CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tradisi Ramadhan di Pulau Bawean yang Masih Lestari Hingga Kini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60790269bfe8cb0e945bc17f/tradisi-ramadhan-di-pulau-bawean-yang-masih-lestari-hingga-kini

Tradisi Ramadhan di Pulau Bawean yang Masih Lestari Hingga Kini

Tradisi Ramadhan di Pulau Bawean yang Masih Lestari Hingga Kini

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Marhabban Ya Ramadhan
Selamat datang Agan dan Sista di thread ane
#Ramadhan Berkah


Membahas tentang tradisi ramadhan tentu saja masing-masing daerah memiliki tradisi sendiri-sendiri. Seperti halnya tradisi ramadhan di daerah ane.

Masyarakat Pulau Bawean yang mayoritas muslim mempunyai tradisi di bulan #Ramadhan Berkah yang masih terjaga dan lestari hingga kini. Di antaranya adalah berikut ini. Yuk cekidot!

1. Arowa-arowa

Arowa-arowa yang berasal dari kata arwah merupakan tradisi mengirimkan doa kepada para leluhur yang telah meninggal dunia. Masyarakat Bawean baik anak-anak, remaja dan dewasa akan berkunjung ke langgar-langgar, mushola dan masjid setempat untuk melakukan tradisi arowa-arowa ini.

Tradisi arowa-arowa di Bawean dilakukan sehari menjelang ramadhan dengan membawa makanan yang ditata di atas nampan. Kemudian makanan tersebut dibawa ke masjid untuk didoakan dengan mewakilkan salah satu ustadz atau kyai untuk memimpin doa tersebut. Untuk anak-anak biasanya mereka membawa nasi dalam baskom kecil beserta lauk pauk berupa ayam goreng dan telur rebus dilengkapi dengan berbagai makanan dan minuman ringan khas anak-anak. Mereka bertukar makanan dengan anak-anak yang lain selesai doa bersama yang dipimpin ustadz atau kyai setempat.

Spoiler for :


Tradisi arowa-arowa tidak hanya dilakukan di masjid saja. Biasanya sebagian masyarakat Bawean juga akan melakukannya di masing-masing rumah dengan memanggil ustadz atau kyai untuk memimpin doa. Mereka berharap dengan melaksanakan doa, seisi rumah dan anggota keluarga diberi kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa.

2. Ziarah kubur

Saat menjelang bulan ramadhan masyarakat pulau Bawean akan berkunjung ke makam-makam leluhur yang ada di sekitarnya. Tradisi ini masih terjaga hingga saat ini. Bahkan masyarakat Bawean akan kerja bakti membersihkan area pemakaman umum sekitar kampung menjelang ramadhan. Tak hanya area pemakaman, masyarakat Bawean juga akan kerja bakti bersih desa meliputi jalan-jalan sekitar kampung, pemandian umum yang terdapat sumber mata air alami( sendang)

Spoiler for Makam Jujuk Campa:


Nah, di atas adalah tradisi menjelang bulan Ramadhan Berkah di daerah ane yang masih terjaga dan lestari hingga saat ini.

Cukup sekian thread ane kali ini. Bagaimana tradisi ramadhan di daerah Agan dan Sista? Apakah ada yang sama dengan di daerah tempat tinggal ane?

Terima kasih
Selamat menjalankan ibadah puasa
Sampai jumpa lagi
Wassalam


Sumber: Opini pribadi
Gambar: Dokpri dan di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh miniadila
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ismilaila dan 4 lainnya memberi reputasi
Tradisi ramadhan di daerah ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ismilaila dan 3 lainnya memberi reputasi
Mampir Agan dan Sista!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ismilaila dan 3 lainnya memberi reputasi
Sama, di sini juga ada tradisi ziarah kubur
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Aroa roa ya baru denger
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Singgah sist
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Blm bikin nih baru mau bikin
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Unik ya, Sis?
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini mah hampir di seluruh pelosok desa ada tradisi seperti ini...
emoticon-Imlekemoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
Seru yang begini tuhhh, tiap daerah pasti punya ciri khas yak
profile-picture
profile-picture
miniadila dan gustiarny memberi reputasi
Yang sama ziarah kubur,. jalanan menuju makan Pondok Ranggon macet parah sist waktu itu. Banyak peziarah datang dari mana saja.
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Sama di sini juga ada ziarah kubur, rame kalau menjelang ramadan πŸ˜„
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Sama Mbak di Tuban atau Ngawi juga melakukan kegiatan tersebut
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Kalau bahasa lainnya mungkin sama dengan tradisi 'nyekar' ya, Mbak?
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lolos kah?
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sama sih gan, tapi yang arowa-arowa itu kalo di daerah ane namanya nyadran, tapi esensi acaranya sama
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Thanks infonya gan baru tau ane
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Emm di mana-mana ziarah itu emang udah jadi kebiasaan ya. Sayangnya tahun ini ane gak ziarah Ramadhan. Mungkin nanti dekat lebaran
profile-picture
miniadila memberi reputasi


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di