CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Bisa Memicu Keguguran? Mari Kita Cek.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60769e7b6b340e5735767c02/benarkah-makan-pedas-saat-hamil-bisa-memicu-keguguran-mari-kita-cek

Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Bisa Memicu Keguguran? Mari Kita Cek.

Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Bisa Memicu Keguguran? Mari Kita Cek.
Di daerah kalian ada banyak mitos seputar kehamilan gak sih? Yang katanya gak boleh ini lah, gak boleh itu lah nanti jabang bayi jadi begini lah, begitu lah. Ada-ada saja pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, semua hal harus dijaga apalagi dari segi asupan alias makanan. Di lingkungan ane banyak sekali beredar berita-berita seperti ibu hamil dilarang mengkonsumsi nanas, durian, cabai, timun. Bahan-bahan ini katanya bisa memicu keguguran. Dari beberapa makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil diatas, menurut ane yang paling aneh adalah berita bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi cabai. Sumpah ini sih bener-bener gak masuk akal. Karena setau ane memang terlalu banyak memakan cabai bisa menimbulkan masalah pencernaan, karena tau sendiri cabai kan mengandung rasa pedas dan panas yang dapat melukai usus apabila dikonsumsi berlebihan. Tapi untuk kandungan? Apa iya cabai sampai berpengaruh ke kandungan dan menyebabkan keguguran?
Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Bisa Memicu Keguguran? Mari Kita Cek.


Ane pertama kali mendengar berita ini lewat ibu mertua ane, yang saat itu melarang istri ane memakan semua makanan yang pedas dengan alasan, makanan pedas atau yang mengandung cabai bisa memicu keguguran. Saat itu istri ane sangat dilema karena disatu sisi tentu ia tidak ingin sampai kandungannya keguguran tapi disatu sisi ane paham istri ane sangat menyukai cabai, tanpa cabai makanan terasa hambar, karena dari rasa pedasnya napsu makan istri ane naik.

Karena kondisi dilema inilah ane akhirnya mencari sumber terpercaya, yaitu berkonsultasi dengan teman ane yang berprofesi sebagai bidan kandungan, dan menanyakan apakah betul jika makanan pedas bisa memicu keguguran? Namun jawaban teman ane adalah sebenarnya baik makanan pedas tidak berpengaruh pada kondisi janin. Namun akan berpengaruh pada kondisi ibu hamil nya jika dikonsumsi berlebihan, rasa pedas yang dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan masalah pencernaan seperti diare dsb. 

Namun untuk meyakinkan penjelasan dari teman ane tersebut, lebih baik ane mencari sumber terpercaya lain untuk mematahkan berita mitos atau berita hoax ini. Dan ane menemukan bukti/fakta yang dimuat dalam laman health.kompas.com bahwa tidak ada bukti medis yang mendukung berita bahwa makan pedas saat hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur ataupun keguguran.
Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Bisa Memicu Keguguran? Mari Kita Cek.



Pendapat yang sama juga di muat dalam laman website kesehatan alodokter, di laman website ini juga dijelaskan bahwa makanan pedas aman di konsumsi oleh ibu hamil karena tidak ada bukti bahwa rasa pedas mempengaruhi janin.

Dalam website hellosehat.com dijelaskan bahwa meskipun makanan pedas aman bagi ibu hamil, namun jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan masalah seperti pencernaan terganggu dan asam lambung naik. Dan hal ini bisa mempengaruhi morning sickness pada beberapa ibu yang sensitif.

Nah dari ketiga bukti yang ane sebutkan diatas, dapat disimpulkan ya makanan bahwa tidak ada bukti bahwa makanan pedas memicu keguguran, dan saran dari ane berdasarkan fakta-fakta diatas, karena memang terkadang terdapat ibu hamil yang sering mual dan muntah di awal trisemester kehamilan, supaya morning sickness tidak menjadi lebih parah lebih baik kurangi konsumsi makanan pedas. Jujur setelah menemukan bukti dan fakta bahwa makanan pedas tidak berpengaruh sama sekali dengan janin ane merasa sangat lega, artinya istri ane bisa mengkonsumsi pedas selama masa kehamilannya. Karena jujur saja ane kasian kepada istri ane karena di masa kehamilannya dimana ia harus makan banyak agar asupan untuk janin terjaga justru istri ane seperti tidak napsu makan karena larangan makan pedas tsb.
Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Bisa Memicu Keguguran? Mari Kita Cek.



Pesan ane untuk para ibu hamil dan para suami siaga diluar sana, jangan mudah percaya dengan berita-berita kehamilan yang belum tentu benar adanya. Ketika mendengar berita tentang kehamilan apapun itu bentuknya lebih baik selidiki dulu fakta nya, supaya tidak termakan berita hoax atau mitos. Karena jujur diluar sana banyak sekali beredar berita-berita mitos seputar kehamilan yang sebenarnya jika dihubungkan dengan medis dan kesehatan sama sekali tidak ada kaitannya.

Jadi jangan sampai termakan berita hoax ya, sayangi diri sendiri dan juga keluarga dengan menyaring setiap berita yang masuk, mari bersama-sama menjadi #HansipHoax . Dan jangan sebarkan berita sebelum tau fakta-fakta asli nya ya.

penulis : @damen.garing 



GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di