CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6076ab41e7ccc22dee6efd7e/motor-matic--kelebihan-dan-cara-perawatannya-gan-simple-kok

Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.

Assalamualaikum wr wb.

Hai agan dan sista semuanya.
Selamat berjumpa kembali di thread ane.
emoticon-Kaskus Banget


Sebelumnya ane mengucapkan terima kasih banyak buat para agan dan sista yang telah meluangkan waktu membaca thread- thread ane sebelumnya dan memberikan support ke ane untuk senantiasa semangat dalam membuat thread-thread yang nyaman disajikan dan dibaca.
emoticon-Shakehand2

Selanjutnya, thread ane kali ini ane akan berbagi tentang Kelebihan serta tips merawat kendaraan matic ya gan.


Mohon doanya ya gan, semoga thread ane ini bisa lolos oleh akang Kurator seperti threads ane sebelumnya. Syukur-syukur bisa jadi Hot Thread lagi seperti yang telah lalu.

Spoiler for Contoh Matic:


Yes gan. Sebelumnya kita perlu tau juga bahwa boomingnya Motor Matic ini banyak sekali berpengaruh pada keberadaan populasi motor bebek ataupun motor kopling. Percaya ga percaya agan dan sista bisa tengok kanan kiri tetangga agan yang dulunya menggunakan motor bebek maupun motor kopling. Setidaknya mereka akan menambah armadanya dengan jenis Matic. Bahkan kadangan malah jual yang bebek ataupun kopling menjadi matic. Sesuai dengan tagline si matic yang berbunyi Semua akan matic pada waktunya
emoticon-Ngakak
Ya ga sepenuhnya benar sih gan. Namun memang keberadaan si matic ini benar-benar banyak membantu dalam memenuhi akomodasi kehidupan khususnya yang telah berumah tangga.
Kemudian ada beberapa kelebihan lain dari Matic ini gan. Diantaranya yakni :

1. Kaki lebih rilex
Yes gan. Sampai sekira tahun 2008 an, keberedaan motor matic masih dalam perkenalan lingkungan di masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari masyarakat kita saat itu menggunakan motor bebek sebagai kendaraan harian. Bahkan brand-brand ternama pun menggelontorkan motor baru (walaupun dengan jumlah CC sama) dengan berbagai Nama. Misalkan untuk kelas CC 110/115 ataupun CC 125, Satu brand Motor bisa menelorkan berbagai jenis varian. Bahkan ada yang basis mesinnya sama, hanya ganti bajunya saja.
Lalu untuk kawula muda dan para pria maskulin saat itu banyak pula yang menggandrungi motor Kopling (Manual) baik itu motor batangan ataupun Ayago (alias Ayam Jago). Dan brand- brand ternama pun juga mengeluarkan banyak sekali variannya.
Namun satu hal yang kita bisa perhatikan bahwa motor bebek dan kopling tersebut semuanya masih mewajibkan untuk klik klik jemari kaki guna pergantian Gigi ataupun ngerem motor. Perihal tersebut dirasa agak kagok dan susah untuk operan gigi bagi para pengendara usia senja ataupun para wanita sehingga awal-awal kali keberadaan Motor Matic ini begitu sangat membantu bagi kalangan-kalangan tersebut yang cukup hanya dengan klik tombol starter dan tarik gas kanan sudah bisa menjalankan motor tersebut dan pengereman pun cukup dengan klik jari kanan dan jari kiri saja.
Lalu Kakinya bagaimana? Si kaki cukup diam manis saja. Hehehe. Wenak bukan gan?
emoticon-Cendol Gan
Spoiler for Kaki Santuy:

Apalagi bila agan adalah alumni pengendara motor bebek / manual. Pastinya si kaki gansis sekalian merasa lebih santai. Tentunya pengalaman menyenangkan ini berlaku untuk jarak dekat atau berkeliling sekitar aja ya gan. Untuk jarak jauh memang enaknya naikin motor yang kaki bisa selonjoran. Dan opsi ini kebanyakan diadopsi oleh motor matic harga mewah.


