CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Apakah Mati Suri Benar-Benar Ada ? Lihat Disini Mengenai Pembahasan Ilmiahnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607707d7e92df4372122c4b3/apakah-mati-suri-benar-benar-ada--lihat-disini-mengenai-pembahasan-ilmiahnya

Apakah Mati Suri Benar-Benar Ada ? Lihat Disini Mengenai Pembahasan Ilmiahnya!

Apakah Mati Suri Benar-Benar Ada ? Lihat Disini Mengenai Pembahasan Ilmiahnya!

Agan sista tentu tau dengan apa itu mati suri. Yaitu sebuah kondisi dimana orang hidup kembali setelah dinyatakan meninggal. Fenomena mati suri sering kali kita temui di film-film bertema azab atau budaya Indonesia. Dimana di dalam film biasanya orang tersebut terbangun padahal akan dikebumikan oleh keluarga dan kerabatnya. Biasanya seseorang yang mengalami mati suri akan mengatakan bahwa dirinya telah melihat sesuatu atau cahaya putih yang sama sekali belum pernah dilihatnya dikehidupan nyata. Lantas apakah mati suri benar-benar ada? 


Sebelum membahas faktanya, ada baiknya kita membahas lebih dalam apa tanda-tanda seseorang disebut telah meninggal dunia. Berdasarkan informasi yang ditulis pada alodokterpada tanggal 27 Agustus 2018, seseorang dinyatakan meninggal bila memenuhi kondisi diantaranya pernafasan berhenti, organ vital tidak berfungsi, tidak ada respon terhadap rasa sakit dan jantung tidak lagi berdetak. 


Dalam dunia medis fenomena mati suri dikenal sebagai Near Death Experience (NDE). Di luar negripun sama, orang-orang yang pernah mengalami NDE mengaku melihat cahaya, bertemu dengan teman yang sudah meninggal bahkan bertemu dengan Tuhan. 

Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Dutch Study, dimana dilakukan oleh sekelompok orang yang pernah mengalami NDE, hasilnya 32% persen dari mereka mengaku berbicara dengan kerabatnya yang telah meninggal, 31% hanya berjalan-jalan mengitari terowongan dan sisanya mengalami raga sukma (keluar dari tubuh). Dan dari semua responden, hanya 18 orang yang mengingat apa yang mereka alami saat NDE. Dan mayoritas orang yang pernah mengalami NDE berusia kurang dari 60 tahun. 


Kembali ke pertanyaan awal, apakah mati suri itu benar-benar ada?


Sayangnya fenomena NDE ini sebenarnya tidak pernah ada. Karena pernah dilakukan sebuah percobaan dimana seorang ilmuan menggunakan teknologi elektroensefalograf untuk mengetahui aktivitas elektrik di kepala orang-orang yang pernah mengalami NDE, diketahui orang-orang itu tidak benar-benar mati, karena otaknya hanya berhenti selama 10 detik.


Ilmuan lain juga turut menyimpulkan bahwa mati suri atau NDE ada kaitannya dengan Rapid Eye Movement (REM) dimana sebenarnya kita tidak mati melainkan tubuh kita yang menjadi lumpuh untuk sesaat dan kita sedang bermimpi diwaktu yang sama. 

Dari sini bisa kita simpukan bahwa mati suri atau NDE hanya terjadi selama 10 detik. Dan berkaitan pula dengan REM yang sering dialami orang-orang saat tertidur. Jadi fenomena mati suri dimana orang sudah dinyatakan mati dan hidup kembali beberapa jam kemudian adalah hal yang salah atau HOAX. Karena orang yang sudah mati tidak mungkin bangkit lagi terkecuali mereka mengalami REM atau yang biasa kita kenal dengan ketindihan. Semoga hoax yang selama ini kita percayai bisa agan sista kenali lebih dalam mengenai kebenarannya. Bantu putuskan rantai hoax bersama #HansipHoaxyang selama ini sudah kita percaya dan kita anggap benar.

Sumber: iniini dan ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kalo mati suri lebih dr 30 menitan itu gimana?
profile-picture
profile-picture
dendi.11 dan MafTrack memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jadi itu otaknya cuma berhentin10 detik ya? emoticon-Matabelo
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bawah ane timun suri
profile-picture
profile-picture
dendi.11 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Suspended animation ya ?

emoticon-Bingung
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Diubah oleh reep1000
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Apakah timun suri juga ada? Atau adakah ibu suri? emoticon-Bingung (S)
Semoga trid berikutnya TS bisa membantu menguak misteri selanjutnya emoticon-Matabelo
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Begitu yaa.. Berarti kasus orang orang yg katanya pernah mati suri bohong semua dong.. Trus katanya ada orang yg bisa raga sukma juga cuma ngarang doang dong..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
diprank malaikat
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saya gak percaya mati suri...
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
namun bberpa orang seprti yang ane pernah liat di channel youtube, entah itu kebenarannya, tp setidaknya biasanya klo udah kaya gtu, hidupnya jadi berubah.
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
itu mati suri yak, kalo hidup suri gimana ya? emoticon-Bingung
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ga paham gw, tapi pengalaman gw, guru gw pernah mati suri, udah divonis wafat sama dokter karena pernapasan dan detak jantung bener2 ga ada. tapi jelang dikafani, hidup lagi.


dan gw pernah terjemah tentang medis kesehatan jantung, ada istilah "takikardia supraventrikular" keadaan di mana jantung terlalu cepat detaknya sampai nggak terdeteksi sama sekali ada detak jantung.
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan dendi.11 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
terus yang kasus mati bahkan beberapa menit itu gimana ya secara medis gan
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gw pernah mendengarkan pengalaman seorang sopir ambulans. Dimana dia mengantarkan pasien yg telah meninggal ke rumah duka. Dalam perjalanan, pasien nya hidup lagi, alhasil yg rencananya mau diantar sebagai jenazah, akhirnya malah diantar sebagai orang hidup. Karena kejadian itu, sopir ambulans nya kapok dan resign.
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Memang ada secara ilmiah
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah baca dulu gan
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bisa jadi salah kira sudah mati padahal hanya semacam pingsan lama gitu kali ya, maka tiba2 ada kasus jenazah bangun lagi 👻
Kalo di lingkungan ane ada yg meninggal, selalu mendatangkan tetangga yg profesinya emang dokter senior untuk lebih memastikan bahwa benar2 sdh tidak bisa ditolong alias sudah mati, meski tanda2 umum kematian sdh diyakini terjadi 😇
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Jadi yang Astral Projection itu hoax juga ya bray...

Di film Insidious dukunnya sengaja dibikin meninggal sebentar supaya arwahnya bisa jalan2 ke alam baka, tapi abis itu bisa hidup lagi...


emoticon-Ngakak
profile-picture
dendi.11 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau dilihat dari kajian ilmiah pasti tidak dikenal namanya mati suri atau astral projection..
padahal bnyk fenomena2 lain nya yg dilihat dari sisi ilmiah mungkin adalah hoax tapi nyata adanya .. misal seperti santet, org kesurupan , mayat berjalan di toraja, mandau terbang di kalimantan, dsb
profile-picture
furion87 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
rata2 ngomong semacam ngimpi ketemu orang dekat. nga ada satupun yg nyebut tuhan kecuali emang di dramatisir.
based on tetangga ane yg mati suri 2x tahun 2006 & 2012 terakhir 2019 beneran abis kontrak. 😑
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Temen ane ada yg peenah gtuh
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di