CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Kolak Biji Salak Ubi Kuning, Takjil Sederhana Ramah di Lambung Buat Buka Puasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60793fac1530a507bb27bb87/kolak-biji-salak-ubi-kuning-takjil-sederhana-ramah-di-lambung-buat-buka-puasa

Kolak Biji Salak Ubi Kuning, Takjil Sederhana Ramah di Lambung Buat Buka Puasa

Kolak Biji Salak Ubi Kuning, Takjil Sederhana Ramah di Lambung Buat Buka Puasa

Kolak Biji Salak Ubi Kuning, Takjil Sederhana Ramah di Lambung Buat Buka Puasa

Masih dalam suasana bulan penuh berkah, nih. Ada yang masih bingung ntar sore mau bikin takjil apa buat berbuka? Hhmm, nggak perlu resah, Gansis. Bikin aja yang mudah dan pastinya dengan bahan-bahan yang terjangkau harganya.

Kolak biji salak ubi kuning, apa udah ada yang pernah bikin? Kalau belum, ane mau berbagi resep, nih. Pantengin terus, ya.

Kolak biji salak ini terbuat dari ubi kuning atau ubi ungu juga boleh. Kandungan karbihidrat dan gula yang terkadung di dalam umbi yang satu ini, emang sangat cocok sebagai bahan pembuatan takjil sederhana, saat berbuka.

Bahan yang diperlukan juga sangat gampang dicari. Ane biasanya beli bahan-bahannya tuh di warung dekat rumah. Kebetulan stok gula merah juga habis. Jadi sekalian beli ubi kuning ini, Gansis.

Oke, langsung aja kita eksekusi takjil sederhana kolak biji salak ubi kuning ala ane.

Bahan-bahan :
- 500 gram ubi kuning
- 150 gram tepung tapioka
- air secukupnya untuk merebus


Bahan saus gula merah :
- 200 gram gula merah
- 1.000 ml air
- 4 sdm tepung maizena (larutkan pakai air)
- 2 lembar daun pandan


Bahan saus santan :
- 2 bungkus santan instan, larutkan dengan 150 air
- daun pandan
- garam secukupnya

Quote:


Quote:



Cara membuat :
- Kupas ubi kuning, cuci bersih, kukus sampai matang, lalu haluskan
- Campur tepung tapioka ke dalam ubi yang telah dihaluskan tadi, uleni sampai tercampur rata

Quote:


- Bulatkan adonan ubi kuning yang telah tercampur dengan tepung tapioka sampai adonan habis, sisihkan

Quote:


- Rebus bulatan ubi kuning hingga berwarna bening dan mengapung. Angkat dan tiriskan
- Buat saus gula merah dengan cara merebus air bersama gula merah, daun pandan, dan larutan tepung maizena. Aduk-aduk hingga mengental
- Masukkan bulatan ubi kuning ke dalam saus gula merah, masak sampai meletup-letup, lalu matikan kompor
- Buat saus santan dengan merebus santan kental tadi bersama garam dan daun pandan

Quote:


- Tata bulatan ubi kuning beserta saus gula merah di mangkuk, lalu siram dengan saus santan
- Kolak biji salak ubi kuning siap menyambut buka puasa Gansis


Quote:


Quote:


Mudah kan cara bikin kolak biji salak ubi kuning ini? Takjil ini cocok banget disantap saat berbuka karena tekstur biji salaknya yang lembut dan pastinya ramah di lambung. Rasa manis gurih dari perpaduan saus gula merah dan santan, juga pas banget. Jadi, Gansis perlu nih bikin takjil ini buat berbuka ntar sore.

Buat yang mau tahu prosesnya, lihat aja video singkat berikut ini, Gansis.

Quote:


Buat yang mau berbagi resep takjil lainnya, boleh loh share di kolom komentar.

Kolak Biji Salak Ubi Kuning, Takjil Sederhana Ramah di Lambung Buat Buka Puasa

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Thread by : @anna1812
Sumber : pengalaman pribadi, dokpri


emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 8 lainnya memberi reputasi
Reserved
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Ada yg belum pernah bikin?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane dulu ngiranya dari biji salak beneran. Eh ternyata cuma nama
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kirain pake biji salak beneran emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Diubah oleh kontholl
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oalah dari ubi bikinnya emoticon-Ngakak dulu kirain biji salak yg dibikin jadi empuk gt wkwk
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Diubah oleh japarina
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pake ubi ya? Dulu ane pake ketan
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masak² gini tuu seru, cmn bagian nda serunya bagian nyuci piringnya wkkwk


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di