CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Es Susu Cincau, Takjil Praktis dan Ekonomis, Yuk Bikin !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6078419d05f9776e573b2bf2/es-susu-cincau-takjil-praktis-dan-ekonomis-yuk-bikin

Es Susu Cincau, Takjil Praktis dan Ekonomis, Yuk Bikin !

Buka puasa dengan es susu cincau, ayo Gansist kita buat bareng-bareng


Quote:


Assalamualaikum Agan dan Sista, semoga sehat selalu dan lancar puasanya.


Apa yang paling ditunggu saat puasa? Salah satunya pasti Takjil atau hidangan pembuka puasa. Takjil bermacam-macam jenisnya, ada makanan dan ada juga minuman. Untuk mendapatkan takjil juga ga perlu repot-repot lagi, tinggal keluar rumah terus beli sesuka hati. Namun, buat para emaks membuat takjil sendiri justru ada nilai seninya lho, Gans.


Seni dalam mengolah emosi khususon untuk yang punya anak kecil atau balita, karena menjelang waktu berbuka adalah masa-masa kritis kerewelan anak. Dan ada juga seni menahan diri untuk tidak mencicipi, takut kebablasan gitu.


Nah, ane punya menu minuman pembuka puasa yang sangat simpel dan cepat dalam membuatnya, pastinya disesuaikan dengan lidah anak-anak juga. Berikut ini, ane tampilkan bahan beserta cara membuatnya. Judul minumannya adalah Es Sucin atau susu cincau yang manis menggoda lidah.


Bahan-bahan :

1 kotak besar cincau hitam, cuci bersih lalu potong dadu, jangan lupa rendam dalam air panas sebentar
3 Sachet SKM ( susu kental manis ) putih
2 sendok gula pasir larutkan dalam air panas ( optional jika suka manis boleh ditambah, ane sih cukup )
1-2 liter air matang
Es batu sesuka hati


Quote:


Quote:


Cara membuat :

- Masukkan cincau yang sudah dipotong dan bersih ke dalam baskom
- Campur SKM dengan air matang sampai larut dan tambahkan gula jika suka manis
- Tuang larutan susu dan gula ke dalam baskom berisi cincau
- Aduk sebentar agar rata
- Masukkan es batu sesuai selera
- Es Susu Cincau siap dinikmati waktu berbuka puasa.


Quote:


Ohya, sekadar untuk referensi, Gansist boleh menambahkan dengan kopi tanpa ampas jika ingin merasakan sensasi ngopi dingin.


Nah kan, sangat mudah, cepat dan praktis. Cincau hitam ini ane beli pada tukang sayur keliling langganan dan susunya ane beli di kios sembako depan rumah ane, kalau es batu sih, ane bikin sendiri. Modalnya pun sangat murah, sebaskom es susu cincau ini, ane hanya mengeluarkan uang 10 ribu rupiah doang, kalau ditakar jadi kira-kira 5 gelas ukuran sedang.


Oke Gansist, sekian menu takjil dari ane kali ini. Tunggu menu-menu menarik dari ane selanjutnya.


Terimakasih



Sumber Tulisan : Opini pribadi
Sumber Gambar : Dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VitaArkana
Ane sukanya cincau hijau emoticon-Embarrassment

Apalagi cincau abang2 ala thn 90an

Pakai sirup yg warna pink menyala dan manis bgt emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan VitaArkana memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
baru ane bikin ini kmaren emoticon-Angkat Beer emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan VitaArkana memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ga usah nunggu puasa datang, ane suka bikin nih es susu cingcau nya, di hari2 biasa, bahan2 nya mudah di dapat,murah meriah, apalagi buat takjil,segeerr
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ane baru tau cincau sebelum dikonsumsi direndem aer panas dulu ya...
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Belum pernah nyobain sih sepertinya mah enak ya segerr untuk hidangan berbuka puasa nantinya
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Masih inget waktu dulu suka bikin Es Susu Cincau, enak
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak kayanya nih
kalau siang2 gini pas puasa kayaknya yang seger2 kaya gini enak bgt ya gan seger haha udah pgn aja keburu buka
Cara bikinnya sama kek es cincau yg pake santan ya.. biasanya mbah ane nih yg sering bikin es cincau tapi pakenya bukan susu tapi pake santan kelapa. Katanya bikin adem di perut, tp klo ane pribadi kurang suka sama cincau2an
Mantap gais
wuow enak ini.. untung ane bacanya gak jam 3 sore wkwkw bisa gaswat
Mudah dibuat bahannya simpel, cocok buat buka puasa
Puasa pertama sama kedua kemaren bikin ginian.

Bedanya ane pake susu krim yang kotakan. Terus gulanya pake gula merah seperempat kilo.

Rasanya kayak minuman di chatime. Tinggal bikin boba nya ajaemoticon-Leh Uga
sakira pake santen buuun ternyata cuma pake kental manis yakkk. simple tapi past tense baatt
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Praktis jg ya,pke cincau ijo sama enak ny kayany
Klo taste ane lbh doyan yg ijo ktimbang item wlaupun sm2 enak jgemoticon-Toast
Diubah oleh stephen69
Praktif sekali ya gan sis, cara pembuatannya dan prosesnya pun juga mudah. Semoga bisa jadi recomended ga
dan kalau ga mau repot, banyak juga gan yang jual takjil, tp kalau bikins sendiri lebih puas haha
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Simpel ya. Biasanya ane tambahin buah jadi lebih mantep lagi.
praktis, tinggal set set set set, jadi, murah lagi gan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di