2. Best training motor
Yes gan. Seperti yang sudah ane jabarkan di atas bahwasannya Motor Matic ini adalah Best training motor alias motor terbaik untuk belajaran naik motor. Secara gan, asalkan kita bisa naik joknya saja kita sudah bisa ngajak si Matic untuk jalan-jalan gan. Modal jinjitin kaki sama tarik gas warwer saja. Para emak- emak pun sudah tidak khawatir untuk berangkat ke pasar sendiri dan pulang pun bisa sambil bawa barang belanjaan banyak hanya dengan tinggal naruh di bagian pijakan kaki kemudi. Para ahli berdaster pun juga tetap terjaga kenyamanannya karena penutup bagian kaki pun tidak terlalu tersingkap (bila dibandingan dengan motor bebek loh ya gan). Dan para orang tua saat itu pun bisa bepergian seorang diri (tanpa perlu diantar) karena mudahnya dalam mengendarai matic tersebut. Bahkan sekarang ini banyak sekali bocil-bocil berseliweran yang mengendarai motor matic ini gan karena saking mudahnya mengendarainya. Agak horor sih sebenarnya, untung aja Matic-matic yang dikendarain sama para bocil rata-rata juga yang CC nya kecil sehingga semburan tenaganya tidak terlalu badak gan.
emoticon-Takut


3. Lebih safety
Motor Matic ini memang terbilang memiliki beberapa upgrade safety ya gan. Unsur safety ini dimulai dari keberadaan automatic saklar pada jagrak/standar samping. Kalau motor manual/ bebek tidak memiliki saklar ini pada standar sampingnya (bahkan motor matic generasi awal juga ada yang tidak memiliki standar ini) maka motor matic generasi selanjutnya sudah dibekali unsur safety tersebut yakni automatic switch. Sebenarnya kegunaannya untuk apa sih automatic switch yang terdapat di standar samping ini? Ya kegunaannya adalah menghindari terlupanya pengendara untuk memasukkan standar samping ke rumahnya ketika hendak jalan. Karena kalau jalan dengan posisi standar samping masih turun maka ketika kendaraan mau belok kiri atau terkena jeglongan/ polisi tidur pastinya terpental karena motor tertahan terutama untuk miring kiri, dan akhirnya si pengendara bisa jadi terpental lalu terjatuh/ kena laka.
emoticon-Turut Berduka
Jadi kalau standar sampingnya itu tidak dinaikkan maka ketika kontak sudah diONkan itu si motor tidak akan menyala mesinnya walaupun tombol start sudah ditekan. Penyebabnya ya tadi, karena switch belum dinaikkan. Lebih safety kan gan?
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Kemudian di beberapa motor matic ini Rem sistem yg sudah upgrade. ada pakai CBS, Combi Brake Sistem. Tuas Rem belakang ditarik maka rem belakang dan rem depannya ngikut ngerem. Sistem ini juga sudah diadopsi sejak beberapa tahun yang lalu. Kemudian penerapan sistem safety pengeriman pun mulai upgrade lagi menjadi ABS (yang tentunya dengan harga jualnya yang lebih naik lagi menyesuaikan fitur ya gansis).

Selanjutnya kita beranjak ke sisi penumpang dan ini adalah bagian yang tidak kalah penting yakni Rok lebih aman dari lilitan cengkraman alias Anti slip di gear. Tentunya kita seringkali mendapati kisah pengendara motor terjatuh karena rok yang terlilit gear/ rantai kendaraan. Dan ini pun tidak sekali dua kali gan. Nah, perihal tersebut bisa lebih teratasi di motor matic. Ya karena bagian gear/ cvt yang sudah ada penutup cover ya gan jadinya si rok tidak lagi akan terlilit kedalam.
Spoiler for Lebih aman kan?:



