CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Mengenal Sistem Merger dan Akuisisi dalam Sepak Bola
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6078ecd550091c062e73bb72/mengenal-sistem-merger-dan-akuisisi-dalam-sepak-bola

Mengenal Sistem Merger dan Akuisisi dalam Sepak Bola

Mengenal Sistem Merger dan Akuisisi dalam Sepak Bola

Sepak bola kini bukan hanya sekadar permainan menang dan kalah saja. Sebagai bagian dari industri raksasa, klub sepak bola kini sudah beralih menjadi ladang bisnis.

Namanya bisnis, tidak jarang sebuah klub terbelit masalah finansial di tengah jalannya kompetisi. Biasanya jalan keluar agar klub bisa menghindari kebangkrutan adalah melakukan merger atau menerima akuisisi dari investor.

Terus apa sih bedanya antara merger dan akuisisi pada klub sepak bola?

Kita mulai dari merger ya gan. Sederhanya, merger adalah peleburan antara dua klub menjadi satu. Biasanya selain karena masalah finansial, merger dilakukan untuk menghindari konflik dualisme.

Sebagai contoh, Newcastle United adalah hasil merger antara Newcastle West End dan Newcastle East End pada 1892 untuk menghindari konflik antar kedua klub. Sebelum dimerger keduanya adalan rival sejak tahun 1889.

Kalau contoh lokalnya, ada klub Persisam Putra Samarinda yang merupakan hasil merger antara klub eks-Perserikatan Persisam Samarinda dan klub ex-Galatama Putra Samarinda.

Kedua tim melebur karena Persisam mengalami masalah keuangan setelah tidak lagi dibiayai oleh APBD Kota Samarinda.

Nah, kalau akuisisi ini konsepnya sedikit lebih kompleks dari merger. Akuisisi diartikan sebagai pengambilalihan klub, yang biasanya dihitung berdasarkan besar persentase kepemilikan saham yang diambil alih.

Umumnya, jika saham yang dibeli investor melebih 50 persen, maka investor berhak mengendalikan klub yang ia miliki. Alasan klub diakuisisi juga rata-rata karena klub tersebut tengah mengalami kesulitan finansial.

Di Indonesia, akuisisi klub seolah sudah menjadi makanan sehari-hari. Tahun ini, Cilegon United diakuisisi oleh duet investor pesohor Raffi Ahmad dan pengusaha otomotif Rudy Salim.

Dengan kepemilikan saham di atas 50 persen, keduanya pun berhak me-rebranding Cilegon United dengan nama baru RANS Cilegon FC.

Contoh lain, pada 2015, Persisam Putra Samarinda diakuisisi oleh sebuah konsorsium yang kemudian memindahkan home base-nya ke Bali dengan nama baru Bali United.

FIFA sendiri memperbolehkan aksi merger maupun akuisisi klub untuk menyelamatkannya dari krisis selama memenuhi persyaratan yang ada, salah satunya merger atau akuisisi harus dilakukan di saat kompetisi tidak sedang berlangsung. 

Jadi menurut agan-agan sekalian, mending akuisisi atau merger?
profile-picture
n.h3 memberi reputasi
naah tapi proses merger ama akuisisi klub di Indonesia ini sempet aneh dan bikin bingung buat narik asal-usulnya emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wahhh keren nih informasi bagus banget mengenai merger dan akuisisi yang memang saat ini banyak dilakukan di indonesia
Post ini telah dihapus oleh KS06
Wah bisa ya kalau ads duit pengin punya klub bisaa...
Diubah oleh metachu
cuma di indonesia sistem akuisisi atau pun mergernya terbilang aneh.. seenaknya ganti nama, apalagi homebase yg gak ada hubungannya dengan sejarah klub..
Aturan ganti nama sama homebase menurut fifa tuh gimana si, kayaknya banyk klub yg ganti nama setelah akuisisi.
kayaknya kalau di Indonesia emang hal2 kaya gini udah hal yang sangat biasa ya gan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di