CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Vaksin Nusantara Belum Diuji pada Hewan, Ahli Sebut Tak Wajar Diuji Langsung ke DPR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60768ac936113a7d161330ef/vaksin-nusantara-belum-diuji-pada-hewan-ahli-sebut-tak-wajar-diuji-langsung-ke-dpr

Vaksin Nusantara Belum Diuji pada Hewan, Ahli Sebut Tak Wajar Diuji Langsung ke DPR

Vaksin Nusantara Belum Diuji pada Hewan, Ahli Sebut Tak Wajar Diuji Langsung ke DPR

KOMPAS.com - Sejumlah anggota Komisi IX DPR dikabarkan akan disuntik vaksin Nusantara dalam uji klinis fase II di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Rabu (14/4/2021). Diketahui, vaksin Nusantara hingga kini belum mendapatkan izin uji klinis fase II dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menjawab persoalan tersebut, Ahli Biomolecular Ahmad Utomo mengatakan bahwa prosedur tindakan pemberian uji Vaksin Nusantara ke anggota DPR tersebut tidak wajar. "Ya ini tidak lazim dalam pengembangan vaksin, karena vaksin ini juga belum terbukti efektif sama sekali," kata Ahmad kepada Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Menurut dia, jika hanya untuk membuktikan keamanan vaksin, hal itu bisa saja dilakukan, dan sebenarnya dari studi fase 1 sebelumnya pun sudah diprediksi produk vaksin itu aman. "Tapi poinnya bukan saja di keamanan kan, poinnya bagaimana efikasinya (Vaksin Nusantara)?" ujarnya.

Ia juga mempertanyakan tujuan dilakukannya penyuntikan Vaksin Nusantara tersebut kepada anggota-anggota DPR yang tercatat. "Apakah untuk menjawab pertanyaan sains, atau sekedar momen politik? Tidak paham saya," kata Ahmad.

Efek uji fase II ke manusia Dijelaskan Ahmad, berdasarkan standar prosedur pembuatan vaksin yang diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pengujian klinik fase 2 sebaiknya dilakukan pada hewan terlebih dahulu. "Tentu harus dibuktikan, apakah vaksin yang dibangun mampu memproteksi binatang dari infeksi SARS-CoV-2 (virus penyebab Covid-19)," kata dia.

Setelah dinyatakan efikasi produk vaksin tersebut terhadap hewan. Maka pengujian bisa dilakukan ke tahap berikutnya, yaitu uji klinik fase III dengan partisipan manusia, tetapi dalam jumlah yang kecil atau sedikit. "Idealnya begitu. Tapi kalau itu dilompati ya tergantung BPOM, apakah bisa diterima atau tidak tanpa uji hewan," tuturnya.

Ia menambahkan, dengan dilewatinya beberapa tahapan atau fase uji tersebut akan berpengaruh terhadap perhitungan efikasi dan efektivitas produk vaksin yang ada. "Ya efeknya kita jadi susah untuk menghitung efikasi, kalau penelitiannya lompat-lompat," ungkapnya. Lantas, apakah prosedur pembuatan vaksin Covid-19 memang boleh untuk dilompati karena termasuk kategori pandemi?

Menurut Ahmad, meskipun pembuatan vaksin yang terjadi saat ini bertujuan untuk menghentikan pandemi Covid-19, pembuatan vaksin harus tetap sesuai kaidah ilmiah dan medis.

"Setahu saya semua vaksin Covid-19 tidak ada yang lompat, tapi kenapa kok bisa cepat? Karena mereka menggunakan rekayasa genetik".

"Sehingga, pembuatan prototipe vaksin cepat sekali, tapi fase pra klinis (binatang) fase 1-3 tetap dijalani," tambahnya.

https://www.kompas.com/sains/read/20...page=all#page2.


Lha.. bukannya udah tepat ya ??.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 5
Vaksin nusantara?




emoticon-Traveller
Rebranding?
profile-picture
profile-picture
biawakman dan valkyr9 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cocok emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak

Jadi Guinea pig emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
DPR kan isinya HE......... bat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kalo ke anggota Dhewan ya biarin aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
yang penting pastiin aja yg disuntik enar2 vaksin Nusantara itu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Fase 1 nya aja masih bermasalah, kok masih nekad lanjut ke fase 2?

Trus mau langsung uji ke hewan percobaan?

Ternyata emg ngaku klo anggota hewan..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 7 lainnya memberi reputasi
Rakyat sudah di wakilkan
Giliran DPR bekerja untuk rakyat
emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Loh gpp, lanjutin aja, kita semua setujuuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Dr dulu IDI selalu bersebrangan dg Dr. Terawan...

Kita lihat aja hasilnya... 😁😁😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 7 lainnya memberi reputasi
Emang hewan itu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
gw pikir sarkas beritanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
Biarin aja mrka jd hewan percobaan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 4 lainnya memberi reputasi
Tapi menyenangkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whiteretro dan 2 lainnya memberi reputasi
Nggota dewan kab udah divaksin yak..
Ngapain di jadiin tes.. Zzzzzz




Asli ni cloudest, bekingnya sakti bener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qsanta69 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dhewan Perwakilan Rakyat
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan valkyr9 memberi reputasi
hewan perwakilan.... emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan valkyr9 memberi reputasi
dHewan perwakilan vaksin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan valkyr9 memberi reputasi
malah harus didukung segera disuntikan ke wakil rakyat emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan valkyr9 memberi reputasi
vaksin nusantara ini yang bikinan pak terawan mantan menkes itu bukan sih? ngakak juga pas baca beritanya belum ada uji klinis dari BPOM mau dikasih ke anggota DPR. emoticon-Ngakak

kirain ane anggota DPR termasuk yang udah divaksin semua karena prioritas. soalnya udah mulai banyak masyarakat non pemerintah yang divaksin juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Akhirnya DPR kita punya manfaat 🙏🏼
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RAZOR1991 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di