4. Sangat akomodatif
Motor matic ini secara fenomenal banyak sekali membantu akomodasi kehidupan pemotor masa kini ya gan. Yes, matic ini kita fokuskan pada akomodasi ya gan, bukan pada sisi tenaganya karena secara umum memang matic tenaganya dibawah motor Bebek ataupun Manual. Contohnya untuk muat sayur-sayur gan. Kita bisa beli sayur mayur macem jenis pun enjoy saja karena pijakan kaki segitu lebarnya cukup buat naruh berbagai macam jenis sayuran yang kita beli di akang sayur. Selanjutnya beli galon, beli beras Kiloan besar, atau juga jalan-jalan sama bocil kita yang pingin berdiri di Pijakan depan. Mantul kan gan? Hehehe. 🀣
Dulu motor yang seringkali kita pergunakan untuk perjalanan akomodasi bisnis rumah tangga 😁 adalah motor bebek yang merajai pasar motor saat itu. Namun motor bebek sendiri mobilitasnya tidaklah senyaman matic untuk bawa berbagai bawaan tadi. Dan ini menjadi salah satu faktor menjamurnya matic gan.


5. Semi Manual and Manual Motor Killer
Hehehehe. Agan tidak salah baca kok. Motor matic di awal boomingnya memang perlahan namun pasti mulai menguasai pangsa penjualan motor di negara kita. Memang sih awal kemunculannya dahulu (saat masih 2Tak Version) banyak mendapat sambutan kurang antusias dari khalayak, namun sejak muncul dengan versi 4Tak motor matic mulai menjadi primadona. Orang-orang yang (mungkin) mengalami keterbatasan/ kekuatan fisik kini bisa berkendara motor dengan santai dengan menggunakan motor matic. Kemudian tren ini melebar dan banyak pula orang tua yang membelikan putrinya motor yang sekiranya mudah dikendarai karena tinggal ngeng saja. Dan emak-emak pun juga mulai minta ke kang masnya untuk dimaharkan 1 buah matic untuk membantu mobilitasnya belanja atau nganterin bocil. Para brand motor ternama pun mulai banyak membuat varian matic yang disesuaikan spek, CC, bahkan segmentasi model (gaul, retro, powerful). Disinilah terjadi pergeseran pembelian konsumen dari yang awalnya dominan bebek/ kopling menuju matic. Apalagi sejak munculnya matic CC 150. Makin rame saja pangsa pasarnya dan kini kita bisa melihat si CC 150an itu bertebaran warwer dijalanan. Atau agan bisa lihat di perumahan atau perkampungan agan. Perkembangan populasi Matic beranjak mendominasi.
Spoiler for Dominasi:


Di samping kelebihan-kelebihan yang sudah ane sebutin diatas, tentunya ada beberapa kekurangan dari Motor Matic gan bila dibandingkan dengan motor Bebek/ Manual. Diantaranya harganya yang terbilang lebih tinggi, kemudian perawatan yang lebih ekstra dan biaya yang lebih ekstra juga, lalu tenaga yang memang kurang badak. Namun overall tidak seberapa jauh kekurangan-kekurangan tersebut karena memang Motor Matic ini lebih difungsikan ke sisi kenyamanan dalam membantu mobilitas kita.
emoticon-Salaman


Selanjutnya setelah mengulas tentang kelebihan dari Motor Matic diatas, ane juga mau kasih tips untuk perawatan simple supaya motor Matic kita senantiasa nyaman untuk diajak berkendara gan :

