CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607701bab599507dfd6dfb80/kfc-berdarah-darah-toko-ritel-bertumbangan-1-toko-per-hari

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama lebih dari satu tahun belum juga menunjukkan perbaikan di sektor konsumsi seperti ritel hingga restoran.
Contoh terbaru adalah waralaba restoran KFC yang setahun terakhir didera masalah hubungan industrial dengan pekerja karena soal penutupan gerai, upah, sampai berujung masalah keuangan yang berdarah-darah.
Di sisi lain, sektor ritel juga tak kalah pelik, hari ke hari jumlah gerai ritel yang tutup bertumbangan. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan setiap harinya toko ritel di Indonesia yang tutup kian bertambah.

Menurutnya, toko yang harus tutup atau bangkrut ini disebabkan karena permintaan lemah di sektor konsumsi. Padahal konsumsi masyarakat sangat menentukan keberlanjutan usaha ritel.
"Setiap hari kami hitung dari sisi asosiasi, hampir 1 toko tutup setiap hari, di seluruh Indonesia termasuk di Bali," ujarnya dikutip Rabu (14/4).

Ia bilang pelaku usaha ritel yang harus gulung tikar dan menutup usahanya masih berlanjut di tahun ini. Sejak awal tahun hingga saat ini sudah ada 90 toko yang harus menutup usahanya.
"Kalau kita lihat 3 bulan ini kita sudah ada 90 toko yang tutup termasuk minimarket, supermarket, department store maupun juga tenant," katanya.

Minta Perlindungan Pemerintah

Kondisi yang terus berlarut tanpa adanya perbaikan membuat pelaku usaha risau. Roy meminta perlindungan pemerintah agar tidak semakin banyak pelaku usaha ritel yang bangkrut.
Perhatian khusus dari Pemerintah sangat diharapkan, apalagi industri ritel adalah salah satu usaha yang harus bertahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
"Ini bagaimana relaksasi untuk tetap bertahan dan beroperasi sebagai sektor kedua yang harus tetap buka selain RS," jelasnya.

Ia menyebutkan, salah satu stimulus yang dibutuhkan oleh pelaku usaha ritel adalah tambahan dana dari Pemerintah. Diharapkan tambahan anggaran dari Pemerintah bisa membantu sektor ritel tetap bertahan dan melayani UMKM yang berbelanja di mereka.
"Kami butuh vaksinasi keuangan selain vaksinasi pandemi, karena tanpa itu kemana kita. Kita punya 7 juta UMKM yang dagang di ritel, tapi UMKM enggak bisa dagang karena toko (ritel) tutup. Jadi mereka (pelaku usaha ritel) butuh diberikan bantuan untuk bisa tetap berdagang dengan menjaga sektor hilirnya," tegasnya.

KFC yang Berdarah-Darah

Memburuknya kondisi ritel juga diikuti oleh usaha sejenis tenant restoran. Setelah tahun lalu menutup ratusan gerainya, persoalan internal soal hubungan industrial dengan pekerjanya menjadi masalah belum berkesudahan.

Pada Senin (12/4), kalangan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) SBT PT Fast Food Indonesia Tbk menggelar aksi demonstrasi di depan gerai KFC Gelael, MT Haryono, Jakarta, yang juga sebagai lokasi kantor pusat.
Para pekerja mendesak PT Fast Food Indonesia Tbk untuk mengeluarkan kebijakan pembayaran upah sebagaimana mestinya dan mengembalikan upah yang selama ini ditahan oleh perusahaan.
"Upah dipotong dan dihutang 30% yang otomatis upah di bawah UMK (upah minimum kota)," kata Koordinator SPBI Anthony Matondang kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/4/21).

pada April 2020 lalu perusahaan mengeluarkan kebijakan pemotongan dan penahanan upah. Bahkan, Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibayarkan tidak sesuai dengan ketentuan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).
"Akibat dari kebijakan ini, sebagian pekerja KFC mendapatkan upah jauh di bawah upah minimum kota atau kabupaten yang berlaku tahun 2020," jelasnya.
Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk Justinus Dalimin Juwono akhirnya buka suara. Ia menegaskan ihwal persoalan kebijakan perusahaan yang terkait para pekerja sudah disampaikan, dirundingkan, dan ada kesepakatan dengan serikat pekerja lain, yakni SPFFI. Ia menegaskan segala persoalan sudah selesai dibahas dengan serikat pekerja.
"Jadi sudah ada pembicaraan klarifikasi sama serikat pekerja kita sudah beres dengan serikat pekerja kita. Sudah tuntas," katanya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-toko-per-hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luweh dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaiserwalzer
Minuman bobba juga sama Om .. awal2nya aja bagus .. truss setelah 4 bulan .. 6 bulan .. bulan ke 7 sepii cuuiii kayak kuburan ..

