CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6077bd41c5ad9254452ef6e2/bubur-candil-pisang-takjil-yang-mudah-dibuat-dengan-bahan-disekitar-rumah

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

Takjil Rumahan

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

Kalo mendengar kata takjil kita sudah tidak heran ya, karena kata takjil sudah tidak asing lagi di telinga.

Takjil adalah makanan pembuka buat buka puasa, dan berbagai parian yang di buat untuk di santap ketika seharian menahan lapar dan haus.

Marhaban Ya Ramadhan
Sebelumnya mohon maaf lahir dan batin untuk semuanya.

Alhamdulillah kita di sampaikan di bulan Ramadhan penuh keberkahan, bulan mulia dari seribu bulan.

Ngomong-ngomong bulan puasa nih pasti tidak asing dengan yang namanya takjil, makanan pembuka yang manis-manis kayak aku. Hehe

Ane mau buat takjil dengan bahan yang mudah di cari dan mengolah bahan yang di tanam oleh nenek, karena nenek ane petani makanya ane coba mengolahnya menjadi takjil yang enak.

Spoiler for pohon pisang:


Nahkan banyak pohon pisang di deket rumah ane gak cuma deket rumah di kebun juga banyak pohon pisang yang selalu berbuah.

Ane paling suka pisang makanya tidak heran kalo di sekitar rumah ane banyak pohon pisang, nenek lah yang selalu menanamnya, kalo pohonnya berbuah maka nenek akan membagikannya ke tetangga dan sebagian ane buat takjil juga deh.

Pisang ini enak di makan langsung, dan tidak hanya itu pisang juga mudah di buat apa saja loh! Salah satunya di buat takjil buat berbuka puasa.

Gak cuma pohon pisang tapi banyak juga pohon aren di sekitar pohon pisang ini kan, nah pohon aren ini menghasilkan gula merah, tidak hanya menghasilkan gula merah tapi juga menghasilkan tepung sagu (aci kawung) jadi bahan-bahannya ane dapatkan dari sekitar rumah yang sudah di olah.

Dari pada jauh-jauh kan ya nyari bahan yang susah mending bahan yang ada aja di jadiin takjil gak perlu beli hemat di kantong yang pastinya.

Karena yang ane buat adalah

Bubur Candil Pisang


Bahan utamanya adalah pisang yang di petik dari kebun nenek dan gula aren yang di olah oleh nenek juga. Untuk proses pembuatan gula aren di sini

Pisang, gula merah(gula aren), daun pisang dan Tepung sagu ane dapatkan di sekitar rumah

Dan bahan yang lainnya ane dapatkan dari warung depan rumah

Bahan-bahan

- Pisang kepok atau pisang apapun juga bisa yang penting pisang
- Tepung Sagu (aci kawung) atau Tepung Tapioka juga bisa
- Air
- Gula Merah
- Gula Pasir
- Garam
- Daun Pandan
- Daun Pisang


Semua bahannya gampang di cari dan ada di sekitar rumah ane, jadi enggak perlu jauh-jauh.

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

Cara membuatnya gampang banget
Kukus terlebih dahulu 500 gram pisang kepok sampai matang

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

Lalu setelah matang kupas kulitnya

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

setelah itu tumbuk atau bisa juga di blender sampai halus dan lembut lalu tuangkan ke wadah atau baskom, lalu tambahkan 2 sdm tepung tapioka yang sudah di larutkan dengan sedikit air, kenapa di larutkan karena agar tepung tapioka nya tidak mengendap di bawah, lalu tambahkan gula pasir. Setelah itu aduk sampai rata atau uleni sampai kalis.

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

Setelah itu bentuk bulat-bulat kecil sesuai selera sampai habis.

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

Lalu siapkan 1 liter air dalam panci tambahkan daun pandan biar wangi, masak sampai mendidih setelah mendidih masukan adonannya tunggu sampai mengapung, kalo sudah mengapung tandanya sudah matang setelah itu masukan 250 gram gula merah, 3sdm gula pasir, garam secukupnya, lalu masak lagi sampai mendidih. lalu tambahkan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan sedikit air, setelah itu aduk pelan-pelan hingga mengental

Sambil menunggu rebus 250 santan kental, garam secukupnya sesuai selera tambahkan juga daun pandan, masak sampai matang.

Bubur Candil Pisang, Takjil yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Disekitar Rumah!

Setelah semuanya matang sajikan di atas daun yang sudah ane bentuk segi empat ke empat sisinya ane apit dengan lidi kecil agar berbentuk seperti besek atau wadah, kalo ane biar lebih cantik, hhehe. pakai wadah biasa juga bisa. Setelah itu kucurkan deh santai yang sudah di masak tadi. Jadi deh Bubur Candil Pisang buatan ane sendiri.

Nah mudah dibuat bukan, bahannya enggak ribet gampang di dapat.

Gimana gansist berani nyoba buat, silahkan buat di rumah masing-masing.

Kuy diskusi santuy di komentar, jangan lupa cendol segar, rate dan share jika bermanfaat.

Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih

Sumber: dokpri dan opri



profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 6 lainnya memberi reputasi
Pajewan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Cocok untuk menemani buka puasa
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
boleh dicoba nih biyar gak bosen makan biji salak dari ubi trs hehe, thanks infonya gan
Biasanya dari ubi, ini dari pisang. Jadi penasaran
Wah mantap ini
enak nih.. cocok buat menu berbuka puasa.. sepertinya mudah ya bikinnya sist.. boleh dicoba nih.. bahan2nya juga mudah.. makasih resepnya sist..
Wow, enak nih
Saya coba gan thanks infonya


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di