1. Sesuaikan spek oli
Tentunya sebelum mempergunakan motor kita memang sebaiknya kita perlu sedikit banyak memahami isi dari buku panduan motor yang diantara isinya adalah tentang rekomendasi oli dan durasi pakainya. Secara umum, matic dari Brand Y*maha menggunakan SAE 10W-40, sementara dari Brand H*nda menggunakan SAE 10W-30. Ini juga perlu kita ketahui sebagai pemilik dan pengendara motor matic gan. Karena SAE tersebut adalah standar yang ditentukam oleh pabrikan yang telah disesuaikan dengan jenis motor kita.
Namun ketika motor matic kita usia Odometernya sudah tinggi, tentunya kita juga tidak bisa sepenuhnya berpedoman pada oli yang direkomendasikan oleh pabrikan, diantara penyebabnya adalah karena usia mesin yang sudah tinggi dan beberapa parts juga sudah mulai aus/ longgar, bahkan yang lebih parah adalah saat drain (Ganti oli) itu volume olinya sudah mulai menyusut. Dan ketika sudah dalam kondisi seperti ini maka kita sedikit banyak harus mulai merubah SAE oli ke yang lebih tinggi buntutnya alias lebih kental. Bisa disiasati dengan menggunakan oli HDEO atau oli diesel. Agan bisa simak ulasan singkatnya pada thread ane berikut.
Oli Diesel untuk Kesehatan Motor Matic mu


2. Ganti oli sesuai waktunya
Oli mesin motor matic yang kita gunakan pastinya ada usia pakainya gan. Standar pemakaian yakni sekira sejauh 2.000-2.500 KM. Atau kalau usia pakai semaksimalnya adalah 3 bulan bila selama 3 bulan tersebut ternyata odometer tidak sampai menyentuh 2.000 KM (motor simpanan misalnya). emoticon-Selamat
Jadi tergantung mana yang dicapai lebih dahulu. Misalkan motor agan adalah motor aktivis alias motor yang jalan terus maka agan bisa berpatokan pada odometernya agan ketika sudah sampai usia 2.000an KM maka sebaiknya sudah diganti olinya. Atau misalkan pas kondisi ekonomi lagi kurang stabil ya maksimal di angka 2.500an.
Mengapa kok masih KM segitu sudah harus diganti? Ya karena kandungan yang ada didalam oli tersebut pastinya sudah tergerus seiring berjalannya mesin motor. Secara putaran RPM motor itu lebih tinggi gan dibandingkan dengan RPM mobil. Sehingga pastinya usia pakai oli juga bakalan lebih pendek.
Kira-kira apa dampak dari oli yang penggantiannya melebihi durasi pakai? Ya nantinya kinerja pelumasan pastinya akan menurun drastis, sehingga oli lebih mencair dan akan terjadi penguapan saat drain (ganti oli). Dan bila volume oli didalam mesin berkurang lalu kita pakai terus menerus apalagi dalam RPM tinggi (alias gaspol terus) ya part mesin bagian atas pastinya tidak bisa maksimal terlubrikasi, sehingga mempercepat keausan dari part2 tersebut, yang akhirnya mesin bunyi klotok-klotok dan sejenisnya.
Oli sendiri sebenarnya ndak seberapa mahal kok gan. Hanya dengan +- Rp 50.000,- saja agan sudah bisa ganti oli di bengkel2. Kalau mau lebih murah lagi, agan bisa beli oli curah (ecer literan dari Drum) di SPBU atau ditoko yang menjual Oli mesin Curah. Atau juga bisa cari di marketplace online. Lalu ganti sendiri dirumah. Lebih hemat lagi malahan gan. Sekalian nanti bisa cek apakah oli yang sudah di drain tadi mengalami FD (BBM masuk ke mesin) atau tidak.
Kemudian saat drain pergantian oli untuk mengecek apakah olie agan mengalami penyusutan atau tidak bisa ditaruh di gelas takar.
Spoiler for Gelas Takar:

Nah fungsi dari gelas takar ini ya tentunya untuk mengukur seberapa tinggi penyusutan dari oli yang kita pakai. Dan gelas takar ini bisa agan beli di toko kue yang menyediaakan gelas takar ini. Usahakan beli yang 1 literan ya gan, karena toko kue biasanya menjual bebagai CC untuk gelasnya.



