CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenag Nilai Larangan Restoran Buka Siang Hari Saat Ramadhan Berlebihan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6078f29bd8e0db02a55eaf71/kemenag-nilai-larangan-restoran-buka-siang-hari-saat-ramadhan-berlebihan

Kemenag Nilai Larangan Restoran Buka Siang Hari Saat Ramadhan Berlebihan

Quote:


SuaraJatim.id - Sejumlah daerah membuat aturan bersama melarang rumah makan, restoran, warung nasi dan kafe berjualan alias buka pada siang hari selama Ramadhan.

Daerah yang membuat aturan bersama ini adalah Pemerintah Kota Serang dan Banten. Aturan bersama ini tertuang dalam Imbauan Bersama Nomor 451.13/335-Kesra/2021.

Kebijakan tersebut dinilai kontroversial dan menimbulkan protes masyarakat karena dianggap melanggar hak asasi manusia. Oleh sebab itu Kemenang RI pun merespon aturan tersebut.

Juru Bicara Kementerian Agama (Kemenang RI) Abdul Rochman menilai kebijakan Pemerintah Kota Serang dan Banten tersebut sangat berlebihan.

Menurut dia, hal ini jelas membatasi akses sosial masyarakat dalam bekerja atau berusaha, apalagi keberadaan rumah makan di siang hari juga dibutuhkan bagi umat yang tidak berkewajiban menjalankan puasa.

"Kebijakan ini tidak sesuai dengan prinsip moderasi dalam mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, dan cenderung berlebih-lebihan," kata Adung, Kamis (15/4/2021).

Dia menegaskan larangan berjualan yang tertuang dalam kebijakan tersebut diskriminatif dan melanggar hak asasi manusia terutama bagi orang atau umat yang tidak berkewajiban menjalankan puasa Ramadan, aktivitas pekerjaan jual beli, dan berusaha.

Secara hukum, lanjut Adung, imbauan bersama tersebut juga bertentangan dengan peraturan di atasnya. Yaitu, bertentangan dengan UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

"Saya harap ini bisa ditinjau ulang. Semua pihak harus bisa mengedepankan sikap saling menghormati. Bagi mereka yang tidak berpuasa, diharapkan juga bisa menghormati yang sedang menjalankan ibadah puasa," katanya.

"Sebaliknya, mereka yang berpuasa agar bisa menahan diri dan tetap bersabar dalam menjalani ibadah puasanya," kata Adung yang juga Staf Khusus Menteri Agama ini.


Sumber : https://jatim.suara.com/read/2021/04...han-berlebihan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 46 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
prinsip mereka cara menahan godaan : hilangkan godaan tersebut emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
x3melf dan 49 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kemenag Nilai Larangan Restoran Buka Siang Hari Saat Ramadhan Berlebihan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DuaLapanSatu dan 52 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
GA usah puasa aja sekalian kalo merepotkan orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 10 lainnya memberi reputasi
Lemah nya...

Sama restoran aja lemah...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
memang lebay sekali



profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 10 lainnya memberi reputasi
Kemenag yg sekarang lebih berani nekat. Ane suka itu emoticon-Belgia

MUI belum berkabar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lupineprince
Waktu gw kecil mah

warteg tetangga dulu

cuma di tutup tirai

Pas bulan puasa

Biasa kalau hari minggu

Gw beli tahu sayur jam 12:00 siang

Pemilik warung si ibu seneng gw beli

Kadang kadang tahu sayur nya malah

Di kasih extra

Beli 3 tahu dapet satu extra tahu

Jadi dapet 4 tahu sayur







Pemilik warteg dan keluarga juga kan mau Lebaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
setuju, biarin aja lah buka, puasa itu harus menghormati, bukan minta dihormati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menjalankan ibadah jangan buat susah orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau kata kahpids gak usah puasa cuma bayar fidyah doang tapi harus orang kaya emoticon-Leh Uga

Kemenag Nilai Larangan Restoran Buka Siang Hari Saat Ramadhan Berlebihan
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan murayh0 memberi reputasi
liat warung/resto buka aja baper... Trus apa dong fungsi dan tujuan puasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sekalian saja larang tetangga yg non muslim memasak di jam puasa karena baunya bisa menggoda iman emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalo memang daerah mayoritas Islam, dibikin aturan begitu, bagus sekali, itu mencerminkan bahwasanya, pemda dan warganya yang mayoritas Islam, selaku orang Islam menghargai bulan ramadhan, termasuk sebagai syiar Islam.

lagian sekarang kan sudah ada otonomi daerah.

kenapa coverun hipokritos covidos mempersoalkan hal yang begini, dimana umat Islam yang mayoritas, di daerah mereka sendiri, sesuai dengan semangat otonomi daerah, mereka sedikit ingin menghargai bulan ramadhan, bulan khusus buat umat Islam, cuman melarang buka saat siang bulan ramadhan, kok jadi pada misuh mewek.

baru bikin perda, yang ngelarang buka warung makan siang hari, di wilayah mayoritas islam, udah pada mewek mewek, gimana kalo banyak daerah yang mayoritas islam nerapin perda syariah, kali pada kena serangan jantung itu coverun hipokritos covidos.



daerah mayoritas Islam, tapi pas bulan puasa, warung makan tetap buka seperti biasa, patut dipertanyakan sikapnya pemda dan warga yang beragama islam itu. mereka itu islam atou bukan, bulan khusus buat mereka sendiri, nggak mereka hargai. islam munafik ini.

hanya demi sedikit rejeki dari hasil buka warung makan di siang hari ramadhan, mereka melupakan keistimewaan bulan ramadhan yang khusus diberikan ALLAAH pencipta langit dan bumi.

kalo sekedar untuk memenuhi makan orang yang tidak berpuasa, mereka kan bisa masak sendiri untuk siangnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teo121 dan 90 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh The.Lord.of.Uni
Lihat 565 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 565 balasan
Quote:


Lol

Kalo dipaksa tutup
Gimana resto mau gaji karyawan
Blm lg thr

Sdh minta ditutup tapi maksa thr dibayar full

Blm lg warteg yg juga ada karyawan

Otak lu kemana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smogal dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 54 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 54 balasan
gagal buat maju daerahnya, coba menipu rakyat dengan aturan2 terkait agama. itu trik nasbung yang menguasai suatu daerah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 10 lainnya memberi reputasi
islam ktp ama warung aja takut
























emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Negara Demokrasi kan, kalau mau buka, ya buka aja. Repot juga buat saya cari makan kalau pada tutup.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Harap maklumlah sama agama mayonais ini karena dari awal2 saja sudah banyak perang2 yang terjadi sehingga ERROR2 pemikiran dari 0 yang berlanjut ke pengikut2nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teo121 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
ya memang ga perlu ditutup....... ga ada pengaruhnya juga mau dibuka atau ditutup buat saya.

buka ya buka aja paling kasih sekat atau semacamnya...... itu kan tenggang rasa


lagian puasa taunya ga makan ga minum doank........ sholat sama kelakuan dlu benerin...... ud brp lama sih jalanin puasa..... org mah yg puasanya bener dari dlu ga bakal ada pengaruhnya juga mau resto buka.... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 8 lainnya memberi reputasi
biasany orang yg sama yg suka menyalahkan pakaian wanita yg jadi korban pemerkosaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lord.NKRI dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di