Serem bingit emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jihyunwoo dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 31 balasan
Justru gwa salut kok ama manajemen KFC

Sampe sekarang gwa belum pernah denger ada pegawai yang di PHK atau DIRUMAHKAN

kfc dan pegawai sama sama berdarah selama pendemi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pemasukan berkurang..

orang2 pst pada berhemat dan lebih memilih menabung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gue bingung masih ada aja yg demen ke kfc
Nasi ayam saos 50 ribu? Overprice 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ndrbzz dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 56 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 56 balasan
Itu berarti masyarakat mengikuti saran pak presiden cinta produk dalam negeri..ayam goreng brand lokal seperti rocket chicken dll semakin berkembang pesat,gerai nya dan rasanya tak kalah,harga juga jauh lebih murah dan realistis..bahan baku ayam dari peternak melimpah..masak rakyat gak sadar di bodoh kfc harga nya mahal karena brand lisensi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
worldofdota dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
profile-picture
atmajazone memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tenang, sdh ada omnibus law bisa phk dg aman.
Umk juga sdh ditekan shg meringankan pengusaha menggaji buruhnya.

Skrng, buruh banyak di phk dan yg msh kerja dibayar murah. Konsumsi pun turun. Pengusaha menjerit lagi. Pemerintah yg bingung sewa buzzeRP utk memoles situasi. Muter aja terus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jualan Junkfood ternyata bisa berdarah-darah juga ya emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Percuma disuntik dana kalo daya beli konsumen berkurang, konsumen sendiri tanpa uang mau beli apa? Pandemi ini memang merusak semua perekonomian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 3 lainnya memberi reputasi
Masih kena PHP mudik lebaran
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
djabat dan atmajazone memberi reputasi
Gw rasa kfc drop mah emang udh kena serangan frenchise ayam goreng lokal yg murah2...gw sering beli buat anak ayam oishi potongannya gede, rasa enak harga cuma 14rb, makan di rumah nyaman mau pake nasi segimana jg bisa....lah di kfc ampir 50rb, nasinya porsi buat bkcah aja kurang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Foto dan ukuran makanan sebenarnya beda banget overpriced pula
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kfc sih tumbang karena udah mahal. Masa perkedel jadi 10 rb ? Mending gue beli di warteg 2000. Sama enaknya.
Ayam goreng model begitu juga sekarang udah banyak. Kalo udah dicocol saos sambal sih udah gak beda rasanya. Malah kalo ayam kfc cenderung asin. Gue sih kurang suka. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan mancitybest memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kasian pegawainyaemoticon-Frown
profile-picture
atmajazone memberi reputasi
Lah klo jualan ayamnya aja ga laku jualan CD gimana emoticon-Bingung terakhir makan di KFC pas lagi promo ayamnya kaya ayam sabeni emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pemerintah bisa apa? Masih berkutat narik pajak emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ndrbzz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lagian retailnya juga lama kalo ngelayanin pelanggan, jauh sm mcd, kalo KFC rata rata makanan siap dalam 4 menit, sedangkan MCD siap dalam 1 menit. Kita real test aja sini.

Pegawai KFC ngelayanin, terima orderan, pencet pencet, buka kotak/ ambil piring, ambil ayam, cek pesenenan, ambil nasi, pencet pencet di komputer, ambil gelas isi, pencet lagi, ambil gelas yang terisi, pencet lagi. Abis itu nagih duitnya berapa, ambil lagi semua yang udah disiapin, abis itu baru dikasih pembeli

Pegawai MCD, pesen, dipencet mesin, terima duit, suruh nunggu pinggir, orang yang ngurusin pesanan kasih makanan kita, selesai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
kfc masi jual cd juga ga nih emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan clafelallerizu memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di