3. Aksesoris kelistrikan secukupnya
Motor matic (apalagi yg kekinian) sudah dibekali dengan banyak sekali komponen yang tersambung dengan aliran listrik didalamnya. Setiap komponen yang tersambung tersebut juga sudah terdapat satuan ukur Watt/ Voltase nya sehingga dari pabrikan sudah menyediakan daya penampung listrik yang cukup untuk dipergunakan dalam mengoperasikan komponen listrik yang ada pada motor, seperti pada lampu utama/ sein, komponen odometer, klakson, socket charger, bahkan tombol starter, dan lainnya.
Keseluruhan komponen-komponen tersebut sudah teraliri listrik yang sudah diukur kapasitasnya oleh pabrikan. Namun pihak pabrikan biasanya menyediakan tambahan cadangan daya barangkali pemilik ingin menambahkan aksesoris kelistrikan di motornya seperti tambahan kunci security alarm. Namun beberapa rider tentunya ada yang memasang tambahan variasi lampu yang mana tegangannya melebihi support cadangan daya yang mampu ditampung oleh motor. Sehingga dikarenakan kelebihan aksesoris tersebut menjadikan kekuatan daya listrik berkurang. Akibatnya diantaranya adalah lampu kadang redup tidak bisa menyala maksimal ataupun juga tombil klakson tidak bisa nyaring, dan yang lebih mengerikan lagi adalah tombol starter yang tidak lagi kuat mengangkat daya untuk menyalakan motor.
Agan Mau menyalakan motor pakai kickstarter terus? Capek gan. emoticon-Turut Berduka
Spoiler for contoh Aksesoris lampu tembak:



4. Segera nyalakan motor.
Yes gan, maksud ane ini setelah kontak motor di ON kan maka seluruh komponen kelistrikan terhubung dan motor siap untuk dinyalakan. Maka setelah kontak diputar, segeralah agan untuk menyalakan tombol starter dan janga dibiarkan kontak on lama-lama. Ketika kontak sudah ON maka lampu motor kita akan juga otomatis ON (karena kebanyakan motor sekarang mengadopsi pencahayaan AHO/ auto Headlamp ON), dan bila tidak segera di klik tombol starter maka lampu yang telah menyala sebelumnya tadi itu akan menyedot lebih banyak tenaga dari aki (dibandingkan dengan saat mesin menyala) yang bisa menyebabkan aki tekor dan berusia lebih pendek yang nantinya berakibat pada lemahnya tenaga pada tombol starter dan akhirnya untuk menyalakan mesin kita pakai tenaga engkol.

Lalu setelah motor menyala, biarkan sejenak mesin menyala selama 3-5 detik hingga langsam dan jangan di tarik tuas gas ya gan, alias tunggu hingga motor telah langsam.

Langsam itu apaan sih gan?
Langsam itu gini gan. Saat motor agan baru saja menyala kadangkala deru mesin naik selama 3-5 detik kemudian suaranya turun dan stabil. Proses menderu tersebut adalah proses awal start charging listrik menuju penyimpanan daya/ aki. Dan saat suara deru telah menurun berarti mesin sudah ready to go alias sudah langsam.
Proses ini penting supaya aki bisa menyerap serta menyalurkan kelistrikan pada mesin dengan optimal.
Jadi cara mudah untuk perawatan aki (terutama yang aki kering ya gan) ya dengan tadi itu. Segera nyalakan tombol starter setelah kontak diposisi ON. Selanjutnya tunggu suara mesin hingga langsam, baru motor matic kita tercinta diajak jalan-jalan gan. πŸ˜‚




