CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah: Vaksin Nusantara Bukan Produk Indonesia, Tapi Amerika Serikat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6077faf0ee367a478d219521/pemerintah-vaksin-nusantara-bukan-produk-indonesia-tapi-amerika-serikat

Pemerintah: Vaksin Nusantara Bukan Produk Indonesia, Tapi Amerika Serikat

Pemerintah: Vaksin Nusantara Bukan Produk Indonesia, Tapi Amerika Serikat


Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, Vaksin Nusantara gagasan eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, tidak dikembangkan di Indonesia, melainkan di Amerika Serikat.

Wiku mengatakan, Indonesia hanya menjadi tempat uji klinis bagi Vaksin Nusantara yang didominasi oleh peneliti asing.

"Vaksin Nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan di Amerika Serikat, dan diujicobakan di Indonesia," kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Kamis (15/4/2021).

Dia menegaskan, semua vaksin yang akan digunakan di Indonesia wajib mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kalau sudah mendapatkan izin dari BPOM, pemerintah akan memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan vaksin merek apa pun.

"Semua vaksin yang diberikan ke masyarakat harus mendapatkan izin dari BPOM terutama dalam aspek keamanan efikasi dan kelayakan, selama memenuhi kriteria pemerintah akan memberikan dukungan," tegasnya.

Oleh sebab itu, dia meminta tim peneliti Vaksin Nusantara untuk mengikuti segala ketentuan dan rekomendasi yang sudah BPOM berikan.

"Diharapkan tim pengembang Vaksin Nusantara dapat berkoordinasi dengan baik dengan BPOM agar isu yang ada terkait vaksin ini dapat terselesaikan," kata Wiku.

Sebelumnya, BPOM mengungkap bahwa mayoritas peneliti dan bahan komponen utama pembuatan Vaksin Nusantara bukan berasal dari Indonesia, melainkan mayoritas berasal dari Amerika Serikat (USA).

Hal ini berbeda dari klaim yang selama ini digaungkan oleh sejumlah politisi bahwa ini adalah vaksin buatan anak bangsa.

"Semua komponen utama pembuatan vaksin dendritik ini di Import dari USA, seperti antigen, GMCSF, medium pembuatan sel, dan alat-alat untuk persiapan," ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito, dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Rabu (14/4/2021).

BPOM juga menegaskan Vaksin Nusantara belum memenuhi Cara Pengolahan Yang Baik (Good Manufacturing Practices/GMP), Praktik Laboratorium yang Baik (Good Laboratory Practice/GLP), dan konsepnya belum jelas: terapi atau vaksin.

Oleh sebab itu, BPOM meminta tim peneliti untuk menghentikan sementara proses pengembangan vaksin dan kembali ke fase pra-klinik dengan melengkapi prosedur saintifik yang baik dan benar.


Sumber





Produk Kafir Mamarika ternyata! emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
fix bakal banyak yg dukung kalo udah denger kata amerika emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 747.400 memberi reputasi
In God We Trust

dalam Nama Yesus, diberkatilah amerika

negara ini sungguh diberkati karena takut akan Tuhan.

siapa takut Akan Tuhan, segala berkat akan mengalir untuknya, Amin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kan bagus. Lho he lho he emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
memalukan jujur memang sulit sekali di indon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
untung backingannya sudah dicopot dari pemerintahan, kalau gak bakalan berabe dimari cuma dijadikan kelinci percobaan produk asing berlabel nasionalisme, dan belum tentu efikasinya tinggi + faktor efek samping yang gak terduga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jerrystreamer1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
akhirnya dibuka tabirnya sampai ke balik layar

kalau BPOM saja dilangkahi lalu mau percaya ke lembaga apa soal peredaran produk farmasi ?

aneh sekali anggota DPR yang mau jadi kelinci percobaannya
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Pemerintah: Vaksin Nusantara Bukan Produk Indonesia, Tapi Amerika Serikat

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 8 lainnya memberi reputasi
Keliatan bgt kalo mmg terawan disingkirkan rezim ini demi kepentingan importir vaksin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putupiji dan 5 lainnya memberi reputasi
vaksin covid duitnya sangat gede
banyak yg ngiler terjadi pertarungan penyedia vaksin
jangan sampai rakyat dikorbankan
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan selldomba memberi reputasi
Diubah oleh YauAreRocks
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Disuruh perbaiki kerjaan di fase 1, bukannya dilakuin malah ngerahin buzzer sosmed + endorse pake politisi DPR.
Ngelawak emang vaknus iniemoticon-Big Grin

Untungnya BPOM tegas, skrg pemerintah ikut bersuara tegas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daddydaddydoo dan 3 lainnya memberi reputasi
Sama2 vaksin import. Tapi yg lain jelas asal muasal & fase klinisnya. Sedangkan yg dibawa terawan kagak jelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyoEdogawa dan 2 lainnya memberi reputasi
Vaksin Indonesia cuma satu yaitu wudhu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bandarjigonk dan 4 lainnya memberi reputasi
Menipu diri mcm indon mampu aja bikin vaksin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 2 lainnya memberi reputasi
Jadi harus pake ploduk2 China ya... Jangan amlik
Oe... Oe..
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Projo.Id dan jerrystreamer1 memberi reputasi
pantes aja si gatot mo jd endorse ini vaksin. biasanya dia paling anti program ginian...

klo Terawan dr AD udh gak heran sih
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Kalo dpr ngotot mau vaksin ini, yakinlah pasti ada duit disana.

