CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6076c9f9500cf82ef700c0b0/kfc-berdarah-darah-toko-ritel-bertumbangan-1-toko-per-hari

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!


Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama lebih dari satu tahun belum juga menunjukkan perbaikan di sektor konsumsi seperti ritel hingga restoran.

Contoh terbaru adalah waralaba restoran KFC yang setahun terakhir didera masalah hubungan industrial dengan pekerja karena soal penutupan gerai, upah, sampai berujung masalah keuangan yang berdarah-darah.

Di sisi lain, sektor ritel juga tak kalah pelik, hari ke hari jumlah gerai ritel yang tutup bertumbangan. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan setiap harinya toko ritel di Indonesia yang tutup kian bertambah.

Menurutnya, toko yang harus tutup atau bangkrut ini disebabkan karena permintaan lemah di sektor konsumsi. Padahal konsumsi masyarakat sangat menentukan keberlanjutan usaha ritel.

"Setiap hari kami hitung dari sisi asosiasi, hampir 1 toko tutup setiap hari, di seluruh Indonesia termasuk di Bali," ujarnya dikutip Rabu (14/4).

Menurutnya, toko yang harus tutup atau bangkrut ini disebabkan karena permintaan lemah di sektor konsumsi. Padahal konsumsi masyarakat sangat menentukan keberlanjutan usaha ritel.

Ia bilang pelaku usaha ritel yang harus gulung tikar dan menutup usahanya masih berlanjut di tahun ini. Sejak awal tahun hingga saat ini sudah ada 90 toko yang harus menutup usahanya.

"Kalau kita lihat 3 bulan ini kita sudah ada 90 toko yang tutup termasuk minimarket, supermarket, department store maupun juga tenant," katanya.

Minta Perlindungan Pemerintah

Kondisi yang terus berlarut tanpa adanya perbaikan membuat pelaku usaha risau. Roy meminta perlindungan pemerintah agar tidak semakin banyak pelaku usaha ritel yang bangkrut.

Perhatian khusus dari Pemerintah sangat diharapkan, apalagi industri ritel adalah salah satu usaha yang harus bertahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Ini bagaimana relaksasi untuk tetap bertahan dan beroperasi sebagai sektor kedua yang harus tetap buka selain RS," jelasnya.

Ia menyebutkan, salah satu stimulus yang dibutuhkan oleh pelaku usaha ritel adalah tambahan dana dari Pemerintah. Diharapkan tambahan anggaran dari Pemerintah bisa membantu sektor ritel tetap bertahan dan melayani UMKM yang berbelanja di mereka.

"Kami butuh vaksinasi keuangan selain vaksinasi pandemi, karena tanpa itu kemana kita. Kita punya 7 juta UMKM yang dagang di ritel, tapi UMKM enggak bisa dagang karena toko (ritel) tutup. Jadi mereka (pelaku usaha ritel) butuh diberikan bantuan untuk bisa tetap berdagang dengan menjaga sektor hilirnya," tegasnya.

KFC yang Berdarah-Darah

Memburuknya kondisi ritel juga diikuti oleh usaha sejenis tenant restoran. Setelah tahun lalu menutup ratusan gerainya, persoalan internal soal hubungan industrial dengan pekerjanya menjadi masalah belum berkesudahan.

Pada Senin (12/4), kalangan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) SBT PT Fast Food Indonesia Tbk menggelar aksi demonstrasi di depan gerai KFC Gelael, MT Haryono, Jakarta, yang juga sebagai lokasi kantor pusat.

Para pekerja mendesak PT Fast Food Indonesia Tbk untuk mengeluarkan kebijakan pembayaran upah sebagaimana mestinya dan mengembalikan upah yang selama ini ditahan oleh perusahaan.

"Upah dipotong dan dihutang 30% yang otomatis upah di bawah UMK (upah minimum kota)," kata Koordinator SPBI Anthony Matondang kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/4/21).

pada April 2020 lalu perusahaan mengeluarkan kebijakan pemotongan dan penahanan upah. Bahkan, Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibayarkan tidak sesuai dengan ketentuan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

"Akibat dari kebijakan ini, sebagian pekerja KFC mendapatkan upah jauh di bawah upah minimum kota atau kabupaten yang berlaku tahun 2020," jelasnya.

Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk Justinus Dalimin Juwono akhirnya buka suara. Ia menegaskan ihwal persoalan kebijakan perusahaan yang terkait para pekerja sudah disampaikan, dirundingkan, dan ada kesepakatan dengan serikat pekerja lain, yakni SPFFI. Ia menegaskan segala persoalan sudah selesai dibahas dengan serikat pekerja.