5. Hindari Menerobos Banjir
Banjir ataupun genangan tinggi memang tidak baik gan bila tetap menerobos menggunakan motor matic. πŸ˜‚ Yes gan. Motor matic ini berbeda dengan motor bebek ataupun motor manual gan. Kurang aman bagi Motor matic menerobos banjir karena beberapa faktor gan. Diantaranya letak Aki yang berada dibawah pijakan kaki yang sangat rawan terendam air (tidak berlaku untuk matic premium yang akinya di bagian atas). Ketika terendam air, maka potensi konsleting listrik sangat tinggi ya gan.
Spoiler for intinya tetap berhati-hati gan:

Kemudian alasan kedua mengapa kita harus menerobos banjir yakni, karena posisi dari filter udara motor matic itu rendah gan bila kita bandingkan dengan posisi filter udara motor bebek ataupun manual (yang ada di bawah tempat duduk). Posisinya berada di atas area CVT pas. Dan ini tidak boleh kerendam air gan. Kalau air sampai masuk tinggi di area filter udara akan berpotensi masuk ke dalam gardan dan bahkan masuk ke mesin gan. Karena bila sudah terendam tinggi itu air bisa masuk ke dalam gardan melalui lubang pipa kecil belakang rumah filter yang tersambung masuk ke dalam gardan. Kalau oli sudah tercampur dengan air maka akan menjadi kayak kopi susu butek. Bila tidak lekas diganti akan mengakibatkan gardan matic kita ambrol gan.
.
Kalau air masuk ke mesin juga bakalan lebih fatal gan. Alamat turun mesin lah motor kita ini nanti. Bahkan kemungkinan terburuknya yakni crankcase mesin juga ikutan pecah gan karena tabrakan antar komponen didalamnya yang akrab dengan istilah water hammer. Ngeri pokoknya gan. Jadi tetap stay safety riding ya gan.



Baiklah agan dan sista semuanya Demikian thread ane seputar Kelebihan dan Perawatan Motor Matic gan. Terima kasih yang sudah menyempatkan diri untuk membaca.
Silahkan bila ada koreksian ataupun tambahan bisa disisipkan di kolom komentar.


Akhirul kalam sebelum ane closing, agan dan sista bisa juga mampir di thread ane yang lain berikut ini :
1. Modif Ringan Ini Bikin Scoopy ESP FI Kamu Makin Kece Dan Ngacir Gan
2. Review Tote bag Murah STARBUCKS
3. Belajar Oli Motor Di Sini Saja
4. Pembelajaran Daring Sudah 1 Anniversary aja gan.
5. Motor Matic : Kelebihannya dan Perawatannya. Very Simple gan
emoticon-Sundul Up
Sampai jumpa di thread ane selanjutnya.



Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kunyilku
Halaman 1 dari 3
Gas rem gas rem
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
110cc itu tenaga nya termasuk liar lho buat pemula.
Di negeri kelahiran nya aja, skuter ada yg 50cc kan, lebih aman.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
emang nyaman dan praktis sih motor matic, apalagi buat perkotaan.. kayak mobil lah, matic nyaman banget buat macet"an emoticon-Toast

tapi ya perawatannya tetep kudu diperhatikan emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beat motorku, xiaomi hapeku wkwkwkwkkwkwkw combo bgt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daniframdhana dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jaman sekarang cari yg praktis aja bree.. apalagi untuk harian, di perkotaan,, Matic realistis banged! udah santai, fungsional, dan relatif irit.. lincah jg.. utk perawatan ga susah2 amat.. tiap 2000KM ganti oli dan servis CVT
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mesin cvt Istimewa apanya.

1. Ane akuin ini cakep... Kagak kena cipratan aer ujan.

2. Buat belajar ini malah aneh.. kalo ente belajar awal pakek matik ya udah segitu doang bisanya...

3. Safety itu balik lagi ke user nya... Malah banyak metik dicopot sensor standar nya biar nggak ribet.
Ane pernah liat bocil pegang gas tiba tiba karena metik langsung jalan.

4. Biasa aja... Malah motor buat dagang (pasang tas samping atau rak galon) enak sport.. tangki nya didepan biar langsung isi bensin.

