CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siap-siap! RI Bakal Punya Bursa Buat Bitcoin Terbesar di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6077dfe841fd40420e698eeb/siap-siap-ri-bakal-punya-bursa-buat-bitcoin-terbesar-di-dunia

Siap-siap! RI bakal Punya Bursa buat Bitcoin cs

Siap-siap! RI Bakal Punya Bursa Buat Bitcoin Terbesar di Dunia


Indonesia akan segera memiliki bursa khusus untuk perdagangan aset kripto. Bursa tersebut sedang dibentuk oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Bursa ini fokusnya pada perlindungan pelaku usaha agar hubungan antar semua pihak bisa berjalan dengan baik. Antar pedagang, investor maupun dengan lembaga lain bisa jelas dan aman." Kata Ketua Bappebti Sidharta Utama, Kamis (15/4/2021).

Bappebti sendiri sudah menerbitkan daftar aset kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia. Ada 229 di antaranya, salah satunya Bitcoin, Ethereum, Doge coin, Stellar, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Bitcoin cs bisa diperdagangkan di bursa kripto nantinya.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, aset kripto berkembang sangat cepat di Tanah Air, sehingga perlu segera dibentuk piranti regulasi dan lembaga yang menaunginya.

Jerry mengatakan, perkembangan aset kripto dan komoditas berjangka lainnya banyak bersentuhan dengan sektor lain. Oleh sebab itu, menurutnya pengaturan aset kripto dan komoditas berjangka lainnya itu perlu dilakukan bersama dengan instansi lain, tak hanya Bappebti.

"Khususnya dalam industri keuangan baru yang berbasis digital dan beberapa pengembangan produk derivatif lainnya makin banyak bersentuhan dengan lembaga dan kementerian terkait. Ini yang ingin kita sinergikan agar omnibus law jasa keuangan nanti bisa menjawab tantangan regulasi sekaligus menjadi wadah bagi perkembangan industri ini." Papar Jerry.

Saat ini, ia mengatakan pemerintah berencana mengajukan rancangan undang-undang (RUU) Omnibus Law sektor jasa keuangan kepada DPR. Menurut Jerry, industri aset kripto dan komoditas berjangka lainnya perlu dilibatkan dalam RUU tersebut.

"Ini yang ingin kita sinergikan agar omnibus law jasa keuangan nanti bisa menjawab tantangan regulasi sekaligus menjadi wadah bagi perkembangan industri ini" kata Jerry.

Ia pun bertemu dengan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara untuk membahas materi Omnibus Law bidang jasa keuangan khususnya dalam pengaturan pasar komoditas.

Usai pertemuan itu, Suahasil sepakat mengenai perkembangan pasar komoditas yang semakin kompleks. Ada berbagai urusan yang terkait mulai dari perpajakan hingga dampak bagi ekonomi nasional secara luas. Oleh karena itu, keduanya sepakat bahwa pembagian wewenang dan koordinasi dalam RUU Omnibus Law Jasa keuangan yang sedang dibahas berkasnya bisa berjalan dengan baik.

Apalagi, aset kripto sudah banyak digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai negara. Harapannya, langkah ini bisa mengoptimalkan perkembangan aset kripto sehingga bisa berdampak positif bagi ekonomi nasional.


https://finance.detik.com/moneter/d-...240.1579675154


Bitcoin nih haram atau halal ya? emoticon-Ketupat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Mr.Provokator
Halaman 1 dari 4
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang kitak pikirin emoticon-Bingung buset segitu pede nya jualan duid kek gt
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
percuma aja bikin bursa kalau yg diperdagangkan sebanyak itu

doge coin yg jelas2 cm utk ngetroll saja diterimaemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nickNovero dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Kalau dari praktiknya udah banyak yang ngelirik trading bitcoin. Kalo kita baca-baca berita di detik, banyak banget berita tentang bitcoin, apalagi mulai dari awal tahun ini.

Ane rasa pemerintah mau mengembrace trading crypto di Indonesia, daripada duitnya lari ke luar. Kenapa ane percaya? Yang pertama, sejak Oktober lalu, Binance sebagai exchange terbesar internasional di-ban oleh keminfo. Kedua, asset crypto tidak di-ilegalkan di sini, dan jika agan baca di antara 229 koin yang dilegalkan, ada koin yang kerjanya seperti stablecoin rupiah.

Ane rasa pemerintah sengaja bikin bursa supaya investasi makin bergairah, dimana kita tau saham dan emas lagi anjlok. Daripada retail besar investasi bitcoin lewat jalur market luar, mending bikin sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adehutabarat135 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Biaya materai.
selama dipakai sebagai salah satu pilihan boleh2 saja lah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kalau terbit UU siap-siap aja bayar pajak ya
biasa masalah pajak juga masuk di dalam aturan
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yify dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
ya iyalah duit yg muter disitu sampe trilyunan. masa mau dicuekin gitu aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 4 lainnya memberi reputasi
Duitnya muter muter di PLN dan pabrik VGA.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dah telat emoticon-Cape d...
Pas dah jadi udah anjlok bitcoin emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyol21 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bukannya dilarang sama BI ?
profile-picture
profile-picture
nyol21 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kalau bursa Dinar dirham boleh gak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dr awal bitcoin hrsnya cap ilegal, tujuan penggunaan dolar mata uang perdagangan karena relatif stabil. Crypto memiliki resiko tinggi nilainya tdk stabil jika ditukar dgn mata uang asli akn terjadi pencetakan duid fisik besar2an acuan nilai kestabilan dmn bs tembus 1m

Baca sejarah nih mata yang dunia. Bukan masalah pengen kaya tp kestabilan

https://www.google.com/amp/s/uangindonesia.com/alasan-mengapa-dollar-menjadi-mata-uang-dunia/%3famp

Ini sama aj meruntuhkan negara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cosmoflip
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
229 crypto?
Gak kabanyakan tuh
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Loh, Indodax dan TokoCrypto nanti gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyol21 dan 2 lainnya memberi reputasi
Prettttttt bohongnya terlalu..emoticon-Ngakak (S)
China dan India mining lebih gedhe ketimbang sini kaleee..emoticon-Ngakak (S)



profile-picture
profile-picture
nyol21 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ngimpinya ketinggian nih
Mndingan tunggu aja,klo covid dah kelar dan semua sektor butuh modal segar msh berjaya gk nih btc
Gw curiga sih ini naek gara2 org2 kaya pd bingung nyari tmpt buat muterin duit nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
menunggu kepastian nya. ada yang tambah kaya, ada yang gampang jadi miskin. edukasikan ke masyarakat sebelum terjun ke dunia crypto.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyol21 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bitcoin dll itu kan digital ya. Kalau misalnya penciptanya nakalan dia tambah saldo cryptonya sendiri diam2 pake script gt mungkin nda? Secara dia yg pegang coding & paham kerja teknologi ciptaannya sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nada.sela dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di