"Jadi sudah ada pembicaraan klarifikasi sama serikat pekerja kita sudah beres dengan serikat pekerja kita. Sudah tuntas," katanya.


Sumber





Saatnya mengembangkan UMKM di Indonesia

Arahkan mekeka untuk berjualan di FJB Kaskus

pembayaran bisa lewat Rekber Blackpanda yang terkenal aman & amanah

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Saatnya kembali ke FJB Kaskus dan Rekber Blackpanda

emoticon-Imlek emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Masa masa sulit pengusaha sektor ini emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 3 lainnya memberi reputasi
Semua pada pindah ke Ecommerce bray .... shopee, toped, gofood, grabfood.... banyak diskon dan promonya

emoticon-Toast emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Giant supermarket sebelah rumah,.kmren udah tutup😔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ontapesek
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kondisi normal: jual makanan aja, pasti laku

Manusia ga pernah siap buat kondisi darurat krn msh bergantung sm monetary system emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ShinJuuu dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Karyawan yg gajinya ditekan oleh pengusaha ya mau ga mau hrs putar otak utk cari yg bisa jual lebih murah & mengurangi gaya hidup.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mau bngkrutvkek mau ubtubgvkek apa peduli saya. Toh wkt jaya jg gak ada gunanya buat saya..

Lebih baik tutup aja. Biar umkm bidang makanan bisa tumbuh di negeri sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
rakyat kecil ga puya duit lebih utk belanja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh t1s
Kfc kalo mau membumi sedikit untuk mau nurunin harga ke harga psikologis masyarakat gak bakal berdarah darah, paling berdarah dikit perih enak, sayangnya enggak dilakuin

Aneh emang, padahal cuma jualan ayam.. Harga ayam potong ya gitu gitu aja , beban operasional terlalu banyak berdampak tinggi nya harga makanan , harusnya bisa diminimalisir dengan menghentikan produksi menu non populer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buatbarulagi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
bah kiepci, 40 rebu dapet 1 paket makanan, klo mau ada cd ga jelas dari planet namek bengkak jadi 60 rebu, makanan paling murah di kiepci itu klo ga salah makanan mini macam sup yang 10-15 rebu....itu semua belum ongkir......

pesaing kfc bisa sedia paket hemat 25k, klo yang bisnisnya sejenis tapi beda spesialiasi biasanya jualan di 20-30k....itu udah paketpas....intinya kfc berdarah2 ya wajar sekale, kalah saing gitu.....emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Berdarah2 tp buka cabang baru di samping wisma atlet emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 4 lainnya memberi reputasi
giant kemarin diskon 70% - 80% emoticon-Leh Uga

beras rojolele cuma 10rebu
parfum axe 4rebu
deterjen 7rebu
minyak goreng 9rebu

puji tuhan ini kah yg dinamakan ekonomi meroket emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
lebih enak ayam mekdi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
selama si sean gelael masih di grojok bokapnya duit buat balapan, gue ga yakin kfc collapse.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah jaman partai apa ya ini, semua serba apes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semua ini gara2 SABANA chicken..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azzaniaditya2 dan 8 lainnya memberi reputasi
blekpanda asuemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
restoran dan retail masih jualan pakai cara lama sih, ditambah ada pandemi jadi kesempatan dalam kesempitan buat shifting ke online-online, sebaiknya itu KFC kerjasama dengan gofood, grabfood dan shopeefood buat jualan dijamin masih bisa bertahan di tengah pendemi begini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
defanasywaQ dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
mumpung lagi anget gw kasih bocoran aja soal resep rahasia KFC, gw gak akan jelaskan detailnya, tapi yang jelas campuran tepung bumbu KFC itu mirip seperti bumbu adonan pizza, ada bawang putih, merah, bawang bombay campur bumbu oregano, daun parsley, bubuk keju, tepung tomat, galangal etc, sementara ayamnya sebelum digoreng direndam dalam susu bubuk skim selama beberapa jam, digorengnya pun sebenarnya lebih enak pakai minyak kelapa murni / minyak jagung bukan minyak sawit, dan jangan lupa ayamnya di deep-fried dalam panci presto khusus yang bisa tahan suhu tinggi jadi bumbunya meresap langsung ke dalam daging ayamnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jerrystreamer1
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
halah, KFC pinggir jalan lebih enak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di