5. Semenjak orang pendek dan para emak emak memaksa ( minta ganti metik) dan menggunakan motor maka mereka mendominasi. Jangan lupa user matik separuhnya ibu ibu dan bocil.

Btw.. motor ini buruk di jalanan bukan aspal.. ring kecil dan torsi kurang.

Peace Bray.. ane juga kadang pake metik (punya binik)
emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jlamp
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
punya motor 2 di rumah metic semua, emang metic mendominasi sih skrng. ora beat, ora soswitemoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru install kaskus lagi, langsung baca tentang motor. 😍
Tapi aku team di bonceng aja πŸ™ƒ
profile-picture
profile-picture
kayakeduta dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Beat mberrrr... berrrrr.. lucu kalau denger nya..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Klo moge matic kayak nmax dkk itu perawatannya ribet dan mahal.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
penguasa jalanan sekarang ya motor metik.. gak cowo atau cewe, pake metik udah jadi trendy tersendiri.. apalagi lebih simpel dari motor manual kan..
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jangan lupa setiap 16000an km ganti set belt, rumah roller+roller+belt.

jangan sampe putus baru diganti, apalg ditanjakan, bisa nguji kesabaran kitaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Lebih simpel sih naik matic gan, buan nyelip-nyelip juga enak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dulu ada sticker 2 pedal itu ompong, laki 3 pedal (cmiiw), tp sekarang dengan keadaaan macet dimanaΒ², yq bagusan matik... Kaki sama tangan kiri gak pegal, dan sekarang pun matik dah masuk sangat hemat...
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kunyilku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kata bokap ane laki itu ngopling gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Diawal kemunculannya jarang yang mau menggunakan motor matic tapi sekarang populasi motor matic lebih banyak yang berkeliaran dijalan dibandingkan dengan motor manual. Motor matic lebih praktis tinggal gas langsung jalan tanpa harus oper gigi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo beat ane ga demen gan.
Soalnya serba kecil.
Stangnya kurus ga enak digenggam.
Pijakan sempit, joknya sempit ga bisa ngangkang emoticon-Ngakak (S)
Padahal badan ane standar aja tpi bawa beat rasanya kekecilan banget.

Kalo vario oke lah, untuk cowo/cewe bisa.
profile-picture
profile-picture
kunyilku dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh Melodica.offici
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ANE EX AMH

MENURUT ANE MATIC CUKUP

1. 1 BULAN GANTI OLI JIKA SERING DI PAKAI JAUH
ATAU 2 BULAN (45-55 RIBU BGMAN MEREK NY OIL NYA)

2. NGGA PERLU SERVIS BILANG AJA BERSIH CVT (KISARAN 30-50 RIBU GMNA BENGKEL UMUM ) 3 BULAN SEKALI KALAU INI

3. FILTER UDARA BISA 3-6 BULAN DIGANTI

4.KALAU REM MAH KERASA KALAU HBIS ANTARA BUNYI SAMA NGGA PKEM

5.KALAU LAMPU JUGA BISA DI LIHAT

6. BAGMNA SOAL NGGA BISA STARTER ? BILANG AJA NGGA BISA STARTER PLING LANGSUNG DI GANTI AKI, KECUALI MATI TOTAL NGGA BISA DI SELAH, KLAKSON ITU KABEL MOTOR ADA MSLAH (MKA NY TARO DI TMPAT JAUH DRI TIKUS / BNJIR)

emoticon-Toast



profile-picture
profile-picture
kunyilku dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh L10nelmess1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
entah knp ane user motor gigi itu, klo ada yang make matic kenceng kenceng.. entah apa yang dikejar emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jadi inget jaman dulu tahun 2008-2009 yg pake matic mio rata2 cewek klo cowok antara motor gigi supra atau yg kasta agak tinggian satria F emoticon-Big Grin
sekarang mah bisa dibilang udah matic semua terutama dikota besar emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di