kita merasa di hargai dan tidak di lupakan. Karena biasanya yang lebih tua lebih diam di rumah dan yang muda berkeliling bisa di bilang mencari berkah ramadhan dari saling menjaga silaturahmi.

Tradisi Weweh, Bahagianya Itu Tak Hanya Silahturahmi Tapi Juga Dapat Uang Sangu Weweh
Sumber: serambiummah.tribunnews.com

Tradisi tidak berhenti sampai situ saja akan tetapi mereka yang di kirimi biasanya akan mengirim kembali ketika mereka selamatan, kalau balasan itu tergantung rezeki masing-masing sih. Tapi yang wajib itu yang muda memberi kepada yang lebih tua.

Dari sekian banyak tradisi ramadhan satu ini yang membuat saya merindukan masa kecil, dimana bisa jalan-jalan bersilahturahmi dengan saudara dan dapat uang banyak dalam sehari rasanya bahagia banget pada saat itu. Sekarang gantian anaknya yang merasakan kebahagiaan itu.

Sayangnya sejak pandemi ini, tradisi ater-ater atau weweh ini tidak di perbolehkan lagi di beberapa desa di kota saya. Mungkin ya karena ekonomi juga ya yang sedang sulit karena pandemi ini.

Walaupun tradisi ini tak bisa di jalankan di beberapa tempat, semoga saja ramadhan kali ini tetap menjadi #RamadanBerkah untuk kita semua.

Bagaimana di tempat kalian nih tradisinya ada yang samaan tidak ini ?

Kalau ada yang sama yuk share di komen, kalaupun berbeda kalian share yuk apa sih tradisi ramadhan di tempat kalian yang kalian rindukan.

Yah begitulah sedikit ulasan tentang tradisi ramadhan di tempat saya. Tradisi yang di rindukan karena sejak pandemi tidak lagi di perbolehkan.

Sekian dulu ya thread saya kali ini, semoga bisa memberi manfaat.

Jika ada salah emoticon-Maaf Aganwati

Jangan lupa tinggalin jejak emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Cendol Gan

Terimakasih emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Bismillah
profile-picture
profile-picture
euisdina dan Cahayahalimah memberi reputasi
Spoiler for ...:
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Quote:


Nice info, namanya unik juga ya sis
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan triwinarti memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Wehweh e ora tekan omahku
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waaaah.... Anak kecilnya senenng bangeeet pasti tuh sis
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah udah meluncur aja threadnya
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Baru tau ada yang ngasih nama wehweh wkwk unik juga, selama ini namainnya salam tempel doang
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Weweh ini kira-kira asal katanya darimana ya, lucu juga nama tradisinya emoticon-Leh Uga
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di