Waduh terawan, jd mentri aja akibat nipu, sekarang mau nipu lagi, yg endorse juga sama aja, tukang2 tipu semua
profile-picture
profile-picture
RyoEdogawa dan selldomba memberi reputasi
Diubah oleh Somad.Monyong
Ploduk kapir mamarika emoticon-Leh Uga

Giliran dibagi muhamadiyah ke masyarakat dilabelin khusus kaum muslimin emoticon-Wkwkwk

Bangke banget sih otaknya emoticon-Wkwkwk
Vaksin Sinovac dari China, sementara Vaksin Nusantara yang digagas oleh Terawan Agus Putranto basic nya dari Amerika. Ya, mau ngak mau, terpaksa harus dihubungkan, dikaitkan ke politik nih..., menarik juga, vangke...hahaha

Ada vaksin koalisi, seperti sinovac dkk, dan ada vaksin oposisi, seperti vaksin nusantara. Tokoh² politik seperti Aburizal Bakrie, Sudi Silalahi, Gatot Nurmantyo, Dahlan Iskan, beberapa aleg DPR RI, salah satunya Adian Napitupulu, Sufmi Dasco, ikut meramaikan vaksin Nusantara. Menarik, seperti ada semacam pembangkangan, mbalelo kepada pemerintah.

Kenapa ada kesan seperti itu, mbalelo, ya karena masih ada perdebatan soal vaksin, ngak jauh dari soal efikasi, bisnis. Bahkan dalam sebuah jajak pendapat internasional menunjukkan mayoritas warga seluruh dunia pada umumnya cenderung mengatakan 'ya' untuk mendapatkan vaksin Covid-19, akan tetapi, mereka tidak percaya pada keampuhan vaksin Covid-19 buatan China atau Rusia dibanding vaksin yang dikembangkan di Jerman atau Amerika Serikat. Belum lama ini pihak China mengakui, bahwa memang Sinovac efektivitasnya rendah. Dan Menag Yaqut sendiri pas RDP dengan Komisi 8 bilang bahwa Sinovac masih belum bisa jadi syarat Umroh, belum disetujui oleh pihak Saudi Arabia, heboh kan itu pernyataan Menag, dan kemudian diralat oleh pihak Kemenag sendiri, Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi H. Dasir membantah informasi yang menyebutkan bahwa jemaah umrah yang disuntik vaksin Covid-19 Sinovac tidak boleh masuk ke Arab Saudi.

Terawan sendiri, memang sosok kontroversial dengan metode²nya, dan pasiennya juga tokoh² politik. Dan sejauh ini masih belum ada keterangan resmi dari KSAD kaitan vaksin nusantara yang dijalankan oleh Terawan di RSPAD. RSPAD gimanapun juga dibawah TNI-AD, dan RSPAD isinya juga bukan sembarang dokter, banyak peneliti di situ, hirarkinya juga penuh kedisiplinan.

Dari sisi ilmiah, metodologi, tentu semua harus bisa dipertanggungjawabkan, dan biarkan saja kaitan vaksin menjadi pembahasan para researcher. Lha wong semua vaksin yang beredar saat ini juga awalnya dipaksakan jadi, karena pandemi, karena kebutuhan pemulihan ekonomi. Normalnya vaksin jadi bagus butuh waktu bertahun-tahun.

Biarkan saja vaksin nusantara yang dengan metode ambil plasma darah, kemudian diamplifikasi, kemudian dimasukkan lagi ke tubuh manusia berjalan, dan vaksin Sinovac dkk yang dengan metode melemahkan virus juga berjalan, mikir positifnya demi kebaikan bersama. Untuk mengetahui vaksin siapa yang benar butuh waktu bertahun-tahun.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
daddydaddydoo dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...-versi-ahli-ui
Ini salah satu yg kocak di fase 1, semua subjek penelitian ternyata sudah punya antibodi sars cov 2


https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...n-uji-ke-hewan
"Tahapan pra-klinik merupakan tahap etika, jangan sampai memaparkan pada manusia tentang produk yang belum terjamin aspek keamanannya. Jadi di awal harus ada pra-klinik dengan binatang, dan itu ditolak oleh tim peneliti," ujar Penny Lukito.


https://www.google.com/amp/s/m.kumpa...si-1vYFNQcsgsv
Persetujuan Lolos Kaji Etik penelitian tidak dilakukan oleh Komite Etik (KE) tempat dilakukan penelitian. Tidak ada notifikasi dan penyerahan protokol kepada KE di RSUP Dr. Kariadi terkait penelitian ini, sehingga tidak ada kajian dari KE setempat.

Bayangin, Persetujuan Komite Etik dari RSPAD, tapi penelitian di RS Karyadi, tanpa persetujuan Komite Etik RS Karyadi, ngaco banget, sekelas tesis aja ga boleh kyk begini, ini kok bikin vaksin malah mau seenaknya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daddydaddydoo dan 5 lainnya memberi reputasi
Gak ketahuan ya siapa produsennya.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di